Determinan dari Minat Berkarir Mahasiswa pada industri pariwisata

Antonius Adi, Herry Windawaty, Stella Permata, Jennifer Jennifer

Abstract


Pendidikan tinggi merupakan salah satu penyedia SDM yang dapat membantu untuk dapat menyediakan kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas. Perguruan tinggi atau universitas harus dapat menjawab tantangan dari persiapan karir dari para peserta didik dengan cara menerapkan pengembangan keterampilan di dalam kurikulumnya dan bekerja sama dengan pelaku industri. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara Minat karir di masa depan  dengan kepuasan peserta magang, kepuasan peserta magang dan kualitas program magang dan kepuasan peserta magang sebagai mediator dari Kualitas program magang dan minat berkarir dari peserta magang di masa depan. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis untuk menganalisa hubungan antar variabel dengan time-setting cross-sectional yang artinya data diambil dalam satu waktu. Metode sampling menggunakan purposive sampling. Kriteria dari responden adalah para mahasiswa/lulusan dari program studi Pariwisata pada Pendidikan tinggi yang sudah menjalani magang. Sampel yang terkumpul adalah sebanyak 163 responden yang sudah pernah melakukan magang. Temuan pada penelitian ini adalah Kepuasan magang memediasi hubungan antara Kualitas Program Magang dari sebuah Hotel dan Minat mahasiswa berkarir di masa depan. Selain itu, ditemukan juga bahwa kualitas program magang berpengaruh positif terhadap kepuasan peserta didik terhadap program magang dan kepuasan program magang berpengaruh positif terhadap minat peserta didik untuk berkarir di industri tempat peserta didik melaksanakan magang. Keterbatasan dari penelitian ini adalah yang pertama, jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 163 sampel sehingga pada penelitian selanjutnya dapat menggunakan jumlah sampel yang lebih besar agar lebih dapat digeneralisasi. Selanjutnya, industri pada penelitian ini masih terbatas pada industri pariwisata, sehingga pada penelitian selanjutnya dapat dilakukan penelitian pada industri lainnya diluar industri pelayanan seperti otomotif, perbankan, dll


Keywords


Future Career Intention; Hotel Interns; Satisfaction; Intership Program Quality; Internship;

Full Text:

PDF

References


A. Farmaki, “Tourism and hospitality internships: A prologue to career intentions?,” J. Hosp. Leis. Sport Tour. Educ., vol. 23, pp. 50–58, Nov. 2018, doi: 10.1016/j.jhlste.2018.06.002.

A. Hermawan, Penelitian Bisnis pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan metode campur. Penerbit Universitas Trisakti, 2013.

Antara, “Indonesia needs competent HR for quality tourism: Minister,” 2023.

A. Zopiatis and P. Constanti, “Managing Hospitality Internship Practices: A Conceptual Framework,” J. Hosp. Tour. Educ., vol. 24, no. 1, pp. 44–51, Jan. 2012, doi: 10.1080/10963758.2012.10696661.

B. Jiang and J. Tribe, “Tourism jobs – short lived professions: Student attitudes towards tourism careers in China,” J. Hosp. Leis. Sport Tour., vol. 8, no. 1, pp. 4–19, May 2009, doi: 10.3794/johlste.81.168.

C.-S. Lee and C.-W. Chao, “Intention to ‘Leave’ or ‘Stay’ – The Role of Internship Organization in the Improvement of Hospitality Students’ Industry Employment Intentions,” Asia Pac. J. Tour. Res., vol. 18, no. 7, pp. 749–765, Oct. 2013, doi: 10.1080/10941665.2012.695290.

F.-C. Chen, E. C. S. Ku, Y.-H. Shyr, F.-H. Chen, and S.-S. Chou, “Job Demand, Emotional Awareness, and Job Satisfaction in Internships: The Moderating Effect of Social Support,” Soc. Behav. Personal. Int. J., vol. 37, no. 10, pp. 1429–1440, Nov. 2009, doi: 10.2224/sbp.2009.37.10.1429.

F. H. Habibie, “Pendidikan Nasional Pariwisata Terhadap Pengembangan Dan Tantangan Dunia Pariwisata”.

N. Wilton, “The impact of work placements on skills development and career outcomes for business and management graduates,” Stud. High. Educ., vol. 37, no. 5, pp. 603–620, Aug. 2012, doi: 10.1080/03075079.2010.532548.

National Association of Colleges and Employers, “Intern Satisfaction The Key To Conversion,” Jun. 01, 2020.

P. Ghosh and D. Jhamb, “How is the influence of hotel internship service quality a measurable factor in student interns’ behavioral intentions? Mediating Role of Interns’ Satisfaction,” J. Teach. Travel Tour., vol. 21, no. 3, pp. 290–311, Jul. 2021, doi: 10.1080/15313220.2021.1912688.

P. K. Chathoth, B. Mak, J. Sim, V. Jauhari, and K. Manaktola, “Assessing dimensions of organizational trust across cultures: A comparative analysis of U.S. and Indian full service hotels,” Int. J. Hosp. Manag., vol. 30, no. 2, pp. 233–242, Jun. 2011, doi: 10.1016/j.ijhm.2010.09.004.

P. Stansbie and R. Nash, “Customizing Internship Experiences by Emphasis Area: The Key to Increased Satisfaction and Motivation in Hospitality and Tourism Management Students,” J. Hosp. Tour. Educ., vol. 28, no. 2, pp. 71–84, Apr. 2016, doi: 10.1080/10963758.2016.1163495.

S. Gössling, D. Scott, and C. M. Hall, “Pandemics, tourism and global change: a rapid assessment of COVID-19,” J. Sustain. Tour., vol. 29, no. 1, pp. 1–20, Jan. 2021, doi: 10.1080/09669582.2020.1758708.

S. Lee, “A Comparison Of Student Perceptions Of Learning In Their Co-op And Internship Experiences And The Classroom Environment: A Study”.




DOI: https://doi.org/10.31334/jd.v5i2.3621

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/jd.v5i2.3621.g1936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Destinesia : Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

____________________________________________

Destinesia : Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata

Bulan Terbit

  • Maret dan September

Email:

Penerbit :

  • Program Studi Hospitaliti dan Pariwisata dan LPPM Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Alamat :

  • Jl. Pangkalan Asem Raya No. 55 Cempaka Putih Jakarta Pusat 10530 Telp: (021) 4213380