Pengaruh Terpaan Drama Seri Korea Di Media Streaming Viu Terhadap Perilaku Budaya & Gaya Hidup Dikalangan Wanita Di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31334/lugas.v5i2.1727Keywords:
Drama Seri Korea, Budaya & Gaya Hidup Key_words1 Behavioral, Key_Korean Drama Series, Culture & LifestyleAbstract
Kesuksesan Drama Korea memiliki jumlah penggemar yang sangat besar di Indonesia terletak dari segi ceritanya yang sangat sederhana namun bermakna, tidak seperti drama dari negara lainnya seperti Jepang contohnya, yang terkadang terlihat lebih kaku alur ceritanya dibandingkan dengan drama Korea. Meskipun memiliki Genre yang sama dengan kebanyakan drama asia lainnya yaitu percintaan, namun drama Korea menawarkan kisah cerita yang segar, menarik, penuh inspiratif dibandingkan drama asia lainnya. Dan bahkan yang lebih menariknya adalah terkadang penonton tidak bisa memprediksi akhir cerita dari drama korea tersebut, dikarenakan alur ceritanya yang berbeda dengan drama TV lainnya. Sehingga membuat yang menonton akan ketagihan untuk menonton lagi episode – episode berikutnya.
Dampak pengaruh yang dihasilkan dari menonton drama – drama Korea di Media Streaming VIU , khususnya para wanita di Indonesia ini menimbulkan pengaruh sikap ingin mengikuti atau meniru model, gaya, budaya atau pola hidup dari idola – idola artis atau aktor Korea, baik itu dari pakaian yang mereka gunakan, bahasa, makanan, budaya dan lain sebagainya sehingga mereka berusaha untuk menunjukan dengan bangga identitas diri lewat produk Korea agar terlihat seperti orang Korea.
References
Bungin, Burhan. 2006. Metode penelitian Kuantitatif.
Jakarta: Kencana Prenada Meia Group
Deddy Mulyana, M.A. 2016 ( Edisi Revisi ) Komunikasi Lintas Budaya
Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset
Muhammad Budyatna, 2015 Teori – Teori Komunikasi Antar Pribadi
Jakarta : PT. PRENADAMEDIA GROUP
Ahmad Sihabudin, 2011. Komunikasi Antar Budaya - Satu perspektif Multidimensi
Jakarta : Sinar Grafika Offset
Deddy Mulyana, 2011. Ilmu Komunikasi – Suatu Pengantar
Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Suranto AW. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta : Graha Ilmu
Cangara. Hafied. 2006 Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pers
DR.Zikri Fachrul Nurhadi. 2002. Teori – Teori Komunikasi-Teori Komunikasi dalam Perspektif Penelitian Kualitatif. . GHALIA INDONESIA
Stephen W. LittleJohn & Karen A. Foss. 2009 – TEORI KOMUNIKASI –(Theories of Human Communication ).Edisi 9. Salemba Humanika
DRS Jalaludin Rakhmat,M.Sc & Dr Deddy Mulyana,M.A. 2015 (Edisi Revisi ) Komunikasi Antar Budaya. Bandung. PT. REMAJA ROSDAKARYA BANDUNG.
John Fiske,2016 (Edisi Ketiga) – PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI – Jakarta . Pt. RAJA GRAFINDO PERSADA.
Hikmat Kusumaningrat&Purnama Kusumaningrat. 2017 – Teori & Praktek Jurnalistik- . Bandung .PT. REMAJA ROSDAKARYA BANDUNG.
Nina winangsih Syam, Dadang Sugiana & Atwar Bajari, 2015 – PERENCANAAN PESAN & MEDIA. Jakarta. Penerbit Universitas Terbuka Jakarta.
Prof.Dr.Muhammad Budyatna, M.A, 2015- TEORI – TEORI MENGENAI KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI. Jakarta . PRENADAMEDIA GROUP.
Jurnal komunikasi – Siswanto Ahmed -Perilaku Media Massa Amerika Serikat pada pemilihan presiden tahun 2016 ( 2016 )
Jurnal komunikasi – Meta Ratana – Pengaruh Social Media marketing terhadap Ekuitas Merk (2017).
Jurnal Komunikasi – Ririn Puspita Tutiasri – Komunikasi dalam Komunikasi Kelompok ( 2021)
Jurnal Komunikasi – Zikri Fachrul Nurhadi & Achmad Wildam Kurniawan – Kajian Tentang Efektifitas Pesan dala Komunikasi ( 2017 )
Jurnal Komunikasi – KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DI ERA MODERN ( 2019)
Jurnal Komunikasi – Ayu Lestari Nurdianti - Pesan Tentang Motivasi Diri dalam Film “ Manusia Setengan salmon†Karya Raditya Dika ( 2019 ).
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Please find the rights and licenses in LUGAS Jurnal Komunikasi, spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, LUGAS Jurnal Komunikasi permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and LUGAS Jurnal Komunikasion distributing works in the journal and other media of publications.
4.Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. LUGAS Jurnal Komunikasi will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. LUGAS Jurnal Komunikasi will only communicate with the corresponding author.
5.Miscellaneous
LUGAS Jurnal Komunikasi will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. LUGAS Jurnal Komunikasi editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.