Strategi Komunikasi Korporat Dalam Upaya Peningkatan Komunikasi Internal Dan Citra Perusahaan
DOI:
https://doi.org/10.31334/lugas.v5i2.1871Abstract
Menumbuhkan kepercayaan publik internal sebuah institusi bukanlah hal yang mudah apalagi kondisi Sekolah Al Kamal sejak tahun 2012 mengalami Dualisme Yayasan yang mana tentunya hal tersebut menjadi pertimbangan publik internal dalam hal ini guru dan karyawan untuk mendedikasikan diri pada sebuah institusi bahkan membuat kebingunan bagi guru dan karyawan harus memilih yayasan yang mana yang menjadi tempat mereka untuk mengabdi ditengah-tengah dualisme yayasan antara yayasan lama dengan yayasan baru. Guna memberikan kepercayaan publik internalnya management Sekolah Al Kamal harus melakukan Strategi Corporate Communication agar tercipta komunikasi dan hubungan yang baik antara management dengan guru dan karyawan yang pada akhirnya guru dan karyawan memiliki loyalitas kepada management sekolah al-kamal. Publik internal harus diberikan kepercayaan bahwa konflik internal yayasan tidak berdampak pada kesejahteraan mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi Corporate Communications Dalam Upaya Peningkatan Komunikasi Internal dan Citra Perusahaan dengan menggunakan Metode Penelitian Studi Kasus pada Managemant Sekolah Al Kamal. Solusi dari Menumbuhkan kepercayaan publik internal dalam hal ini guru dan karyawan kepada management Sekolah Al Kamal lama adalah dengan intens melakukan komunikasi internal dengan guru dan karyawan dimana ada unsur loby, negosiasi, komunikasi persuasif harus dijalankan guna memberikan kepercayaan kepada publik internal dalam kondisi konflik sehingga publik internal tetap loyal kepada management Sekolah Al Kamal lama.References
. Agustini, N. A., & Purnaningsih, N. (n.d.). PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL DALAM MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI. Jurnal Komunikasi Pembangunan, Volume 16,. https://doi.org/2442-4102
. Ardiani Ayu Tyasari, P. R. (2021). Model Komunikasi Coorporate dalam Membangun Citra Perusahaan. Indonesian Journal of Communications, 2, 42.
. Ardianto, Guntur F. Prisanto, Irwansyah, Niken Febrina Ernungtyas, S. H. (2020). PRAKTIK LOBI DAN NEGOSIASI OLEH LEGISLATOR SEBAGAI BENTUK KOMUNIKASI POLITIK. : : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 12, 15.
. Ardianto, E. (2016). Handbook Of Public Relations. Simbiosa Rekatama Media.
. Febriyanti, D. C., & Jurusan. (2013). PERAN CORPORATE COMUNICATION PT KRAKATAU STEEL (PERSERO),Tbk. DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN. Jurnal Komunikasi, Volume 2, 47.
. Hadi, S. (2015). STRATEGI PROGRAM KOMUNIKASI KORPORASI Studi Kasus Pada PT Djarum Pasca PP 81/1999 dan Revisinya PP38/2000. STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA, 5, 36.
. Istighfarin, F. R., & Yuliani, M. (2020). PERAN PUBLIC RELATION DALAM MENGEMBALIKAN CITRA PERUSAHAAN : STUDI KASUS APARTEMEN CINERE BELLEVUE SUITES PASCA KEBAKARAN TAHUN 2017. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, VOL.01 NO. https://doi.org/2686 5661
. Manik, D. E. M. (2018). PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PT. ASTRA INTERNASIONAL-MEDAN. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis (JRMB), Vol. 3., 6.
. Nasution, I. A. (n.d.). PERANAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN INFORMASI HOTEL GARUDA PLAZA. Warta Edisi : 61, 12.
. Paul A. Argenti. (2010). Komunikasi Korporat (Ke-5). Salemba Humanika.
. Pitoy, T. I., Pio, R. J., & Rumawas, W. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Karyawan (Studi Pada PT Midi Utama Indonesia Tbk. Branch Manado). Productivity, Vol. 1 No. https://doi.org/2723-0112
. Prihatsanti, U., Suryanto, & Hendriani, & W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, Vol. 26, 136.
. Rismayanti, R. (2016). CORPORATE DECISION MAKING DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI. INFORMASI Kajian Ilmu Komunikasi, 46, 14.
. Ruliana, P. (2014). Komunikasi Organisasi Teori dan Studi Kasus (Ke-1). RajaGrafindo Persada.
. Sugiyono. (2014). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D (cetakan ke). Alfabeta.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Please find the rights and licenses in LUGAS Jurnal Komunikasi, spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, LUGAS Jurnal Komunikasi permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and LUGAS Jurnal Komunikasion distributing works in the journal and other media of publications.
4.Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. LUGAS Jurnal Komunikasi will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. LUGAS Jurnal Komunikasi will only communicate with the corresponding author.
5.Miscellaneous
LUGAS Jurnal Komunikasi will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. LUGAS Jurnal Komunikasi editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.