Komunikasi Organisasi Sebagai Solusi Konflik
DOI:
https://doi.org/10.31334/lugas.v7i1.3186Keywords:
Government Relations, Lobby, Negosiasi, Kepercayaan Publik,Abstract
Memberikan kepercayaan publik bukanlah hal yang mudah apalagi kondisi organisasi yang menaungi Sekolah Menengah Kejuruan Multi Media Mandiri d mengalami Konflik Internal. Banyak hambatan yang dihadapi baik dari internal maupun eksternal. Guna memberikan kepercayaan kepada publik dalam hal ini Pemerintah sebagai Lembaga yang mengatur terkait dengan regulasi operasional pendidikan maka stake holder sekolah menengah kejuruan multi media mandiri harus melakukan Strategi Government Relations dalam konteks Lobby dan Negosiasi agar tercipta komunikasi dan hubungan yang baik yang pada akhirnya Pemerintah tetap memberikan Izin Penyelenggaraan Pendidikan kepada sekolah menengah kejuruan multi media mandiri sehingga Publik tetap percaya bahwa konflik internal yayasan tidak berdampak pada proses belajar mengajar karena masih diakui oleh pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis komunikasi kelompok stake holder sekolah menengah kejuruan multi media mandiri dalam merumuskan dan mengimplementasikan strategi lobby dan negosiasi guna memberikan kepercayaan kepada publik dengan menggunakan Metode Penelitian Studi Kasus pada sekolah menengah kejuruan multi media mandiri. Strategi dari rangkaian government relations guna Menumbuhkan kepercayaan pemerintah kepada sekolah menengah kejuruan multi media mandiri adalah dengan melakukan komunikasi secara intensif dengan pihak dinas pendidikan dimana setiap strategi yang dilakukan untuk menjalin hubungan baik dengan pemerintah adalah menerapkan fungsi management dari mulai tahapan planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (penggiatan), Controlling (pengawasan), loby negosiasi dalam rangkaian komunikasi eksternal yang harus dijalankan guna memberikan kepercayaan kepada pemerintah bahwa kondisi konflik internal organisasi tidak akan berdampak pada kualitas pembelajaran dan mutu pendidikan sehingga publik tetap percaya kepada sekolah menengah kejuruan multi media mandiri.
References
Agustini, Nur Annisa, and Ninuk Purnaningsih. 2018. “Pengaruh Komunikasi Internal Dalam Membangun Budaya Organisasi.†Pengaruh Komunikasi Internal Dalam Membangun Budaya Organisasi 16(1):89–108. doi: 10.29244/jurnalkmp.16.1.89-108.
Agustini, Nur Annisa, and Ninuk Purnaningsih. n.d. “PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL DALAM MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI.†Jurnal Komunikasi Pembangunan Volume 16,. doi: 2442-4102.
Ahmad, Zainal Ariffin. 2003. “Pengaruh Konflik Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Karyawan.†Jakarta 1–17.
Amin, M. Ali Syamsuddin. 2017. “Komunikasi Sebagai Penyebab Dan Solusi Konflik Sosial.†Jurnal Common 1(2). doi: 10.34010/common.v1i2.573.
Chriswindari, Benedicta Rosaria. 2018. “Analisis Resepsi Komunitas Stand Up Comedy Salatiga Terhadap Video Unggahan Beda Media Tentang Stand Up Comedy Joshua Suherman: Studi Analisis Resepsi Stuart Hall.†15–16.
Dan, Eoritis. n.d. “Pendahuluan.†Inter Komunika : Jurnal Komunikasi.
Devando, Briand. 2021. “Komunikasi Organisasi Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis ) Kampuang Bunguih Komunikasi Organisasi Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis ) Kampuang Bunguih.â€
Manik, Desma Erica Maryati. 2018. “PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PT. ASTRA INTERNASIONAL-MEDAN.†Jurnal Riset Manajemen & Bisnis (JRMB) Vol. 3.:6.
Mohamad Muspawi. 2020. “Manajemen Konflik (Upaya Penyelesaian Konflik Dalam Organisasi).†Journal of Chemical Information and Modeling 16(2):46–47.
Sunarta. n.d. “KONFLIK DALAM ORGANISASI (MERUGIKAN SEKALIGUS MENGUNTUNGKAN).†FISE Universitas Negeri Yogyakarta 14.
Tumiwa, Alfrits B. 2020. “Manajemen Konflik Dalam Organisasi.†Media Riset Bisnis & Manajemen 5(2):331–59. doi: 10.25105/mrbm.v5i2.8133.
Utomo, Novita Setyo. 2015. “Manajemen Komunikasi Eksternal ( Manajemen Komunikasi Pt . Semen Indonesia ( Persero ) Tbk Dalam Proses Pembangunan Pabrik Semen Di Desa Tegaldowo Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang ).†Manajemen Komunikasi Eksternal 63 7(2):63–67.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Please find the rights and licenses in LUGAS Jurnal Komunikasi, spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, LUGAS Jurnal Komunikasi permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and LUGAS Jurnal Komunikasion distributing works in the journal and other media of publications.
4.Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. LUGAS Jurnal Komunikasi will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. LUGAS Jurnal Komunikasi will only communicate with the corresponding author.
5.Miscellaneous
LUGAS Jurnal Komunikasi will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. LUGAS Jurnal Komunikasi editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.