PENGEMBANGAN PARIWISATA DALAM UPAYA PEMBANGUNAN EKONOMI MASYARAKAT DI PULAU PARI KEPULAUAN SERIBU

Sukarni Novita Sari, Mercy Devina de Fretes

Abstract


Pariwisata memiliki peranan yang penting dalam pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat di daerah wisata dapat menciptakan lebih banyak sektor ekonomi lokal seperti penginapan berupa homestay, kuliner, transportasi, hiburan dan ritel, sehingga penyediaan layanan tersebut dapat meningkatkan pendapatan masyarakat lokal dan juga menurunkan tingkat pengangguran. Wilayah pesisir Indonesia menyediakan semua sumber daya alam yang memiliki potensi besar untuk berbagai pilihan pengembangan pariwisata. Salah satunya adalah Kepulauan Seribu. Sumber daya potensial wisata bahari Kepulauan Seribu memberikan peluang bagi industri pariwisata yang harus dikelola secara profesional, dan dimanfaatkan serta tujuan wisata kelas dunia. Kementerian Pariwisata Republik Indonesia meyakini bahwa Kepulauan Seribu memiliki potensi untuk pengembangan sektor pariwisata Indonesia dan menetapkannya sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata teratas di Indonesia. Namun, masih ada beberapa masalah yang harus diperbaiki oleh pemerintah daerah untuk mendorong peningkatan pariwisata di Kepulauan Seribu. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui masalah dan tantangan terkait dengan strategi pengembangan pariwisata, dan untuk mengamati dampak signifikannya terhadap masyarakat lokal. Untuk mendapatkan sudut pandang yang jelas dari para peserta, penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dan kuesioner. Penelitian ini menemukan bahwa pemerintah daerah Kepulauan Seribu telah menerapkan tujuh strategi dalam mengembangkan industri pariwisata.


Keywords


Pariwisata, Strategi, Pembangunan, Ekonomi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adisasmita, Rahardjo, 2005, Dasar-Dasar Pembangunan Ekonomi Wilayah, Yogyakarta, Graha Ilmu

Alma, Buchari, 2010, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung, Alfabeta

Anindita, Melisa, 2015, “Analisa Faktor-Faktor yang Memperngaruhi Tingkat Kunjungan ke Kolam Renang Boja” Skripsi Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro

Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta

Assauri, Sofjan, 2013, Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi, Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Austriana, Ida, 2005, Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Daerah dari Sektor Pariwisata, Disertasi, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro

Bannock, Graham, Jr., 2004, A Dictionary of Economics, England, Penguin Books

Boediono, 1999, Teori Pertumbuhan Ekonomi, Yogyakarta, BPFE

Creswell W. John, 2013, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Jhingan. M.L., 2000, Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan, Jakarta, Raja Grafindo Persada

Jurini dan Swastha, Basu, 2008, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Yogyakarta, Liberty

Kodhyat, J., 2003, Sejarah Pariwisata dan Perkembangannya di Indonesia, Jakarta, Grasindo

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2012, Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jakarta, Indeks

Kurniawan, Wawan, 2015, “Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Pariwisata Umbul Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang”, Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang

Muljadi, 2010, Kepariwisataan dan Perjalanan, Jakarta, Rajawali Press

Lawson, Fred and Baud-Bovy, Manuel, 2008, Tourism and Recreation Development, CBI Publishing Company, Inc.: Boston

Moleong, Lexy J., 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya

Lincoln, Y., and E. Guba, 1985, Naturalistic Inquiry, Newbury Park, CA: Sage Publications

Mintzberg, Henry, 1998, A Guided Tour through the Wilds of Strategic Management, New York, The Free Press

Nugroho, I. dan Dahuri, Rochmin, 2004, Pembangunan Wilayah : Perspektif Ekonomi, Sosial dan Lingkungan, Jakarta, LP3ES

Pendit, Nyoman, 2009, Ilmu Pariwisata; Sebuah Pengantar Perdana, Jakarta, Pradnya Paramita.

Pitana, I Gede, 2005, Sosiologi Pariwisata, Yogyakarta, Andi

Poerwandari, Kristi E., 2011, Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi, Jakarta, LPSP3 Psikologi UI

Poewanto, 2000, Menuju Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan, Yogyakarta, Ombak

Rahayu dan Budiyanto, 2004, Manajemen Pemasaran Pariwisata, Yogyakarta, Graha Ilmu

Rachman, Abdul S., 2009, Psikologi Suatu Pengantar, Jakarta, Kencana

Riyadi dan Bratakusumah, Deddy Supriyadi, 2005, Perencanaan Pembangunan Daerah, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama

Sammeng, Andi Mappi, 2011, Cakrawala Pariwisata, Jakarta, Balai Pustaka

Spillane, J., 2001, Pariwisata Indonesia (Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan), Yogyakarta, Kanisius

Suryana, 2000, Ekonomi Pembangunan, Problematika dan Pendekatan, Edisi Pertama, Jakarta, Salemba Empat

Suwantoro, Gamal, 2004, Dasar-dasar Pariwisata, Yogyakarta, Andi

Tikson, Dedi T., 2005, Indikator-indikator Pembangunan Ekonomi, http://ecozon.html, diakses pada: Senin, 18 April 2011

Tjiptono, Fandy, 2011, Strategi Pemasaran, Yogyakarta, Andi

Udaya, Jusuf, dkk., 2013, Manajemen Stratejik, Yogyakarta, Graha Ilmu

Yoeti, Oka A., 2005, Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata, Jakarta, Pradnya Paramita

Wahab, Salah, 2002, Pemasaran Pariwisata, Jakarta, Pradnya Paramita

Peraturan Perundang-Undangan :

Undang-Undang Nomor 10 tahun 2009 tentang Pembangunan Pariwisata




DOI: https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.1384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

_____________________________________________

Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis

E - ISSN 2686-1577

Terbit setiap Maret dan September

Penerbit : Program Studi Administrasi Bisnis Program Vokasi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Jl. Mardani raya No. 73 Johar Baru, Jakarta Pusat  » Tel / fax : (021) 422 8868

Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/ABIWARA