Analisa SWOT sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Perencanaan Pariwisata melalui Pendekatan 5A Potensi Wisata di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

Kurniawan Gilang Widagdyo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan arahan perencanaan pariwisata melalui Analisa SWOT yang di konstruksikan dari pendekatan 5A potensi wisata pada Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Data primer didapat melalui pengamatan langsung serta wawancara mendalam dengan pengunjung, pelaku usaha wisata serta pengelola tempat wisata terkait tanggapan atas elemen 5A potensi wisata. Hasil yang didapat 5A potensi yang terdiri dari Akomodasi, Atraksi, Aktivitas, Akses, dan Amenitas telah terpenuhi dan uraian perencanaan pariwisata yang di analisa menggunakan matrix SWOT diataranya strategi SO: fokus dan optimalisasi kawasan sebagai cagar budaya. Strategi WO mengarahkan agar fokus pada penataan kawasan. Sementara itu strategi ST berfokus pada mempertahankan kawasan sebagai sumber resapan air serta pencegahan eksploitasi sumber daya air secara berlebihan. Adapun strategi WT di fokuskan pada pengawasan serta edukasi kepada penduduk setempat untuk senantiasa menjaga kebersihan dan pengelolaan limbah rumah tangga.

Keywords


Perencanaan Pariwisata; Pendampingan masyarakat ; Triangulasi;

Full Text:

PDF

References


Australia, T. W. (2008). Five A’s Of Tourism. Tourism Western Australia.

Fauziah, N. (2015). Efektivitas Penggunaan Alat Bantu Reaksi Gerakan Tangan Bagi Kaum Disabilitas. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Herayomi, I. (2016). peran pemuda dalam pengembangan desa wisata di desa kebonagung, kecamatan imogiri, kabupaten bantul, DIY. Daerah Istimewa Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Muchtar, A. (2016, Juni 28). Konservasi Arsitektur Kawasan Setu Babakan. Diambil kembali dari arsendal: https://ahmadmuchtar19.blogspot.com/

Parawansah, D. S., Tyawardani, V. M., & Ramadanti, L. D. (2022). Peran Komponen 5A Pada Kepuasan Pengunjung (Studi Empiris Destinasi Wisata Taman Bunga Celosia). Seminar Nasional Akuntansi dan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga, 66-77.

Qodriyah, R. H. (2020). Analisis SWOT Sebagai Penentu Strategi Pemasaran Pada Café & Resto. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.

Romdonih, F. (2019). Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Terhadap Industri Pariwisata Di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Serengseng Sawah Jagakarsa Jakarta Selatan Provinsi DKI Jakarta. JENIUS. Vol. 2, No. 3, Mei 2019, 374-394.

Simanungkalit, V. (2017). Buku Panduan Pengembangan Desa Wisata Hijau. Jakarta: Asisten Deputi Urusan Ketenagalistrikan dan Aneka Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Wahyuni, D. (2018). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran,. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial.




DOI: https://doi.org/10.31334/jd.v4i2.3082

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/jd.v4i2.3082.g1522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Destinesia : Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

____________________________________________

Destinesia : Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata

Bulan Terbit

  • Maret dan September

Email:

Penerbit :

  • Program Studi Hospitaliti dan Pariwisata dan LPPM Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Alamat :

  • Jl. Pangkalan Asem Raya No. 55 Cempaka Putih Jakarta Pusat 10530 Telp: (021) 4213380