Pemanfaatan Strategi Pemasaran 5.0 Untuk Peningkatan Penjualan Pada Kelompok Tani Desa Cidokom

Gilang Pratama, Fachmi Tamzil, Elistia Elistia

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan mengelola manajemen usaha yang berfokus pada aspek manajemen pemasaran dan komunikasi pemasaran yang berbasis IPTEK terhadap Kelompok Tani, yang terletak di Desa Cidokom. Sasaran program PKM ini adalah kelompok masyarakat yang produktif secara ekonomi (UKM). Tujuan program adalah untuk mengembangkan masyarakat yang mandiri secara ekonomidengan mengintegrasikan teknologi ke dalam salah satu dimensi proses bisnisnya. Mitra usaha dalam program ini adalah kelompok usaha budidaya tanaman hias. Analisis thematic dalam pre survey mendapatkan permasalahan mitra meliputi; Tata kelola keuangan yang tidak lancar, solusinya: mendukung pelaksanaan dan kelancaran usaha mitra PKM dari sisi penyiapan permodalan dan pengelolaan keuangan usaha dengan perancangan dan pelatihan manajemen keuangan (aliran kas), perencanaan usaha yang baik, dan efisiensi serta efektivitas dana usaha. Permasalahan kedua terletak pada melemahnya tingkat penjualan selama pandemic Covid-19, solusinya adalah meningkatkan ketrampilan mitra PKM dalam menunjang produktivitas, dengan pelatihan difusi inovasi teknologi pemasaran. Realisasi progam PKM dengan terjadinya volume penjualan dengan meningkatkan awareness, pembuatan e-katalog penjualan, alternatif sistem penjualan (konsinyasi) dan saluran pemasaran lainnya serta penataan pasar yang lebih luas menggunakan konsep digital marketing 5.0. luaran wajib dan luaran lainnya yang ditargetkan program PKM ini berupa: 1. Publikasi di jurnal ilmiah cetak atau elektronik di Jurnal Nasional ber-ISSN, 2. Artikel ilmiah dimuat di jurnal cetak atau elektronik Nasional, 3. Permodelan Manajemen Produksi, 4. Peningkatan daya saing Mitra Produktif Ekonomi dalam aspek Pemasaran, 5. Penerapan Teknologi Tepat Guna IPTEK digital marketing pada UMKM. Rencana kegiatan dimulai dari merumuskan permasalahan, mencari solusi, merencanakan dan melaksanakan seluruh PKM serta mensosialisasikan hasil penerapan teknologi tepat guna ke seluruh anggota mitra.


Keywords


Marketing 5.0; Digital Marketing, Difusi Inovasi

Full Text:

PDF

References


Krisnawati, D. (2018). Peran Perkembangan Teknologi Digital pada Strategi Pemasaran dan Jalur Distribusi UMKM. Manajemen Bisnis, 6(1), 69–74.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan. JIBEKA, 11(2), 46–53.

Wardana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing. Forum Keuangan dan Bisnis, 4, 327–337.




DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v4i2.2112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

_____________________________________________

Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

ISSN 2621-6434

Email : [email protected]
Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks

   

 

 

View My Stats