Implementasi Kebijakan Sistem Informasi Terpadu (SITEPU) dalam Pengelolaan Laporan Bulanan Posyandu di Kelurahan Curug Kecamatan Bojongsari Kota Depok
DOI:
https://doi.org/10.31334/abiwara.v6i1.4221Keywords:
Implementasi, Kebijakan, Sistem Informasi TerpaduAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisa dan mengevaluasi bagaimana Implementasi Kebijakan Sistem Informasi Terpadu (SITEPU) Dalam Pengelolaan Laporan Bulanan Posyandu di Kelurahan Curug Kecamatan Bojongsari Kota Depok serta hambatan-hambatan dan upaya-upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi pustaka dengan 6 orang informan. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi Kebijakan Sistem Informasi Terpadu (SITEPU) Dalam Pengelolaan Laporan Bulanan Posyandu di Kelurahan Curug Kecamatan Bojongsari Kota Depok terlaksana sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Hambatan-hambatan yang ditemukan adalah adalah kurangnya kemampuan para kader dalam menggunakan aplikasi, kurangnya pelatihan terkait kegiatan yang dikerjakan, dan rendahnya sarana dan prasarana. Upaya-upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan ini adalah dengan melakukan pelatihan kepada para kader, melakukan sosialisasi kepada warga, dan meningkatakan sarana dan prasarana.
References
Bastian, Indra. 2014.Sistem Pengendalian Manajemen Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.
Beni Ahmad Saebani.2016 Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Brotosaputro, B. 2012. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Semarang. Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2013. Marketing Managemen And Service, Quality Satisfaction, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen And Service, Quality Satisfaction, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Lupiyoadi Rambat, 2013. Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.
Mardiasmo. 2017.Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Andi Offset.
Mukarom, Zaenal dan Muhibudin Wijaya Laksana. 2015. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV Pustaka Setia.
Mulyadi, Deddy, 2015. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan PublikKonsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.
Siagian, 2013, Manajemen Sumber daya Manusia, Jakarta : Bumi aksara. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakatrta : Bumi Aksara.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Afabeta.
Syarif, Mohamad. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Jurnal:
A.H. Rahadian (2018).Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Iklim Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Di Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Barat. Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi.
Agus Rusman (2017) dengan Judul : “Efektivitas Pelaksanaan Posyandu Sebagai Pusat Informasi Kesehatan Ibu dan Anakâ€.Iram Barida Maisya (2010) dengan Judul : “Peran Kader Dan Klian Adat Dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Posyandu (Studi Kasus Di Kabupaten Badung, Gianyar, Klungkung, dan Tabanan).
Albertina Novi, Mary Ismowati (2018). Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Iklim Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Di Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Barat Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi.
Bambang Irawan (2016) Organizational Capacity Development to Respond to Social Services for Homeless Children. 144.
Mari Ismowaty (2016).Kajian Urgency Publik Private Patnership Di Kota Bandung. Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi.
Mary Ismowati, R. Mardiyanto (2018) “Analisis Indeks kepuasan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan kepuasan Pelayanan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Kota Baru kabupaten Karawang. Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publikâ€.
Mary Ismowati, S Sulatifah (2019) “Analisis Faktor Kualitas Pelayanan di Kelurahan Jatikarya Kecamatan Jatisampurna Kota BekasiTransparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasiâ€.
Risda Monica (2017) The titel :“Positive deviance Approach for Attendance Improvement of Integrated Health Post Targetâ€.
Wahyudin Latunreng (2017) Management Control Systems with in Sustainable Ecotourism: A Study of Belitung.
Undang-Undang:
KEMENPAN Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Keputusan Menteri Negara Aparatur Negara No. 63 Tahun 2003, tentang pelayanan ialah semua bentuk aktivitas pelayanan yang dilaksanakan oleh lembaga pemerintah di pusat, di daerah maupun di lingkungan badan usaha milik negara atau daerah dalam wujud barang maupun jasa dalam rancangan pemenuhan kepentingan masyarakat dan dalam rancangan pelaksanaan ketetapan peraturan perundang-undangan.
Peraturan Gubernur (PERGUB) Provinsi Jawa Barat Nomor 66 Tahun 2020 tentang Revitalisasi Pos Pelayanan Terpadu Di Daerah Provinsi Jawa Barat. Departemen Kesehatan RI.2006 tentang Posyandu.
Peraturan Walikota (PERWALI) Kota Depok Nomor 89 Tahun 2019 tentang Rencana StrategisBadan Layanan Umum Daerah Pusat Kesehatan Masyarakat Di Lingkungan Pemerintah Daerah Kota Depok Tahun 2020-2021.
Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009, Bab I Pasal I ayat (1) tentang pengertian pelayanan adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan.
Undang-Undang Republik Indonesia nomor 11 tahun 2009 tentang ketentuan-ketentuan p A. Shabri, “Sistem Monitoring Kesehatan
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Please find the rights and licenses in Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1.License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
2.Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3.User Rights
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis on distributing works in the journal and other media of publications.
4.Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis will only communicate with the corresponding author.
5.Miscellaneous
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.