Peningkatan Pendapatan Masyarakat Masyarakat RT.10 RW.02 Desa Selajambe Kec. Selajambe Kab. Kuningan melalui Pengemasan Makanan Ringan

Rahayu Syafari, Sumarni Sumarni, Arrofa Acesta

Abstract


Industry makanan ringan menjadi trand yang semakin berkembang dewasi ini baik berupa kue kering ataupun kue basah yang di jual di pasar–pasar tradisional. Kondisi mitra pada pengabdian kali ini adalah ibu-ibu yang berkeinginan untuk memperoleh penghasilan tambahan untuk menopang kebutuhan sehari-hari. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah denan memberi pemahaman (teori dan praktek) mengenai pemanfaatan teknologi dalam upaya meningkatkan produksi pengemasan makanan bagi UMKM,  pemberian alat pres kemasan serta bahan baku untuk meningkatkat produksi pengemasan makan di Desa Selajambe Kecamatan Selajambe Kab. Kuningan. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan upaya peningkatan hasil produksi makanan kemasan untuk skala industri rumah tangga yang menggunakan tenaga kerja keluarga ataupun tetangga sekitar, sehingga industri rumah tangga dapat menjadi penopang kehidupan dan sumber pendapatan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.


Keywords


Pengabdian ; Teknologi ; Pengemasan ; Ekonomi ; UMKM ;

Full Text:

PDF

References


Anon. n.d. “The Analysis of Factors That Cause The Encroachment Forest in The Production Forest Area Sub-.”

Arianty, N., & Masyhura, M. (2019, October). Strategi Pemasaran Susu Kedelai Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Keluarga. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 257-264).

Khaira, M., Hasanah, U., & Hayati, I. (2020). Peran Bank Sampah Dalam Meningkatkan Pendapatan Ibu Rumah Tangga di Desa Sait Buttu Kec. Pematang Sidamanik. IHSAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 187-195.

Kuningan, Kabupaten. 2018. “Kabupaten Kuningan.” Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 108.

Mukoffi, Ahmad, and Agustinus Soemardi Soebagio. 2017. “Upaya Peningkatan Produksi Makanan Ringan Ladu Dengan Menggunakan Inovasi Teknologi Di Desa Banjarejo Dusun Laju Kecamatan Ngantang.” Jurnal Akses Pengabdian Indonesia 1(2):59–63.

Naibaho, Rahmat Sulaiman. 2017. “Peranan dan Perencanaan Teknologi Informasi dalam Perusahaan.” Jurnal Warta (April):4.

Pangaribuan, A. A., & Suryono, B. (2019). Pengaruh ROA, ROE, dan EPS Terhadap Harga Saham Perusahaan Transportasi di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 8(5).

Prawironegoro dan Purwanti. 2009. Akuntansi Manajemen. Edisi 3. Mitra Wacana Media. Jakarta

Rahmawati, F. 2013. “Pengemasan Dan Pelabelan.” Biomaterials 29(34):4471–80.

Saputri, R. S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(1), 46-53.




DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v6i1.1962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

_____________________________________________

Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

ISSN 2621-6434

Email : [email protected]
Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks

   

 

 

View My Stats