ANALISIS KEPERCAYAAN MEREK DAN PENGALAMAN MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PT. XYZ

anisa arizona

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh Analisis Kepercayaan Merek, Pengalaman Merek terhadap Loyalitas Pelanggan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori manajemen pemasaran yang berhubungan dengan kepercayaan merek, pengalaman merek, komitmen dan loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif melalui kuesioner dengan jumlah populasi sebesar 686 apotek dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 pelanggan, perhitungan sampel menggunakan rumus Roscoe dalam kutipan Sugiyono, tehnik yang diambil dalam pengumpulan data menggunakan accidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan analisis data menggunakan regresi linier.Berdasarkan analisis dengan bantuan aplikasi SPSS versi 24 for windows menunjukkan bahwa : secara parsial pertama hasil uji t menunjukkan bahwa kepercayaan merek dan pengalaman mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, karena t hitung lebih besar daripada t tabel. Karena t hitung lebih besar daripada t table. Dan variabel komitmen mempunyai pengaruh negatif terhadap loyalitas pelanggan. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kepercayaan merek dan pengalaman yang akan PT. XYZ.

Keywords


Kepercayaan Merek, Pengalaman Merek, Loyalitas

Full Text:

PDF

References


Arief, Mirza, et al. 2017. Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Komitmen Merek Terhadap Loyalitas Merek (Survei Pada Warga Kelurahan Penanggungan Konsumen Produk Aqua Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, vol. 44, no. 1, 24 Mar. 2017, pp. 144-153.

Brakus, J. J., B. H. Schmitt, dan S. Zhang. 2008. Experiential Attributes

and Consumer Judgments’. In: B. H. Schmitt and D. Rogers (eds.):

Handbook on Brand and Experience Management. Northampton,

MA: Edward Elgar.

Capel, Celine Marie and Ndubisi, Nelson Oly. 2011. Examining the Inter-Relationships Among the Dimensions of Relationship Marketing (October 25, 2013). Asian Journal of Business Research, Volume 1, Number 1, 2011, Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=2345176

Chaudhuri, A., & Holbrook, M. B. 2001. The chain of effects from brand trust and brand affect to brand performance: the role of brand loyalty. Journal of marketing, 65(2), 81-93.

Edris, Mochamad. 2009. Pengaruh Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek (Studi Kasus pada Deterjen Merek Rinso di Kabupaten Kudus. Jurnal Analisis Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus

Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty : Menumbuhkan Dan Mempertahankan Pelanggan. Jakarta, Airlangga

Lau, GeokTheng and Sook Han Lee. 2000. Consumer’s Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty.Journal of Market Focused Management. 4, pp 341-370.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Maheshwari, Vish & Lodorfos, George & Jacobsen, Siril. 2014. Determinants of Brand Loyalty: A Study of the Experience-Commitment-Loyalty Constructs. International Journal of Business Administration. 5. 13-24. 10.5430/ijba.v5n6p13.

Matzler, Kurt & Bidmon, Sonja & Grabner-Kräuter, Sonja. 2006. Individual determinants of brand affect: The role of the personality traits of extraversion and openness to experience. Journal of Product and Band Management. 15. 427-494. 10.1108/10610420610712801.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:




DOI: https://doi.org/10.31334/abiwara.v2i1.1502

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/abiwara.v2i1.1502.g784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

_____________________________________________

Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis

E - ISSN 2686-1577

Terbit setiap Maret dan September

Penerbit : Program Studi Administrasi Bisnis Program Vokasi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Jl. Mardani raya No. 73 Johar Baru, Jakarta Pusat  » Tel / fax : (021) 422 8868

Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/ABIWARA