Pengaruh Media Sosialisasi Pajak Berbasis Social Media Dan Subjective Norm Dalam Pemenuhan Kewajiban Perpajakan Dimoderasi Dengan Cost Compliance (Studi Pada Followers Akun Instagram @ditjenpajakRI)

Adinia Pitaloka Putri, Adhitya Putri Pratiwi, Rananda Septanta

Abstract


This study aims to determine whether there is an influence of social media and subjective norms in fulfilling tax obligations. Then, to determine cost compliance of the moderating variables of each independent variable, namely social media-based social media and subjective norms. This type of research is quantitative research. The data used is primary data. The population in this study are followers of the Instagram account @ditjenpajakRI. The sample of this study amounted to 77 people and the sampling technique used snowball sampling. The data analysis model used in this research is multiple linear analysis and moderated regression analysis. Testing this research using IBM Statistics SPSS V.26. The results of this study indicate that social media-based social media and subjective norms have a significant effect on fulfilling tax obligations simultaneously or partially. The variable cost compliance is not able to moderate the relationship between social media in fulfilling tax obligations and cannot moderate the subjective norm in fulfilling tax obligations.ype your abstract here.


Keywords


Social Media, Subjective Norm, Tax Obligations, Cost Compliance

Full Text:

PDF

References


Andriani, F. D., & Indawati, I. (2021). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, dan Lingkungan Sosial Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. SAKUNTALA: Prosiding Sarjana Akuntansi Tugas Akhir Secara Berkala, 1(1), 212-219.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Balqis, A., & Rusdi, R. (2020, November). Pengaruh Kesadaran Pajak, Subjective Norm, Dan Media Sosial Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna Media Sosial. In Proseding Seminar Nasional Akuntansi (Vol. 3, No. 1).

Beryl, S. A., & Fajriana, I. (2021). Pengaruh Kualitas Informasi, Penyuluhan Media Sosial Dan Penerapan E-Ticket Terhadap Tingkat Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Mendapatkan Pelayanan Tatap Muka (Studi Kasus pada KPP Pratama Palembang Ilir Timur). PUBLIKASI RISET MAHASISWA AKUNTANSI, 2(2), 155-168.

Boediono, G. T., Sitawati, R., & Harjanto, S. (2018). Analisis pengaruh sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan kesadaran sebagai variabel mediasi. Jurnal Penelitan Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 22-38.

Ernawati, W. D., & Purnomosidhi, B. (2011). Pengaruh sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dipersepsikan dan sunset policy terhadap kepatuhan wajib pajak dengan niat sebagai variabel intervening. Peran dan Implementasi Statistika dalam Analisis Finansial dan Pengambilan Keputusan Bisnis, Semarang.

Erwanda, M. A., Agustin, H., & Mulyani, E. (2019). Pengaruh Penerapan E-filing dan Pengetahuan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Biaya Kepatuhan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 1510-1517.

Fasih Firman, M. (2018). Pengaruh Biaya Kepatuhan, Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak, Kewajiban Moral terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Pekalonagan.

Fuadi, Arabella Oentari; Mangoting, Yenni. Pengaruh kualitas pelayanan petugas pajak, sanksi perpajakan dan biaya kepatuhan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Tax & Accounting Review, 2013, 1.1: 18.

Indriyani, Novita; ASKANDAR, Noor Shodiq. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biayabiaya Kepatuhan Pajak Dan Penerapan E-Filing Pada Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Di Desa Sengguruh Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 2018, 7.07.




DOI: https://doi.org/10.31334/jupasi.v4i2.2404

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/jupasi.v4i2.2404.g1593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pajak Vokasi (JUPASI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

 

_____________________________________________

Jurnal Pajak Vokasi (JUPASI)

E ISSN 2686-1585

Email : 

Website: https://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUPASI