Pemanfaatan Big Data dan Perlindungan Privasi Konsumen di Era Ekonomi Digital

Agung Pujianto, Awin Mulyati, Rachmawati Novaria

Abstract


Kehadiran internet telah merevolusi cara kerja dunia ini dengan begitu cepatnya. Dunia kini memasuki sebuah era digitalisasi yakni sebuah era yang menekankan pada pola digital economy dan  big data. Big Data melibatkan proses pembuatan data, penyimpanan, penggalian informasi, dan analisis yang menonjol dalam hal volume, velocity, dan variety. Bagi kalangan industri atau praktisi, big data telah membuka peluang untuk menetapkan strategi bisnis. Penelitian ini ingin melihat sejauh mana teknologi Big Data sudah dimanfaatkan di Indonesia baik lembaga pemerintah maupun swasta, apa  tantangan dalam penerapanya, serta bagaimana dampak  penerapan Big Data terhadap privasi konsumen. Metode riset menggunakan kajian literatur dengan pendekatan konseptual-tradisional. Data primer adalah jurnal-jurnal yang sudah dipublikasikan terkait dengan topik yang penulis kaji dan beberapa pemberitaan yang bersumber dari media sosial. Kesimpulan pemanfaatan Big Data di Indonesia sudah mulai tumbuh baik di sektor bisnis maupun di sektor publik. Tantangan yang ada saat ini lebih pada bagaimana perusahaan mengoptimalkan data yang dimiliki, dan terkai dengan pelanggaran privasi perlu adanya kepastian hukum dan pemahaman terkait etika dalam penggunaan teknologi informasi.

Keywords


Digital Ekonomy, Big Data, Koseptual-Tradisional , Perlindungan Konsumen.

Full Text:

PDF

References


Vience Mutiara Rumata, “ Peluang dan Tantangan Big Data dalam Penelitian Ilmu Sosial: sebuah Kajian Literatur”, Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, Vol 20, No 1. Agustus 2016.

Hapnes Toba,”Big Data: Menuju Evaluasi Era Informasi Selanjutnya”, Conference paper, April 2015, (www. Researchgate.net/publication/2747126686)

Aleksandra Krajnovic , “Digital Marketing and behavioral Economics”, Conference paper, October 2016, http//www.reseachgate.net/publication/309490126.

Emyana Ruth Eritha S, “Implementasi Teknologi Big Data di Lembaga Pemerintahan Indonesia”, Jurnal Penelitian Pos dan Informatika,JPPI Vol 6 No. 2, 2016.

Sue Yasav,” The Impact of Digital Technology on Consumer Purchase Behavior”, the journal of Financial Perspectives:Fintech, Vol 3- issue 3, 2015.

John F.Quigley,”Consumer Behavior in Digital Markets”, Research paper, southern illinois University Carbondale, OpenSIUC,2015.

Veikko Halttunsen,”Consumer Behavior in Digital Era”, Academic dissertation, the Faculty of Information Technology of the University of Jyaskyla,2016.

Referensi Tambahan:

www.apaitubigdata.com diakses tgl 2/5/2018

http://medium.com/skyshidigital/Berkenalan.dengan Big data-a5fd941122f8

http://kemudi.xye/static/web/Modul/%5Blores%5D20modul%20%20EBookModulKEMUDI.pdf




DOI: https://doi.org/10.31334/bijak.v15i2.201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Majalah Ilmiah Bijak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

MAJALAH ILMIAH BIJAK

ISSN 1411-0830 (Media Cetak) 2621-749X (Media Online)
Email :  [email protected] / [email protected]
Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/bijak/index

 

INDEKS BY: