Menyelami Makna Kekuatan Foto Jurnalistik Jenazah COVID-19 Karya Joshua Irwandi

Authors

  • Irmawati Oktavianingtyas Universitas Sahid Jakarta
  • Hilda Yunita Wono Universitas Ciputra Surabaya
  • Hadassah Elisha Karsten Universitas Ciputra Surabaya
  • Agung Prasetyo Universitas Ciputra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31334/lugas.v5i2.1144

Keywords:

Foto, jurnalistik, covid-19

Abstract

Foto jurnalistik fenomenal karya fotografer Joshua irwandi yang di ambil untuk National Geographic merupakan foto yang berhasil menarik simpati ribuan orang dari berbagai belahan dunia. Berbagai media massa online serta individu pengguna media sosial memiliki tafsir yang beraneka ragam mengenai foto tersebut. Foto jurnalistik ini menjadi masalah yang laik untuk diteliti karena muncul berbagai pro dan kontra dari berbagai sisi. Semiotika model Barthes memungkinkan kajian yang mampu menjangkau wilayah kebudayaan lain yang terkait dengan popular culture dan media massa juga dalam foto jurnalistik ini. Hasil dari analisis semiotika yang pertama adalah cara pengambilan gambar dalam penelitian ini dapat berfungsi sebagai penanda. Selanjutnya kesan pertama yang muncul saat melihat foto tersebut adalah jenazah layaknya mumi. Yang terakhir adalah atmosphere yang muncul dari gambar tersebut adalah sepi dan sendiri.

References

Adler, Ronald B. Jeung George Rodman. 2006. Understanding Human Communication. Oxford: Oxford University Press

Ardianto, Elvinaro. 2011. Komunikasi 2.0 Teoritis dan Implikasi. Yogyakarta: ASPIKOM Buku Litera dan Perhumas

Barthes, R. (1964). Rhetoric of the Image. Georgetown University.

Barthes, R. t. (1972). Mythologies. new York: Farrar, Straus & Giroux.

Berger, A. A. (2000). Media Aanalysis Technique. Second edition. Alih Bahasa Setio Budi HH. Yogyakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya.

Dewi, A. K. (2010). Semiotika, bagian I . Retrieved 04 24, 2019, from http://repo.isi-dps.ac.id/464/1/469-1617-1-PB.pdf

Flew, Terry, New Media: An Introduction. New York: Oxford University Press, 2002.

Handwerk, B. (2020, 11). course of the mummy. Retrieved from https://www.nationalgeographic.com/history/archaeology/curse-of-the-mummy/: https://www.nationalgeographic.com/history/archaeology/curse-of-the-mummy/

Ritzer, G. (2003, 09 01). Rethinking Globalization: Glocalization/Grobalization and Something/Nothing. Volume: 21 issue: 3, pp. 193-209

Keraf, G. (1994). Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.

Marta, R. F. (2018). Identifikasi Nilai Kemajemukan Indonesia sebagai Identitas Bangsa dalam Iklan Mixagrip Versi Keragaman Budaya. Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 6, No. 1.

Mudjiyanto, B., & Nur, E. (2013). Semiotics In Research Method of Communication. Jurnal Penelitian Komunikasi, Informatika dan Media Massa – PEKOMMAS.

Saussure, Ferdinand de. 1996. Pengantar Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Watie, E. D. (2011). Communications and Social Media). THE MESSENGER, Volume III, Nomor 1, 71.

Zharandont, P. (2018). PENGARUH WARNA BAGI SUATU PRODUK DAN PSIKOLOGIS MANUSIA. Jurnal Ergonomi.

Downloads

Additional Files

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles