Dampak Konten Podcast Deddy Corbuzier dalam Membuat Penonton Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.31334/lugas.v7i1.3107Keywords:
konten, podcast, deddy corbuzier, berpikir kritis,Abstract
Deddy Corbuzier adalah salah satu podcaster terkenal yang ada di YouTube dan konten podcast Deddy Corbuzier seringkali menjadi trending peringkat atas, disetiap podcastnya Deddy Corbuzier menghadirkan narasumber yang berbeda dan mengobrol suatu hal atau topik tertentu dengan durasi dengan rentang 30 menit – 1 jam, melihat cakupan dari penonton yang bisa dijangkau, maka diharapkan podcast Deddy Corbuzier bisa dalam membangun penonton yang berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat pengaruh dari konten Podcast Deddy Corbuzier terhadap kemampuan berpikir kritis penonton. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode analisis statistik deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling melalui teknik non-probability sampling dan melalui kuesioner online didapatkan sampel sebesar 35 responden. Pada variabel konten podcast terdapat 6 indikator, sedangkan pada variabel berpikir kritis terdapat 3 indikator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,777 dan signifikansi 0,000, koefisien determinasi sebesar 60,3% dan sisanya 39,7% dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian. Berdasarkan uji regresi linear sederhana didapatkan perumusan yaitu dan melalui uji hipotesis t didapatkan hasilnya Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh konten podcast Deddy Corbuzier terhadap kemampuan berpikir kritis penonton.
References
Anindhita, Wiratri; Kusuma, Dwi Linda & Khairunnisa, Hera. (2021). Pemanfaatan Podcast Sebagai Media Komunikasi Penyiaran Dakwah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Masjid. Jurnal Karya Aladi, Vol 5, No 1, 2021.
Asmi, Adhitya Rol; Dhita, Aulia Nivemy & Supriyanto. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio BerbasisPodcast Pada Materi Sejarah Lokal Di Sumatera Selatan. Historia: Jurnal Pendidik dan Penliti Sejarah, Vol 3, No 1, 2019.
Cotrtrell S. (2005). Critical thinking skills: Developing effective analysis and argument. Houndmills, Basingstoke, Hampshire, RG21 6XS. England : Macmilln Publishers Limited.
David, Eribka Rutheli. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. E-journal “Acta Diurnaâ€, Vol VI, No 1, 2017.
Diana & Saputra, Bachtiar Adi. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Podcast Smamita Bercakap Dalam Pembelajaran Ekonomi Di SMA Muhammadiyah 1 Taman. Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol 2, No 3, 2020
Dwianto, Agung Surya & Purnamasari, Pupung. (2019). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. JAEIL Indonesia. Jurnal ekonomi & ekonomi syariah Vol 2, No 2, 2019.
Fadilah, Elfi; Yudhapramesti, Pandan & Aristi, Nindi. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Kajian Jurnalisme, Vol 1 No 1, 2017.
Ferazona, Sepita. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Strategi Active Sharing Knowledge Upaya Mempersiapkan generasi Abad 21. Jurnal Perspektif : Pendidikan dan Keguruan, Vol XI, No 1, 2020.
Hutabarat, Peny Meliaty. (2020). Pengembangan Pdcast sebagai Media Suplemen Pembelajaran Berbasis Digital pada Perguruan Tinggi. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, Vol 2, No 2, 2020.
Indriastuti, Faiza & Saksono, Wawan Tri. (2014). Podcast Sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio Audio Podcast As Audio-Based Learning Resources. Jurnal Teknodik Vol 18, No 3, 2014
M, Handani; A, Prayitno B & P, Karyanto. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, Vol 16, No 1, 2019.
Mahdia, Asrini. (2018). Pengaruh Konten Influencer di Media Sosial Terhadap Kesejahteraan Psikologs Remaja Akhir. Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 11, No 2, 2018.
Maulana, Jacky. (2021). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube Terhadap pembentukan Sikap Sosial Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Islam Kalimantan. Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 4, No 1, 2021
Mayangsari, Dewi & Tiara, Dinda Rizki.(2019). Podcast sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi.
Rachmawati, Farida; Muhajarah, Kurnia & Kamaliah, Naily. (2019). Mengukur Efektivitas Podcast sebagai Media Perkuliahan Inovatif pada Mahasiswa
Radika, Mochamad Irfan & Setiawati, Sri Dewi. (2020). Strategi Komunikasi Podcast dalam Mempertahankan Pendengar (Studi Kasus dalam Podcast Do You See What I See). Medialog : Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol III, No II, 2020.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kulitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suparni. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi. Jurnal Derivat, Vol 3 No, 2, 2016.
Ummah, Athik Hidayatul; Khatomi, M Khairul & Khairurromadhan, M. (2020). Podcast sebagai Strategi Dakwah di Era Digital: Analisis Peluang dan Tantangan. Jurnal Komunike, Vol XII, No 2, 2020
Zellatifanny, Cut Medika. (2020). Tren Diseminasi Konten Audio on Demand melalui Podcast : Sebuah Peluang dan Tantangan di Indonesia. Jurnal Pekomnas, Vol 5, No 2, 2020
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Please find the rights and licenses in LUGAS Jurnal Komunikasi, spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, LUGAS Jurnal Komunikasi permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and LUGAS Jurnal Komunikasion distributing works in the journal and other media of publications.
4.Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. LUGAS Jurnal Komunikasi will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. LUGAS Jurnal Komunikasi will only communicate with the corresponding author.
5.Miscellaneous
LUGAS Jurnal Komunikasi will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. LUGAS Jurnal Komunikasi editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.