Manajemen Komunikasi Digital Perencanaan, Aktivitas dan Evaluasi Asosiasi Konten Kreator Indonesia dalam Meningkatkan Omset Bisnis UMKM
Abstract
Media digitization occurs in various aspects of life, including the MSME business sector. The economic and business sectors of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) have felt the impact since the enactment of Large-Scale Social Restrictions since March 15, 2021 until now the Imposition of Restrictions on Community Activities is in effect in Indonesia.
The purpose of this study was to determine the Digital Communication Management Planning, Activities and Evaluation of the Indonesian Content Creator Association in Improving MSME Business. The object of this research is the Chairman of the Indonesian Content Creators Association Mr. Aditya Ramadhan, S.Ds. Research Methods Using Phenomenological Research Methods Edmund Husserl. With the concept of intentionality, Husserl confirmed phenomenology as a scientific method that does not begin with doubt, but is directed at what is actually the truth of experience. Meanwhile, for data collection techniques using interviews, observation and documentation.
Based on the Data Findings, Data Results and Discussions that the researchers have conveyed, it can be concluded that the Indonesian Content Creator Association has implemented Digital Communication Management both from Planning, Activities and Evaluation in helping to increase MSME Business Turnover. From Planning, you have done Market Research first and then carry out content creation activities with keyword analysis, content planning and content creation. Then, promotion was carried out through organic media such as the concept of email blast, IG Story, FB Story and Facebook page.
Digitalisasi media terjadi di berbagai aspek kehidupan, termasuk sektor bisnis UMKM. Sektor Ekonomi dan Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) begitu terasa dampaknya sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar sejak 15 Maret 2021 sampai saat ini diberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berlaku di Indonesia.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Manajemen Komunikasi Digital Perencanaan, Aktivitas dan Evaluasi Asosiasi Konten Kreator Indonesia dalam Meningkatkan Bisnis UMKM. Objek dalam penelitian ini adalah Ketua Asosiasi Konten Kreator Indonesia Bapak Aditya Ramadhan, S.Ds. Metode Penelitian Menggunakan Metode Penelitian Fenomenologi Edmund Husserl. Dengan konsep mengenai intensionalitas, Husserl mengukuhkan fenomenologi sebagai metode ilmu pengetahuan yang tidak dimulai dengan keraguan, tetapi keterarahan pada apa yang sesungguhnya menjadi kebenaran pengalaman. Sementara untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan Temuan Data, Hasil Data dan Pembahasan yang sudah peneliti sampaikan, Maka dapat diambil kesimpulan bahwa Asosiasi Konten Kreator Indonesia telah menjalankan Manajemen Komunikasi Digital Baik dari Perencanaan, Aktivitas dan Evaluasi dalam membantu meningkatkan Omset Bisnis UMKM. Dari Perencanaan sudah melakukan Riset Pasar terlebih dahulu kemudian melakukan aktivitas pembuatan konten dengan analisis kata kunci, perencanaan konten dan kreasi konten. Kemudian dilakukan promosi melalui media organik seperti konsep email blast, IG Story, FB Story dan Halaman Facebook.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Nasrullah. Rulli. 2021. Manajemen Komunikasi Digital Perencanaan, Aktivitas, dan Evaluasi.
Jakarta. Prenada Media Group
Poespowardojo dan Seran. 2016. Filsafat Ilmu Pengetahuan Hakikat Ilmu Pengetahuan, Kritik
Terhadap Visi Positivisme Logis, serta Implikasinya. Jakarta. PT. Kompas Media
Nusantara
Ronda. Mirza. 2018. Tafsir Kontemporer Ilmu Komunikasi Tinjauan Teoritis Epistemologi
Aksiologi. Jakarta. Indigo Media bekerja sama dengan Yayasan Kompatibel.
Sugiyono dan Lestari. 2021. Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara
Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional. Bandung. Alfabeta
JURNAL :
A Rizaldi1, F Margareta2*, K Simehate3, S N Hikmah4, C N Albar5, A A Rafdhi6. 2021. Digital Marketing as a Marketing Communication Strategy. International Journal of Research and Applied Technology1(1)(2021) 61-69
https://ojs.unikom.ac.id/index.php/injuratech/article/view/5639/2626 (Diakses pada Selasa 11 Januari 2022 Pukul 23.53 WIB)
Alfelia Nugky Permatasari, Endang Soelistiyowati, I Gusti Ayu Putu Puji Suastami, Riski Apriliani Johan. 2021. Digital Public Relations: Trend and Required Skills. Jurnal ASPIKOM Home > Vol 6, No 2 (2021) > https://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/836 (Diakses pada Rabu 12 Januari 2022 Pukul 0.53 WIB)
Dewi K Soedarsono, Bahtiar Mohamad, Adamu Abbas Adamu, Kennia Aline Pradita. 2020. Managing Digital Marketing Communication of Coffee Shop Using Instagram. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 14(05), pp. 108–118. https://online-journals.org/index.php/i-jim/article/view/13351 (Diakses pada Rabu 12 Januari 2022 Pukul 0.37 WIB)
Diana Fitri Kusuma, Mohamad Syahriar Sugandi. 2018. Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi Universitas Padjajaran Vol. 3 No. 1 https://jurnal.unpad.ac.id/manajemen-komunikasi/article/view/12963 (Diakses Senin 10 Januari 2022 Pukul 15.37 WIB)
Dam Hee Kim, Meera Desai. 2021. Are Social Media Worth It for News Media?: Explaining News Engagement on Tumblr and Digital Traffic of News Websites. International Journal on Media Management Volume 23, 2021 - Issue 1-2 https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/14241277.2021.1958820?scroll=top&needAccess=true (Diakses Rabu 12 Januari 2022 Pukul 00.09 WIB
Danilo Tauro, Umberto Panniello, Roberta Pellegrino. 2021. Risk Management in Digital Advertising: An Analysis from the Advertisers’ Media Management Perspective. International Journal on Media Management Volume 23, 2021 - Issue 1-2 https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/14241277.2021.1960532 (Diakses pada Rabu 12 Januari 2022 Pukul 0.24 WIB)
Dinn Wahyudin, Deni Darmawan, Edi Suryadi, Linda Setiawati, Yulia Rahmawati. 2021. Digital Strategic Communication Management in Developing Curriculum of Universitas Pendidikan Indonesia. Journal of Hunan University Natural Sciences
http://www.jonuns.com/index.php/journal/article/view/769 (Diakses Minggu 9 Januari 2022 Pukul 23.39 WIB)
Gatut Priyowidodo, Chory Angela Wijayanti, Titi Nur Vidyarini. 2019. THE COMMUNICATION STRATEGY OF DIGITAL-BASED MEDIA ORGANIZATIONS. JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA ISSN: 1978-5003 e-ISSN: 2407-6015.
file:///C:/Users/hp/Downloads/3272-13376-3-PB.pdf (Diakses pada Minggu 9 Januari 2022 Pukul 23.25 WIB)
Nindyta Aisyah Dwityas1 , Ahmad Mulyana2 , Sri Hesti3 , Rizki Briandana4 , Putrianti Mungi Kurniasari5. 2020. Digital Marketing Communication Strategies: The Case of Indonesian News‘ Portals. International Journal of Economics and Business Administration Volume VIII, Issue 3, 2020 Page 307-316
file:///C:/Users/hp/Downloads/Digital%20Marketing%20Communication%20Strategies_%20%20The%20Case%20of%20Indonesian%20News%E2%80%98%20Portals.pdf (Diakses pada Senin 10 Januari 2022 Pukul 14.14 WIB)
ROBIN MANSELL. W. EDWARD STEINMUELLER. 2020. Denaturalizing Digital Platforms: Is Mass Individualization Here to Stay?. International Journal of Communication 16(2022), 461–481 file:///C:/Users/hp/Downloads/13093-61223-1-PB.pdf (Diakses Senin 10 Januari 2022 Pukul 14.41 WIB)
Sagar Dua. 2017. Digital Communication Management The World is Going Digital. International Journal of Recent Research Aspects ISSN: 2349-7688, Vol. 4, Issue 3, Sept 2017, pp. 50-53
https://www.ijrra.net/Vol4issue3/IJRRA-04-03-10.pdf (Diakses Minggu 9 Januari 2022 Pukul 23.10 WIB)
DOI: https://doi.org/10.31334/abiwara.v3i2.2229
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
_____________________________________________
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis
E - ISSN 2686-1577
Terbit setiap Maret dan September
Penerbit : Program Studi Administrasi Bisnis Program Vokasi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Jl. Mardani raya No. 73 Johar Baru, Jakarta Pusat » Tel / fax : (021) 422 8868
Email : [email protected]
Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/ABIWARA