Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar dengan Menggunakan Kegiatan Eksperimen Sains untuk Guru PAUD Kecamatan Banjaran Berbasis Daring (dalam jaringan)

Ghina Wulansuci, Heni Nafiqoh

Abstract


Pandemic covid-19 menghambat kegiatan belajar mengajar pendidikan anak usia dini yang biasanya berlangsung secara tatap muka, kini berubah menjadi daring.  Kendati begitu, pandemi ini mampu mengakselerasi pendidikan 4.0 sistem pembelajaran dilakukan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi berbasis daring. Berdasarkan hasil identifikasi lapangan khususnya dalam pelaksanaan pembelajaran ekperimen selama pandemic covid-19, guru-guru di kecamatan Banjaran merasa kebingungan dan khawatir dapat menyulitkan anak dan orang tua baik dalam pelaksanaan ataupun dalam penyediaan bahan bahan eksperimen. Selain itu juga guru-guru di Kecamatan Banjaran masih kesulitan dalam menciptakan kegiatan eksperimen yang benar benar menarik. Padahal metode eksperimen membuat anak lebih mudah dalam memahami pembelajaran yang diberikan oleh guru. Mengingat pentingnya kegiatan eksperimen dikembangkan di lembaga pendidikan anak usia dini, maka berdasarkan permasalahan yang ada, pengabdi berencana melaksakanakan pelatihan membuat bahan ajar dengan menggunakan kegiatan eksperimen sains kepada para guru PAUD di Gugus Anggrek Kecamatan Banjaran secara daring yaitu menggunakan aplikasi Zoom. Berdasarkan hasil pelatihan yang telah dilaksanakan secara daring dapat disimpulkan bahwa pelatihan memberikan efek yang menguntungkan bagi para guru PAUD di Gugus Anggrek Kecamatan Banjaran, wawasan guru menjadi luas dan bertamabah, pengalaman, dan mendapatkan ilmu baru terkait dengan menciptakan bahan ajar menggunakan kegiatan eksperimen sains.

Keywords


eksperimen sains covid-19

Full Text:

PDF

References


Djamara, BS & Zain, A. (2006).Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fardiah., Murwani, S., & Dhieni, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 4 (1) 133-140. DOI: 10.31004/obsesi.v4i1.254

Guo, L., Liao, F., Xu, Y., Wang, T., Yang, C., & Yuan, J. (2020). Experimental method and failure mechanisms investigation for out-of-plane shear fatigue behavior of 3D woven composites. International Journal of Fatigue, 134(December 2019), 105501. https://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2020.105501

Molina Millán, T., Macours, K., Maluccio, J. A., & Tejerina, L. (2020). Experimental long-term effects of early-childhood and school-age exposure to a conditional cash transfer program. Journal of Development Economics, 143, 102385. https://doi.org/10.1016/j.jdeveco.2019.102385

Sarkar, S., & Maiti, J. (2020). Machine learning in occupational accident analysis: A review using science mapping approach with citation network analysis. Safety Science, 131(June), 104900. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104900

suryaningsih, A., Rimpiati, N, L. (2018). Implementation of Game-Based Thematic

Science Approach in Developing Early Childhood Cognitive Capabilities. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 2 (2) 194-201. DOI:10.31004/obsesi.v2i2.90

Trianto. (2011). Model-model Pembelajarn Inovatif. Jakarta. Prestasi Pustaka.

Tisza, G., Papavlasopoulou, S., Christidou, D., Iivari, N., Kinnula, M., & Voulgari, I. (2020). Patterns in informal and non-formal science learning activities for children–A Europe-wide survey study. International Journal of Child-Computer Interaction, 100184. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2020.100184

Witarsa, R., Dista, D, X. (2020). Analisis Jawaban Siswa Usia 6 sampai 8 tahun terhadap Pembelajaran Sains Kreatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 4 (1) 58-66. DOI: 10.31004/obsesi.v4i1.288

Zabrodina, I. K., Bogdanova, A. G., Bogdanova, O. V., Lilenko, I. Y., & Richter, S. O. (2015). Experimental Learning of Foreign Language with the Socio-cultural Skills Development Method by Means of Modern Internet Technologies. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 215(June), 141–146. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.602

Zhao, S., Schneider, H. C., & Kamlah, M. (2020). An experimental method to measure the friction coefficients between a round particle and a flat plate. Powder Technology, 361, 983–989. https://doi.org/10.1016/j.powtec.2019.10.100




DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v4i1.1633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

_____________________________________________

Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

ISSN 2621-6434

Email : [email protected]
Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks

   

     

 

 

View My Stats