PENGEMBANGAN PARIWISATA DALAM UPAYA PEMBANGUNAN EKONOMI MASYARAKAT DI PULAU PARI KEPULAUAN SERIBU
DOI:
https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.1384Keywords:
Pariwisata, Strategi, Pembangunan, EkonomiAbstract
Pariwisata memiliki peranan yang penting dalam pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat di daerah wisata dapat menciptakan lebih banyak sektor ekonomi lokal seperti penginapan berupa homestay, kuliner, transportasi, hiburan dan ritel, sehingga penyediaan layanan tersebut dapat meningkatkan pendapatan masyarakat lokal dan juga menurunkan tingkat pengangguran. Wilayah pesisir Indonesia menyediakan semua sumber daya alam yang memiliki potensi besar untuk berbagai pilihan pengembangan pariwisata. Salah satunya adalah Kepulauan Seribu. Sumber daya potensial wisata bahari Kepulauan Seribu memberikan peluang bagi industri pariwisata yang harus dikelola secara profesional, dan dimanfaatkan serta tujuan wisata kelas dunia. Kementerian Pariwisata Republik Indonesia meyakini bahwa Kepulauan Seribu memiliki potensi untuk pengembangan sektor pariwisata Indonesia dan menetapkannya sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata teratas di Indonesia. Namun, masih ada beberapa masalah yang harus diperbaiki oleh pemerintah daerah untuk mendorong peningkatan pariwisata di Kepulauan Seribu. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui masalah dan tantangan terkait dengan strategi pengembangan pariwisata, dan untuk mengamati dampak signifikannya terhadap masyarakat lokal. Untuk mendapatkan sudut pandang yang jelas dari para peserta, penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dan kuesioner. Penelitian ini menemukan bahwa pemerintah daerah Kepulauan Seribu telah menerapkan tujuh strategi dalam mengembangkan industri pariwisata.
References
DAFTAR PUSTAKA
Adisasmita, Rahardjo, 2005, Dasar-Dasar Pembangunan Ekonomi Wilayah, Yogyakarta, Graha Ilmu
Alma, Buchari, 2010, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung, Alfabeta
Anindita, Melisa, 2015, “Analisa Faktor-Faktor yang Memperngaruhi Tingkat Kunjungan ke Kolam Renang Boja†Skripsi Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro
Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta
Assauri, Sofjan, 2013, Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi, Jakarta, Raja Grafindo Persada.
Austriana, Ida, 2005, Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Daerah dari Sektor Pariwisata, Disertasi, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro
Bannock, Graham, Jr., 2004, A Dictionary of Economics, England, Penguin Books
Boediono, 1999, Teori Pertumbuhan Ekonomi, Yogyakarta, BPFE
Creswell W. John, 2013, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta, Pustaka Pelajar
Jhingan. M.L., 2000, Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan, Jakarta, Raja Grafindo Persada
Jurini dan Swastha, Basu, 2008, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Yogyakarta, Liberty
Kodhyat, J., 2003, Sejarah Pariwisata dan Perkembangannya di Indonesia, Jakarta, Grasindo
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2012, Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jakarta, Indeks
Kurniawan, Wawan, 2015, “Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Pariwisata Umbul Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarangâ€, Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang
Muljadi, 2010, Kepariwisataan dan Perjalanan, Jakarta, Rajawali Press
Lawson, Fred and Baud-Bovy, Manuel, 2008, Tourism and Recreation Development, CBI Publishing Company, Inc.: Boston
Moleong, Lexy J., 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya
Lincoln, Y., and E. Guba, 1985, Naturalistic Inquiry, Newbury Park, CA: Sage Publications
Mintzberg, Henry, 1998, A Guided Tour through the Wilds of Strategic Management, New York, The Free Press
Nugroho, I. dan Dahuri, Rochmin, 2004, Pembangunan Wilayah : Perspektif Ekonomi, Sosial dan Lingkungan, Jakarta, LP3ES
Pendit, Nyoman, 2009, Ilmu Pariwisata; Sebuah Pengantar Perdana, Jakarta, Pradnya Paramita.
Pitana, I Gede, 2005, Sosiologi Pariwisata, Yogyakarta, Andi
Poerwandari, Kristi E., 2011, Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi, Jakarta, LPSP3 Psikologi UI
Poewanto, 2000, Menuju Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan, Yogyakarta, Ombak
Rahayu dan Budiyanto, 2004, Manajemen Pemasaran Pariwisata, Yogyakarta, Graha Ilmu
Rachman, Abdul S., 2009, Psikologi Suatu Pengantar, Jakarta, Kencana
Riyadi dan Bratakusumah, Deddy Supriyadi, 2005, Perencanaan Pembangunan Daerah, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama
Sammeng, Andi Mappi, 2011, Cakrawala Pariwisata, Jakarta, Balai Pustaka
Spillane, J., 2001, Pariwisata Indonesia (Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan), Yogyakarta, Kanisius
Suryana, 2000, Ekonomi Pembangunan, Problematika dan Pendekatan, Edisi Pertama, Jakarta, Salemba Empat
Suwantoro, Gamal, 2004, Dasar-dasar Pariwisata, Yogyakarta, Andi
Tikson, Dedi T., 2005, Indikator-indikator Pembangunan Ekonomi, http://ecozon.html, diakses pada: Senin, 18 April 2011
Tjiptono, Fandy, 2011, Strategi Pemasaran, Yogyakarta, Andi
Udaya, Jusuf, dkk., 2013, Manajemen Stratejik, Yogyakarta, Graha Ilmu
Yoeti, Oka A., 2005, Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata, Jakarta, Pradnya Paramita
Wahab, Salah, 2002, Pemasaran Pariwisata, Jakarta, Pradnya Paramita
Peraturan Perundang-Undangan :
Undang-Undang Nomor 10 tahun 2009 tentang Pembangunan Pariwisata
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Please find the rights and licenses in Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1.License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
2.Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3.User Rights
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis on distributing works in the journal and other media of publications.
4.Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis will only communicate with the corresponding author.
5.Miscellaneous
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.