Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja, dan Pengawasan Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Islam Daarul Arham Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor

Authors

  • Hosyiana Hosyiana Program Studi Ilmu Administrasi, Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI, Jakarta
  • Eric Hermawan Program Studi Ilmu Administrasi, Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31334/abiwara.v6i2.4635

Keywords:

Motivasi, Disiplin Kerja, Pengawasan, Kinerja Guru.

Abstract

Penelitian ini adalah mengenai Motivasi, Disiplin Kerja, dan Pengawasan yang dapat meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Islam Daarul Arham Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengevaluasi seberapa besar pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja, dan Pengawasan terhadap Kinerja Guru baik secara parsial atau secara simultan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pegawai yang berjumlah 30 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Motivasi (X1), Disiplin Kerja (X2), dan Pengawasan (X3) sedangkan variabel terikatnya adalah Kinerja Guru (Y). Analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS Versi 25. Berdasarkan penelitian ini pengaruh Motivasi (X1), terhadap Kinerja Guru (Y) besarnya pengaruh yaitu 0,211 atau 21,1%. Kemudian Disiplin Kerja (X2) terhadap Kinerja Guru (Y) besarnya pengaruh yaitu 0,234 atau 23,4%. Selanjutnya pengaruh Pengawasan (X3) terhadap Kinerja Guru (Y) dengan besarnya pengaruh yaitu 0,237 atau 23,7%. Sedangakan Pengaruh Motivasi (X1) Disiplin Kerja (X2), dan Pengawasan (X3) secara simultan terhadap Kinerja Pegawai (Y) adalah 0,259 atau 25,9%.

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles