Strategi Komunikasi Pemasaran Digital pada Produk Kuliner Tradisional

Ida Ri’aeni

Abstract


Digital marketing communication strategy is a brand promotion activity that has been planned and arranged systematically.  Its strategy builds brand interaction within its users. This marketing strategy is also carried out by several traditional Cirebon culinary business people. The purpose of this study was to analyze the marketing communication strategy in the three producers of Cirebon savory sticky rice, namely: Ketan Gurih (Sticky Rice), Mrs. Yudi; Ketan Gurih Kamba’s Table, and Ketan Gurih Ny. Lany. The research method used is descriptive qualitative. The results showed that the digital marketing strategy carried out by traditional products was to build a one stop shopping image on offline stores by sorting out some products that could be sold online, innovating products with special flavors, building confidence in consumers that the product was trusted and legendary, also endorsement of mass media (through television culinary programs) and positive testimonials from consumers who have used the product. In addition to direct marketing in stores (offline) where producers open outlets, the media used in the marketing of this Cirebon savory sticky rice are Instagram, whatsapp, line, SMS / Phone and online store (tokopedia / bukalapak). In the online store, product descriptions are described that only hold 1-3 days, and advice on the use of expedition services (shipping) that arrive quickly so that the product is still awake and good for consumption.

 

Abstrak

 

Strategi komunikasi pemasaran digital adalah suatu kegiatan promosi merek yang sudah direncanakan dan disusun secara sistematis.  Strategi tersebut membangun interaksi merek dengan penggunaanya.  Strategi pemasaran ini juga dilakukan oleh beberapa pelaku usaha kuliner tradisional khas Cirebon. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran pada tiga produsen ketan gurih Cirebon yaitu: Ketan Bumbu Ibu Yudi, Ketan Gurih Kamba’s Table, Ketan Gurih Ny. Lany. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital yang dilakukan oleh produk tradisional ini yaitu membangun citra one stop shopping pada toko offline dengan memilah beberapa produk yang bisa dijual secara online, melakukan inovasi produk dengan citarasa khusus, membangun keyakinan terhadap konsumen bahwa produk terpercaya dan legendaris, juga melakukan endorsement media massa (melalui program kuliner televisi) serta testimoni positif dari konsumen yang sudah menggunakan produk tersebut. Selain pemasaran secara langsung di toko (offline) tempat produsen membuka gerai, media yang digunakan dalam pemasaran digital ketan gurih Cirebon ini adalah instagram, whatsapp, line, SMS/ Telpon dan toko online (tokopedia/bukalapak). Pada toko online tersebut, dijabarkan deskripsi produk yang hanya tahan 1-3 hari, dan saran penggunaan jasa ekspedisi (pengiriman) yang cepat tiba agar produk masih terjaga dan baik untuk dikonsumsi.


Keywords


digital marketing; traditional culinary products; Cirebon savory sticky rice; communication strategy; digital marketing; produk kuliner tradisional; ketan gurih Cirebon; strategi komunikasi.

Full Text:

PDF

References


Hermawan, Agus. 2012. “Komunikasi Pemasaran”. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Joseph, Thomas. 2011. APPS The Spirit of Digital Marketing 3.0. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo.

Kertajaya, Hermawan & Setiawan. 2014. WOW Marketing. Jakarta: Penerbit PT. Erlangga Pustaka Utama.

Maulana, Y. 2017. http://swa.co.id/swa/csr-corner/. Diakses melalui http://swa.co.id/: http://swa.co.id/swa/csrcorner/yuswohady-ukm-harusmanfaatkan-perkembangan-digital

Purwana, Dedi; R Rahmi & Shandy Aditya. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Vol 1 No 1, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) diakses melalui http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpm/article/view/1781

Setiawan, Nisa Amalina. 2014. Strategi Promosi dalam Pengembangan Pariwisata Lokal

di Desa Wisata Jelekong. Jurnal Trikonomika Volume 13, No. 2, Desember 2014, Hal. 184–194.

Tan, Aulira M.; Martha Tri Lestari & Dini Salmiyah Fithrah Ali. Respon Konsumen pada Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif, Pemuda dan Olahraga Di Kawasan Wisata Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan dalam e-Proceeding of Management : Vol.3, No.2 Agustus 2016 | Page 2631 diakses melalui

https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/116379/slug/respon-konsumen-pada-strategi-komunikasi-pemasaran-digital-dinas-pariwisata-ekonomi-kreatif-pemuda-dan-olahraga-di-kawasan-wisata-mandeh-kabupaten-pesisir-selatan.html

https://aboutcirebon.id/ketan-gurih-sudah-menjadi-incaran-wisatawan-di-cirebon/

https://www.tokopedia.com/kamptjaroeaban/ketan-bumbu-kampoeng-tjaroeban-khas-kota-cirebon

http://digitalmarketinginaction.asia/digital-marketing-adalah-media-promosi/

https://www.wakuliner.com/blog/7-jajan-pasar-yang-selalu-ada-dalam-tampah

https://m.bukalapak.com/p/food/cemilan-snack/8xdhid-jual-ketan-gurih-bumbu-ebi-5-pc

https://www.tokopedia.com/almahira-12/ketan-bumbu-nylanny




DOI: https://doi.org/10.31334/ljk.v1i2.443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 LUGAS Jurnal Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

LISTED & INDEXED :