Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris
Abstract
Penggunaan media akan sangat berpengaruh terhadap hasil akhir sebuah pembelajaran. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk mendeskripsikan manfaat media audio visual pada pembelajaran bahasa inggris serta untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan media audio visual. Hal ini disesuaikan dengan permasalahan yang ada pada mitra yakni tidak adanya media yang dapat membantu anak-anak dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka. Adapun kegiatan abdimas ini dilaksanakan di desa Kauman, Wonorejo, Pasuruan sebagai mitra yang digandeng oleh peneliti. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pihak mitra bisa mengembangkan kemampuan putra-putri mereka dalam bidang bahasa Inggris sehingga mampu membantu meningkatkan soft skill mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arwudarachman, D. (2015). Pengembangan media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan prestasi belajar menggambar bentuk siswa kelas XI. Jurnal Seni Rupa. Vol. 3, No.3. 237-243. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/14030
Ajiza, M. (2023). Strategi pembelajaran bahasa inggris pada siswa sekolah dasar. Komunitas: Jurnal pengabdian kepada masyarakat. Vol.5, No.2. p.228-234. ISSN 2621-6434. DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v5i2.2842
Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan anak usia dini, Vol. 5, No.2. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498.
Hamdani (2017). Strategi belajar mengajar Ed. 6. Pustaka setia. ISBN 978-979-076-161-2.
Purnomo. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah menengah pertama negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2, No.2, P. 127-144. ISSN: 2354-6441. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tp/article/view/3659
Sapriadi, S. (2022). Soft skill bagi pengajar pendidikan agama islam (PAI): sebuah studi pustaka. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 11(2), 113–122. https://doi.org/10.20414/schemata.v11i2.6341
Suganda, D. (2017). Pengertian, hubungan, dan implementasi soft skills, pembelajaran afektif, dan pendidikan karakter dalam proses belajar mengajar. Paraguna: jurnal ilmiah pengetahuan, pemikiran, dan kajian tentang seni karawitan, Vol. 4, No.1. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/paraguna/article/view/1870/pdf
Yuniendel, R.K. (2018). Kontribusi soft skill dan hard skill dalam meningkatkan profesionalisme guru pendidikan agama islam di sekolah dan madrasah. Jurnal Pendidikan Islam – Murraby, No.1, Vol. 1. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1758095&val=18728&title=Kontribusi%20Soft%20Skill%20dan%20Hard%20Skill%20dalam%20Meningkatkan%20Profesionalisme%20Guru%20Pendidikan%20Agama%20Islam%20di%20Sekolah%20dan%20Madrasah
DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v6i2.3481
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
_____________________________________________
Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Email : [email protected]
Email : [email protected]
Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks
|