Pengaruh Pajak Pertambahan Nilai Dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Terhadap Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Kendaraan Bermotor Roda Empat)
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Buku
Anshori, Muslich dan Sri Iswati (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press
Djaali (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Harjo, Dwikora (2019). Pengantar Perpajakan edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media Kacaribu, Alemina Henuk (2020). Pengantar Ilmu Administrasi. Yogyakarta: ANDI Mukhtazar (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Absolute Media
N. Purnomo, R.Soerjatno (2021). PPN & PPnBM (Pajak Pertambahan Nilai & Pajak Penjualan Atas Barang Mewah). (t.t.): Nas Media Pustaka
Revida, Erika et al (2020). Teori Administrasi Publik. (t.t.): Yayasan Kita Menulis
Roflin, Eddy et al (2021). Populasi, Sampel, Variabel dalam penelitian kedokteran.Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management
Saragih, Megasari Gusandra et al (2021). Metode Penelitian Kuantitatif: Dasar – Dasar Memulai Penelitian. (t.t): Yayasan Kita Menulis
Zarkasi (2015). Pengangguran, Inflasi, dan Daya Beli. Pontianak: STAIN Pontianak Press
Jurnal
Badan Pusat Statistik Kabupaten Bekasi (2021). “Jumlah kendaraan bermotor umum dan bukan umum untuk bpkb menurut cabang pelayanan di Jawa Barat 2018” https://bekasikab.bps.go.id/statictable/2021/07/06/2069/jumlah-kendaraan- bermotor-umum-dan-bukan-umum-untuk-bpkb-menurut-cabang-pelayanan-di- jawa-barat-2018.html . Diakses 30 Maret 2022
Direktorat Jenderal Kependudukan dan Sipil (2022). “273 Juta Penduduk Indonesia Terupdate Versi Kemendagri”. Diakses pada https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/1032/galleryVideo . Diakses 18 Mei 2022
Erawati, Riski. 2017. PENGARUH PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) DAN PAJAK PENJUALATAN ATAS BARANG MEWAH (PPnBM) TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN (Studi Empiris Kendaraan Bermotor Roda Empat Wilayah Kota Kediri).(Simki-Economic Vol. 01 No. 05)
Gaikindo (2022). “GAIKINDO: Penjualan Mobil per November Tembus 790 Ribu Unit”. Diakses pada https://www.gaikindo.or.id/gaikindo-penjualan-mobil-per-november- tembus-790-ribu-unit/. Diakses 30 Maret 2022
Hasibullah, Nurul Arfiah et al. 2020. ANALISIS PENGARUH PPN, PPNBM, DAN PKB DENGAN TARIF PROGRESIF TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN KENDARAAN BERMOTOR RODA EMPAT DI MAKASSAR. (Journal Of Accounting & Finance (Jaf), Vol. 1 No. 1)
Indirayuti , Amanda. 2019. PENGARUH PPN DAN PKB TARIF PROGRESIF TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN (Studi Empiris Pada Konsumen Kendaraan Roda Empat di Yogyakarta) . (Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara, Vol. 1 No. 1)
Jannah, Niken Miftakhul dan Ni Luh Supadmi. 2021. THE EFFECT OF THE IMPOSITION OF VALUE ADDED TAX AND SALES TAX ON GOODSLUXURY FOR CONSUMER PURCHASING POWER. (American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), Volume-5, Issue-4, pp-432-437)
Kasim, Elsie Sylviana. 2020. INFLUENCE OF SALES TAX ON LUXURY GOODS INCREASE ON CONSUMER SPENDING OF MOTOR VEHICLES. (Advances in Economics, Business and Management Research, volume 160 Proceedings of the International Conference on Business and Management Research)
KJRI Frankfurt. “Sekilas Tentang Indonesia”. Diakses pada https://www.indonesia- frankfurt.de/pendidikan-budaya/sekilas-tentang-budaya indonesia/#:~:text=Indonesia%20adalah%20negara%20kepulauan%20terbesar,m erupakan%20pulau%20utama%20di%20Indonesia. Diakses 30 Maret 2022
Kompas.com (2022). “Daya Beli Mulai Membaik, Penjualan Mobil Tumbuh 58 Persen pada Januari 2022”. https://money.kompas.com/read/2022/02/16/080800026/daya- beli-mulai-membaik-penjualan-mobil-tumbuh-58-persen-pada-januari-2022.Diakses 30 Maret 2022
Lokadata (2021). “target dan realisasi pajak 2007 2021”. Diakses pada https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/target-dan-realisasi-pajak-2007-2021- 1603086339m . Diakses 30 Maret 2022
Muhammed, Mona Gafar Omar dan Mashael Abdelrahim Abdelrahman Bahit. 2020. THE IMPACT OF VALUE- ADDED TAX ON THE BEHAVIOR OF THE SAUDI CONSUMER. (International Journal of Innovation, Creativity and Change, Volume 14, Issue 5)
Pramesti, Sang Ayu Putu Devi dan Ni Luh Supadmi. 2017. PENGARUH PPN, PPnBM, DAN PKB TARIF PROGRESIF PADA DAYA BELI KONSUMEN KENDARAAN BERMOTOR RODA EMPAT. (E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.18.1: 674-704)
Ratnasari, Ida Ayu Putri Ratnasaridan Putu Ery Setiawan. 2016. PENGARUH PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR TARIF PROGRESIF TERHADAP DAYA BELI KENDARAANDI DENPASAR. ( E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.15.2 : 887-914)
Sambur, Noviane Claudya Pinkan. 2015. ANALISIS PENGARUH PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) DAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH (PPnBM) TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN KENDARAAN BERMOTOR.(Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol 15, No 5)
Sutedja, I Dewa Made. 2019. PENGARUH PENGENAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DENGAN TARIF PROGRESIF TERHADAP DAYA BELI KENDARAAN BERMOTOR DI DENPASAR . (Majalah Ilmiah Widyacakra , Vol 1 No 02)
Delvia Aditia, Vina. 2018. PENGARUH PENGENAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARNG MEWAH TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA BEKASI. (Sekolah Tinggi IlmuEkonomi Jakarta)
Peraturan
Undang-undang Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.
Undang-undang Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.
Undang-undang Nomor 42 tahun 2009 Tentang Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah.
Keputusan Menteri Keuangan No.197/PMK.03/2013 PMK. 38/PMK.011/2013
DOI: https://doi.org/10.31334/jiap.v2i2.2914
DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/jiap.v2i2.2914.g1355
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Administrasi Publik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
|