Analisis Aktivitas Media Sosial Instagram @Kuansingbacarito dalam Mempublikasikan Informasi Sejarah Mandulang Peradaban di Kabupaten Kuantan Singingi
DOI:
https://doi.org/10.31334/lugas.v7i2.3220Keywords:
Perencanaan Instagram Publikasi InformasiAbstract
Berkembangnya berbagai bentuk teknologi informasi tentunya sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan berbagai bentuk informasi melalui media sosial. Hal ini ditandai dengan muculnya media instagram sebagai media yang paling populer dikalangan masyarakat. Instagram dijadikan media publikasi paling efektif untuk digunakan. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui perancanaan dari kegiatan publikasi yang dilakukan oleh Instagram @kuansingbacarito dalam mempublikasikan sejarah mendulang peradaban di Kabupaten Kuantan Singingi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan melakukan observasi melalui analisis akun official Instagram @Kuangsingbacarito. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya instagram @kuansingbacarito dalam publikasinya banyak menggunakan pilihan kalimat persuasif dengan bahasa yang ringkas dan sederhana sehingga masyarakat mudah mengerti. Kemudian beberapa makna pada gambar postingan yang dibagikan dikemas dengan sebaik mungkin serta membuat press release sebagai acuan informasi. Namun hal itu instagram @kuansingbacarito belum memanfaatkan banyak fitur yang disediakan instagram dalam memberikan informasi terkait sejarah maupun budaya, dan juga terhadap sejarah Mandulang Peradaban yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi.
References
Ainiyah, N. ( 2017 ). Membanguln Pengulatan Buldaya Literasi Media dan Informasi Dalam
Dulnia Pendidikam. JPIP. 2, 61 – 77.
Afrizal. (2019 ). Metode Peneltian Kulalitatif : Sebulah ULpaya Mendulkulng Penggulnaan
Penelitian Kulalitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmul. Edisi 4. Depok: PT Raja
Garfindon Persada.
Alo, Liliweri. 2011. Komulnikasi : Serba Ada Serba Makna. Jakarta : Kencana.
Bulrhan, Bulngin. ( 2006 ). Metode Penelitian Kulantitatif : Komulnikasi, Ekonomi, Kebijakan
Pulblik, Dan Ilmul Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Enterprise, J. (2012). Instagram ULntulk Fotografi Digital dan Bisnis Kreatif. PT Elex Media
Kompultindo.
Faisal, I. A., & Rohmiyati, Y. (2017). Analisis Pemanfaatan Media Instagram Sebagai
Promosi Perpulstakaan Provinsi Jawa Tengah. Julrnal Ilmul Perpulstakaan, 6(4), 281–
Gabriela, Shania. (2021). Aktivitas content creator PT. Mahija Abhita Perdana dalam
meningkatkan brand awareness di instagram. Activity of the content creatorin
PT. Mahija Abhita Perdana in improving brand awareness in instagram.
Geri, Denis. (2016 ). Transparansi Pelayanan Sulrat Izin ULsaha Perdagangan (SIULP)
Klasifikasi Kecil Di Kecamatan Singingi Hilir Kabulpaten Kulantan Singingi.
Hamidy. (2013 ). Sejarah Kabulpaten Kulantan Singingi.
Kotler, P. ( 2008 ). Prinsip – Prinsip Pemesanan Edisi Kedra Bolas. Jakarta : Erlangga.
Koentjningrat. ( 2002 ). Kebuldayaan Mentalis Dan Pembangulnan. Jakarta : Kompas
Seramedia.
Kriyantoto, R ( 2016 ). Pulblic Relations Writing : Teknik Produlksi Media Pulblic Relations
Dan Pulblisitas Korporat. Jakarta : Penada Media.
Laode M. B. ( 2014 ). Analisis Nilai – Nilai Pendidikan Sosial dan Religi Dalam Tradisi
Buldaya Katoba Sebagai Pengembangan Bahan Pembelajaran IPS – SD. ( Stuldi
Etnografi Masyarakat Etnik Mena Provinsi Sullteng ) Disertasi ULPI.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kulalitatif. Bandulng: Remaja Rosdakarya.
Nasrulllah, D. R. (2016). Media Siber Teori dan Riset.Jakarta: Prenamedia Groulp.
Permatasari, N., & Trijayanto, D. (2017). Motif Eksistensi Melaluli Penggulnaan Hashtag
(#Ootd) Di. Promedia, Vol 3.
Pulntoadi, Danis (2011). Meningkatkan penjulalan melaluli media sosial. Jakarta: PT. Gramedia
Pulstaka ULtama.
Ratri, C. ( 2020 ). Pandulan Instagram Bisnis : Membulat Konten, Foto, dan Memanfaatkan
Sebagai PR Bisnis. Sulrabaya : CV. Garulda Mas Sejahtera.
Rifai, Aguls. (2016). Peran Pulstakawan Intermediary dalam Memenulhi Kebultulhan
Informasi Pemakai. Vol. 4, No,14.
Sadiman,Arief. 2002. Media Pendidikan dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian
Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tulbbs,L.Stewart & Moss, Sylvia. (2008). Hulman Commulnication: Prinsip-prinsipDasar.
Bandulng: Remaja Rosdakarya.
Yefterson, R.B. Dan Salam, A. ( 2017 ). Nilai – Nilai Kesejateraan Dalam Pembelajaran
Sejarah Indonesia. ( Stuldi Natulralistik Inkuliri Di SMA Kota Padang ). Diakronika.
Qorib F. 2020. Pola Konsulmsi Media pada Generasi Milenial Kota Malang. Julrnal Ilmul
Komulnikasi: ULltimacomm.
Sulsilowati. (2018). Kegiatan Hulmas Indonesia Bergerak Di Kantor Pos Depok II Dalam
Meningkatkan Citra Instansi Pada Pulblik Eksternal. Julrnal Komulnikasi, 8, 47–54.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Please find the rights and licenses in LUGAS Jurnal Komunikasi, spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, LUGAS Jurnal Komunikasi permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and LUGAS Jurnal Komunikasion distributing works in the journal and other media of publications.
4.Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. LUGAS Jurnal Komunikasi will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. LUGAS Jurnal Komunikasi will only communicate with the corresponding author.
5.Miscellaneous
LUGAS Jurnal Komunikasi will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. LUGAS Jurnal Komunikasi editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.