Strategi Peningkatan Cakupan Pelayanan Administrasi Perumda Tirta Patriot Kota Bekasi
Abstract
Perumda Tirta Patriot adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di bidang pelayanan air bersih melalui jaringan perpipaan. Saat ini cakupan pelayanan Perumda Tirta Patriot masih belum maksimal sehingga dibutuhkan adanya strategi guna meningkatkan cakupan pelayanan administrasi. Strategi peningkatan cakupan pelayanan administrasi Perumda Tirta Patriot bertujuan untuk menganalisa strategi, mengevaluasi entitas penghambat dan pendorong, serta solusi dari permasalahan yang ada di Perumda Tirta Patriot. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan permasalahan seperti belum maksimalnya pengembangan jaringan perpipaan, penyelesaian pengaduan yang belum efektif, dan sumber air baku yang kurang baik. Permasalahan jaringan perpipaan dapat diselesaikan dengan strategi seperti kerjasama dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan swasta, serta ikut serta dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) Jatiluhur 1. Dalam penelitian ini ditemukan entitas penghambat seperti seperti air kecil, air keruh, air mati, dan tekanan air pada jaringan yang belum stabil serta kualitas air baku yang kurang baik. Entitas pendorong yang ditemukan adalah komunikasi yang baik dengan stakeholder yang memberikan kesempatan untuk bekerjasama dalam rangka perbaikan dan pengembangan pelayanan air bersih Perumda Tirta Patriot. Dalam penyelesaian pengaduan dilakukan pengecekan lokasi oleh petugas dan pemetaan wilayah prioritas perbaikan jaringan untuk kedepannya didahulukan pemasangan alat pendorong tekanan air. Semua strategi tersebut diimplementasikan melalui kebijakan pimpinan perusahaan berdasarkan aturan yang berlaku.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
B. Merriam, Sharan & Robin S. Grenier. (2019). Qualitative Research in Practice: Examples for Discussion and Analysis. Amerika: Jossey-bass.
Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum. (2019). PDAM Sehat dan Mandiri Melalui Kerjasama Investasi. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Creswell, John W, J. David Creswell. (2018). Research Desaign Qualitative, Quantitative, dan Mixed Methods Approaches. Los Angeles: C&M Digitals (P) Ltd.
Haerana dan Burhanuddin. (2022). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Raja Grafindo Persada, PT.
Huston, Angel, Susan Gaskin, Jane Nabunnya, Patrick Moriarty & Martin Watsisi. (2023). Scenarios for public systems transition using learning alliances: the case of water supply in Uganda, INTERNATIONAL JOURNAL OF WATER RESOURCES DEVELOPMENT, 2023, Vol. 39, No. 1, 48–69
Irianto, Ketut. (2015). Pengelolaan Air (Diktat). Bali: Manajemen System.
Junaidah. (2022). Implementasi Manajemen Strategis Dalam Pendidikan Tinggi Islam. Bandar Lampung: AURA Anugrah Utama Raharja, CV.
Kotler, Philip, et al. (2012). Marketing Management An Asian Perpective (Sixth Edition). Singapore: Person Education South Asia Pte Ltd.
Maser, Agrifa, Willy Tri Hardianto, Tribhuana Tungga Dewi. (2023). Strategi PDAM Dalam Meningkatkan Kualitas Air Bersih Untuk Menunjang Pembangunan di Kota Wisata Batu. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2017, VOL. 6, No. 2, ISSN 2442-6962
Maulidiah, Sri. (2019). Pelayanan Publik, Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Bandung: Indra Prahasta, CV.
Mukarom, Zaenal & Muhidin Wijaya. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Pustaka Setia.
Pemerintah Kota Bekasi, Peraturan Daerah Kota Bekasi Nomor 01 Tahun 2021 tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Patriot.
Putra, I Gusti. (2017). Analisa SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Keunggulan Pada UD. Kacang Sari di Desa Tamblang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Volume 9 Nomor 2 e-ISSN 2599-1418.
Rachman, Marjoni. (2021). Manajemen Pelayanan Publik. Samarinda: Tahta Media Group.
Ratang, Sarlota A. (2018). Kajian Strategis Dalam Meningkatkan Kinerja PDAM Kota Jayapura. Jurnal Kajian Ekonomi dan Studi Pembangunan, 2015, VOL. 2, No. 1, 24-40
Rawung, Charla Regina., Sarah Sambiran., Stefanus Sampe. (2023). Efektivitas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam Peningkatan Pelayanan Kebutuhan Air Bersih Pada Masyarakat (Studi Kasus PDAM Kota Tomohon). Jurnal Governance Vol.3, No. 1, 2023.
Riyanto, Slamet. (2021). Analisis SWOT. Yogyakarta: Bintang Surya Madani, CV.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.
Tjiptono, Fandi. (2008). Service Management Mewujudkan Pelayanan Prima. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Utiarahman, Arfan. (2017). Prasarana Air Bersih PDAM. Gorontalo: Ideas Publishing.
Venkatachalam, L. (2015). Informal water markets and willingness to pay for water a case study of the urban poor in Chennai City India. International Journal of Water Resources Development, Vol. 31, No. 1, 134–145.
Wiraswata, I Gusti, I Gusti Ayu, I Made Tamba. (2018). Analisis SWOT (Kajian Perencanaan Model, Strategi, dan Pengembangan Usaha. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Press.
Wright-Contreras, Lucía, Julie Perkins, Maria Pascual & Gerard Soppe. (2020). Water operators’ partnerships and their supporting role in the improvement of urban water supply in Da Nang. International Journal of Water Resources Development, 2020, Vol. 36, No. 1, 1–26.
Wulandari, Neng Sandra Ayu. (2019). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Penyedia Air Bersih Oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh Kabupaten Ciamis. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Volume 6 Nomor 3 e-ISSN 2614-2945.
DOI: https://doi.org/10.31334/abiwara.v6i1.4218
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
_____________________________________________
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis
E - ISSN 2686-1577
Terbit setiap Maret dan September
Penerbit : Program Studi Administrasi Bisnis Program Vokasi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Jl. Mardani raya No. 73 Johar Baru, Jakarta Pusat » Tel / fax : (021) 422 8868
Email : [email protected]
Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/ABIWARA