Pengaruh Persepsi Resiko dan Persepsi Manfaat Terhadap Niat Beli Konsumen Secara Online ( Studi Kasus Pembelian Barang Elektronik di Kaskus.com)

Yoka Mai Patria

Abstract


Belakangan ini banyak bermunculan berbagai situs online shop, diantaranya bukalapak, olx, tokopedia, elevenia, lazada, kaskus, zalora, dll. Berbeda dengan online shop seperti zalora, produk-produknya langsung ke pembeli. Meski produk orang lain yang di jual, tapi aktivitas upload produk dan hingga delivery dilakukan pemilik toko online. berbeda dengan kaskus, penjual adalah perorangan yang sesekali menjual dagangan atau barang pribadi ke pembeli via marketplace. Calon pembeli yang tertarik bisa kontak, melihat barang & transaksi langsung ke penjual. Tidak ada jaminan karena tidak memiliki toko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi resiko terhadap niat beli konsumen online di kaskus, seberapa besar pengaruh persepsi manfaat terhadap niat beli konsumen online di kaskus, seberapa besar pengaruh persepsi resiko & persepsi manfaat terhadap niat beli konsumen online di kaskus. Dalam hal ini penulis, menggunakan data primer yang di dapat dengan penyebaran kuesioner kepada masyarakat Jakarta Pusat yang langsung menjadi responden yaitu sebanyak 165 responden. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi resiko memberikan pengaruh yang signifikan sebesar 15,5% terhadap niat beli konumen. Persepsi manfaat memberikan pengaruh yang signikan sebesar 11,2% terhadap niat beli konsumen. Adapun secara bersama-sama, persepsi resiko dan persepsi manfaat signifikan berpengaruh terhadap niat beli sebesar 21,7%

Keywords


Persepsi Resiko; Persepsi Manfaat; Niat Beli

Full Text:

PDF

References


Forsythe, S. M & B. Shi. 2008. Consumer Patonage and Risk Perceptions in Internet Shopping.

Journal of Business Research, Vol. 56:867-875, 2008

Hair, Jr et.al. 2010. Multivariate Data Analysis (7th ed). United States : Pearson. Kotler, P. 1999. Manajemen Pemasaran Edisi 9. Indonesia: Indeks

Li, N & Zhang P. 2002. Consumer Online Shopping Attitudes and Behavior: an Assessment of Research. Proceedings of Eight American Conference on Information Systems, p. 508-517.

Malhotra. 2007. Marketing Research An Applied Orientation. International. Edition: Pearson

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Stephen L. Vargo, Robert F.Lusch. 2004. Evolving to a New Dominant Logic for Marketing. Journal of Marketing:January 2004, Vol.68, No.1, pp.1-17

Suntara. 1998. Memahami Minat Beli konsumen. Majalah Usahawan. No. 10.

Wang, C.-C., & Chang, Y.-T. 2010. Cyber relationship motives: Scale development and validation. Social Behavior and Personality: An international journal, 38(3), 289-300




DOI: https://doi.org/10.31334/abiwara.v2i2.1664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

_____________________________________________

Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis

E - ISSN 2686-1577

Terbit setiap Maret dan September

Penerbit : Program Studi Administrasi Bisnis Program Vokasi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Jl. Mardani raya No. 73 Johar Baru, Jakarta Pusat  » Tel / fax : (021) 422 8868

Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/ABIWARA