Pelatihan dan Edukasi Strategi Pemasaran Produk Olahan Tepung “Akar Kelapa Sebagai Upaya Melestarikan Produk Berbasis Keunggulan Daerah dan Meningkatkan Ekonomi Masyarakat di Kelurahan Marga Mulya Kota Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.31334/jks.v6i2.3552Keywords:
Strategi Pemasaran, Produk Olahan Tepung Akar Kelapa, Pelestarian Produk Berbasis Keunggulan, Produk,Abstract
Usaha kecil dan industri rumah tangga belakangan ini memainkan peranan penting dalam meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya mendukung pendapatan rumah tangga. Usaha rumahan produk olahan tepung “akar kelapa saat ini sulit didapatkan karena diproduksi terutama pada saat Hari Raya. Pelatihan strategi pemasaran bertujuan melestarikan produk lokal dan meningkatkan pemahaman akan pentingnya strategi pemasaran dalam usaha. Pengabdian ini bertujuan edukasi tentang strategi pemasaran untuk menjaga produk lokal dan mendukung ekonomi, terutama industri rumahan.
Kegiatan ini melibatkan Ibu-Ibu rumah tangga di Kelurahan Marga Mulya RT 005/ RW 01 Kota Bekasi dengan metode ceramah dan praktek. Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan mereka dalam membuat produk olahan tepung “akar kelapa melalui strategi pemasaran dan kemasan modern, menjaga keunggulan produk daerah serta meningkatkan daya saing.
References
Ahmadjayadi, Cahyana. (2001). Pemasaran Daerah Sebuah Model Strategi Pembangunan. Makalah Seminar, Workshop Perencanaan Pembangunan Daerah, MEP-UGM, Yogyakarta.
Cahya Bayu, Kurniawan. 2020. “Mesin Sortir Makanan Ringan akar Kelapa†Tugas Akhir. Yogyakarta: Fakultas Teknologi Industri, Institut Sains & Teknologi Akprind
Fadhilah, D. A., dan Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing (Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Kremes Ubi†di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang). Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol XII, Nomor 1, Maret 2021, 17 – 22.
Hadi, D. F., dan Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi. Jurnal Competitive, Vol. 16, No. 1, 2021.
Harinie, L. T., Juma'eh & Hukom, A., 2020. Pendampingan dalam Memasarkan Produk Hasil Usaha UKM melalui Pengunaan Media sosial di Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(01), pp. 51-59.
Irrubai, M. L., 2016, Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga, Social Science Education Journal, 3 (1), hal 17-26.
Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller. (2009), “ Manajemen pemasaran. jilid I. Edisi ke 13â€. Jakarta: Erlangga
Nazhif, M. N., & Nugraha, I. (2023). Branding UMKM untuk Meningkatkan Penjualan Produk Ecoprint Andin Collection Muhammad. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7, 261–267.
Paran, S. 2009. 100 + Tips Anti Gagal Bikin Roti, Cake, Pastry dan Kue kering. Jakarta: Kawan pustaka.
Primadewi, A. et al., 2020. Penguatan Pemasaran Produk UMKM Ashfa Madu Borobudur Melalui Strategi Product Branding. JPKM Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(3), pp. 154- 161.
Rochmah, B. E., & Yahya, I. (2020). Tantangan, Kendala, dan Kesiapan Pemasaran Online Umkm di Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Filantropi: Jurnal Manajemen Zakat Dan Wakaf, 1(1), 20–31.
Umam, K., Sulastri, V. E., Sutiksno, D. U., & Mesran. (2018). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produk Unggulan Daerah Menggunakan Metode VIKOR. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 5(1), 43–49.
Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B. & Windriya, A., 2020. Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM LPIP UMP Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), pp. 1-5.
Zamaya, Y., Misdawita, M., Taryono, T., & Arifudin, A. (2022). Diversifikasi Produk Bahan Baku Lokal Pada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Di Desa Pulau Gadang Kabupaten Kampar. Comment: Journal of Community Empowerment, 2(2), 62-69.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Please find the rights and licenses in Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1.License
The commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution--ShareAlike 4.0 International License.
2.Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3.User Rights
Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat on distributing works in the journal and other media of publications.
4.Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat will only communicate with the corresponding author.
5.Miscellaneous
Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.




