Komunikasi Pemasaran Pariwisata Desa Wisata Subang Selatan, Kabupaten Subang, Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.31334/lugas.v5i2.1687Keywords:
Komunikasi Pemasaran, Pariwisata, Politeknik Negeri Jakarta, Website, Desa Wisata Subang SelatanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat komunikasi pemasaran pariwisata yang berjalan dan juga yang efektif di Subang Selatan. Sebab, Subang Selatan dengan ketinggian antara 500 meter hingga 1.500 meter ini memiliki destinasi wisata dengan daya tarik wisata yang berbeda-beda. Dengan pendekatan metode kualitatif diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih dalam tentang masalah yang dikaji. Hasil diperoleh bahwa komunikasi pemasaran pariwisata yang selama ini sudah dilaksanakan desa wisata di Subang Selatan antara lain melalui media sosial di kanal YouTube, mulut ke mulut dari pengunjung yang pernah merasakan petualangan di beberapa desa wisata, hingga pemasaran langsung dengan menjalin kerjasama beberapa biro perjalanan dan agen perjalanan. Namun belum semua efektif berjalan mengingat pemilik akun bukan warga atau penggerak desa wisata. Sehingga internet (website) yang berasal dari hibah Politeknik Negeri Jakarta adalah yang efektif untuk komunikasi pemasaran pariwisata. Melalui url: http://dewisubangselatan.com/ para penggerak desa wisata dapat mengoperasikan langsung website dengan mengelola foto, video, tulisan serta tampilan yang sesuai harapan.References
H. Setiawan, “Memiilih Diantara 7 Tradisi Ilmu Komunikasi Dalam Kerangka Filosofis,†J. Darussalam J. Pendidikan, Komun. dan Pemikir. Huk. Islam, vol. 11, no. 1, p. 18, Sep. 2019, doi: 10.30739/darussalam.v11i1.447.
P. Utari, “Perspektif Tujuh Tradisi dalam Teori Komunikasi,†Komun. Massa, vol. 4, no. 2, pp. 1–13, 2011.
A. Tunggali, E. Rasyid, and W. Rahmawati, “Peran Komunikasi Pembangunan Media Massa dalam Proses Mitigasi Bencana di Indonesia,†… Lingkungan Dan …. eprints.ums.ac.id, 2019, [Online]. Available: http://eprints.ums.ac.id/85738/1/4. Komunikasi Lingkungan dan Komunikasi Bencana di Indonesia.pdf#page=88.
S. Kangean and F. Rusdi, “Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Persaingan E-Commrece di Indonesia,†Prologia, vol. 4, no. 2, p. 280, Oct. 2020, doi: 10.24912/pr.v4i2.6504.
B. Priantoro, “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA WHATSAPP (STUDI KASUS GARUDA INDONESIA SOLO),†Pros. Semin. Nas. CENDEKIAWAN, p. 2, Oct. 2019, doi: 10.25105/semnas.v0i0.5783.
I. A. Rahman and R. Panuju, “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK FAIR N PINK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM,†WACANA, J. Ilm. Ilmu Komun., vol. 16, no. 2, p. 214, Dec. 2017, doi: 10.32509/wacana.v16i2.26.
B. Febriana and Y. Setyanto, “Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Broker dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan,†Prologia, vol. 3, no. 1, p. 39, Dec. 2019, doi: 10.24912/pr.v3i1.6138.
A. A. Listyawati and M. Akbar, “Strategi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi Dalam Meningkatkan Jumlah PengunjungTaman Nasional Kutai Kalimantan Timur,†Komunikas KAREBA, vol. 5, no. 1, p. 163, 2016, [Online]. Available: http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/622367.
Y. L. Anista, “Strategi Komunikasi Pemasaran Di The Arista Hotel Palembang,†Strateg. Komun. Pemasar. Di Arista Hotel Palembang., vol. 53, no. 9, p. 287, 2018, [Online]. Available: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/5947.
K. Widiawati, “Strategi Komunikasi Pemasaran Hotel Bintang Empat Meraih Pelanggan,†J. Adm. Kant., vol. 7, no. 1, pp. 63–74, 2019, [Online]. Available: http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAKBI/article/view/1145/1000.
S. W. Littlejohn and K. A. Foss, Teori Komunikasi, Edisi 9. 2018.
F. Syah, “Strategi mengembangkan desa wisata,†Semin. Nas. Multi Disiplin Ilmu Ke-3(Sendi_U 3) 2017, vol. 3, no. Sendi_U 3, pp. 335–341, 2017.
F. Syah, “SISTEM DESTINASI PARIWISATA DI KABUPATEN BOGOR JAWA BARAT,†Maj. Ilm. Bijak, vol. 14, no. 2, 2017, doi: 10.31334/bijak.v14i2.13.
M. K. Novita Rani, SKM, “Metode Pengumpulan Data Kualitatif,†Stikes hangtuahangtuah. Novita Rani, 2021.
I. C. Anwar, “Mengenal Penelitian Kualitatif: Pengertian dan Metode Analisis,†tirto.id, 2021. https://tirto.id/mengenal-penelitian-kualitatif-pengertian-dan-metode-analisis-f9vh.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Please find the rights and licenses in LUGAS Jurnal Komunikasi, spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, LUGAS Jurnal Komunikasi permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and LUGAS Jurnal Komunikasion distributing works in the journal and other media of publications.
4.Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. LUGAS Jurnal Komunikasi will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. LUGAS Jurnal Komunikasi will only communicate with the corresponding author.
5.Miscellaneous
LUGAS Jurnal Komunikasi will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. LUGAS Jurnal Komunikasi editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.