Evaluasi Kebijakan Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dan Menguatnya Literasi Numerasi di Sekolah Penggerak SMA Negeri Jakarta Utara

Sriyono Sriyono, Safri Nurmantu

Abstract


This research is about the Evaluation of the Independent Curriculum Policy in Realizing the Profile of Pancasila Students and the strengthening of numeracy literacy in the driving school of North Jakarta State High School. The purpose of this study is to evaluate the independent curriculum policy in realizing the profile of Pancasila students and the strengthening of numeracy literacy. The research method used is descriptive qualitative. This research uses observation, interviews, and documentation as tools to collect data. The results of this study indicate the success of the Merdeka Curriculum in realizing the profile of Pancasila students and strengthening numeracy literacy in students effectively, efficiently, adaptively, equitably, responsively and according to the demands of needs. In intracurricular learning, the process takes place efficiently or saves time, energy and costs because the discussion of the material is in accordance with learning outcomes. The Strengthening Pancasila Profile Project is less efficient, because it takes up to 25% of the time allocated for the overall curriculum schedule


Keywords


Policy Evaluation; Independent Curriculum; Pancasila Learner Profile; Numeracy Literacy

Full Text:

PDF

References


Agustina, A., & Appulembang, Y. A. (2017). Pengaruh pola asuh terhadap kualitas hidup siswa pelaku tawuran. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 210-215.

Alexandri, M. B. (2020). Evaluasi Kebijakan Program Keluarga Harapan Di Kecamatan Cakung Jakarta Timur Tahun 2019. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(2), 237-244.

Anggraini, K. E., & Setianingsih, R. (2022). Analisis kemampuan numerasi siswa sma dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum (AKM). MATHEdunesa, 11(3), 837-849.

Arnett, J. (1992). Reckless behavior in adolescence: A developmental perspective. Developmental Review, 12, 339-373.

Aulia, W. (2024). Penyebab Kenakalan Remaja di Cipongkor. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen, 3(1), 409-414.

Aziz, Y. U. K. (2019). Pengaruh Efektifitas Perda No. 5 Tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan Dan Pengelolaan Perpustakaan Terhadap Meningkatnya Minat Baca Masyarakat Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Surabaya: Jurusan Filsafat Politik Islam fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya.

Bachruddin, W., Kalalo, F., & Kundre, R. (2017). Pengaruh penyuluhan tentang bahaya seks bebas terhadap pengetahuan remaja tentang seks bebas di SMA Negeri Binsus 9 Manado. Jurnal Keperawatan, 5 (1).

Bandura, A. (1973). Aggression: A social learning analysis. prentice-hall.

Dalmeri, D. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating For Character). Al-Ulum, 14(1), 269-288.

Damayanti, E. (2023). Pencegahan Sikap Intoleransi Pada Siswa Melalui Penguatan Pendidikan Pacasila.

Dye, T. R. (1992). Understanding public policy. (No Title).

Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I.

A. (2022). Analisis Evaluasi kebijakan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 686–692.

Girsang, J. M. B., Al Zahro, N., & Nasution, R. K. (2024). Strategi Efektif dalam Meningkatkan Minat Baca pada Anak SD Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 25402-25406.

Hidayat, A. (2021). Kekerasan terhadap Anak dan Perempuan. AL MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 8(1), 22-33.

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan …, 2(1), 76–84.

Karlina, L. (2020). Fenomena terjadinya kenakalan remaja. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 147-158.

Leonard, A., Gunawan, D., Widodo, E. R., & Purnawinarni, E. (2021). Tunas Pancasila. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Liana, L. T. W., & Adolf, L. L. (2019). Penyalahgunaan konsumsi alkohol pada minuman keras bagi remaja terhadap kesehatan.

McKenzie, J. F., Pinger, R. R., & Kotecki, J. E. (2006). Kesehatan Masyarakat, Suatu Pengantar Edisi 4. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC

Muliardi, M. (2023). Mengembangkan kreativitas dan karakter bangsa melalui Kurikulum Merdeka di Madrasah. Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 2(1), 1-12.

Nisa, S., Zulkardi, Z., & Susanti, E. (2019). Kemampuan penalaran statistis siswa pada materi penyajian data histogram melalui pembelajaran PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 21-40.

Permata, J. T., & Nasution, F. Z. (2022). Perilaku Bullying Terhadap Teman Sebaya Pada Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 614-620. Purbanto, H., & Hidayat, B. (2023). Systematic Literature Review: Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja dalam Perspektif

Psikologi dan Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 1-13.

Rahmat, D. (2014). Problematika Geng Motor di Kabupaten Kuningan dalam Prespektif Sosiologi Hukum. Unifikasi: Jurnal Ilmu Hukum, 1(1).Riani, D., Mayuni, I., & Sulistyaningrum, S. D. (2018). Cultural Literacy Praxis In Teaching And Learning English At Smpn 14 Padang (Case Study). IJLECR (International Journal of Language Education and Cultural Review), 4(2), 137-142.

Rohmah, S., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2020). The effect of the treffinger learning model on mathematical connection ability students viewed from mathematical resilience. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(5), 275-284.

Rohman, A. F. (2023). Bimbingan Islam Melalui Positive Reinforcement Untuk Mencegah Kenakalan Remaja di Smk Negeri 1 Kedungwuni (Doctoral dissertation, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan).

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila: Sebuah orientasi baru pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076- 7086.

Salet, D. L., Nursiani, N. P., Salean, D. Y., & Fanggidae, R. E. (2023). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan Puskesmas Oesapa Kupang. GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 4(2), 185-201.

Sari, F. B., Amini, R., & Mudjiran, M. (2020). Lembar kerja peserta didik berbasis model integrated di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4)

Satriawan, W., Santika, I. D., & Naim, A. (2021). Guru penggerak dan transformasi sekolah dalam kerangka inkuiri apresiatif. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 1-12.

Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran guru penggerak dalam pendidikan merdeka belajar di indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88-99.

Sufyadi, S., Lambas, L., Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., Novrika, S., Iswoyo, S., ... & Mahardhika, R. L. (2021). Pembelajaran paradigma baru.

Sumardyono, S., Priatna, N., Anggraena, Y., & Khimawati, M. N. (2017). Modul pengembangan keprofesian berkelanjutan guru matematika smp terintegrasi penguatan pendidikan karakter: c kelompok kompetensi.

Syafi’i, F. F. (2022, January). Merdeka belajar: sekolah penggerak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Tahir, I., & Tahir, I. (2020). Perkembangan Pemahaman Radikalisme di Indonesia. Jurnal Ilmiah Administrasi Pemerintahan Daerah, 12(2), 74-83.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal ilmiah mandala education, 6(1).

Berita Satu. https://www.beritasatu.com/news/352007/82-siswa-sma-di-jakarta-positif-narkoba Diakses pada 20 Juli 2024 pukul 15.41 WIB

Databokshttps://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/20/ada-30-kasus-bullying-sepanjang-2023-mayoritas-terjadi-di-smpDiakses pada 20 Juli 2024 pukul 15.12 WIB

Detiknews.com https://news.detik.com/berita/d-7438378/pemuda-bojonegoro-tewas-terpelanting-ke-selokan-saat-kabur-dikejar-geng-motor Diakses pada 20 Juli 2024 pukul 16.19 WIB.

Dunn, W. N. (2018). Public policy analysis. Sixth edition.Dw.com. https://www.dw.com/id/melihat-nasib-kaum-minoritas-dari-kasus-persekusi-di-tangsel/a-69022249 Diakses pada 20 Juli 2024 15.26 WIB

Kompas Regional https://regional.kompas.com/read/2023/02/01/215007178/diduga-melakukan-bullying-8-siswi-di-karanganyar-dilaporkan-polisi-oleh.

Diakses pada 20 Juli 2024 pukul 15.10 WIB.Kompas.com https://megapolitan.kompas.com/read/2023/01/21/17320471/12-remaja-di-jagakarsa-ditangkap-saat-sedang-pesta-miras-dan-hendak Diakses pada 20 Juli 2024 pukul 16.12 WIB Kompas.com https://megapolitan.kompas.com/read/2024/07/18/22151171/pelajar-tewas-tertabrak-kereta-saat-tawuran-di-kedoya Diakses pada 20 Juli 2024 pukul 16.34 WIB Kompas.com https://www.kompas.com/edu/read/2024/05/02/193335671/hardiknas-2024-fsgi-ingatkan-masih-tingginya-kasus-kekerasan-di-sekolahDiakses pada 20 Juli 2024 pukul 15.33 WIB

Kumparan.com https://kumparan.com/wiralumbangaol20041212/tren-seks-bebas-di-kalangan-remaja-1yySq0vy6Su/4 Diakses pada 20 Juli2024 pukul 16.02 WIB

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi. (2021). Platform Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/

Sindonews.com https://metro.sindonews.com/read/1093779/170/12-juta-pengguna-narkoba-di-jakarta-forum-pemuda-betawi-gelar-deteksi-dini-ke-pelajar-1683702348 Diakses pada 20 Juli 2024 pukul 15.44WIB

Tirto.id https://tirto.id/awas-ini-daftar-kasus-bullying-anak-di-sekolah-indonesia-2023-gMdf Diakses pada 20 Juli 2024 pukul 15.11 WIB




DOI: https://doi.org/10.31334/abiwara.v6i1.4219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

_____________________________________________

Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis

E - ISSN 2686-1577

Terbit setiap Maret dan September

Penerbit : Program Studi Administrasi Bisnis Program Vokasi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Jl. Mardani raya No. 73 Johar Baru, Jakarta Pusat  » Tel / fax : (021) 422 8868

Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/ABIWARA