Pelatihan dan Edukasi Strategi Pemasaran Produk Olahan Tepung “Akar Kelapa” Sebagai Upaya Melestarikan Produk Berbasis Keunggulan Daerah dan Meningkatkan Ekonomi Masyarakat di Kelurahan Marga Mulya Kota Bekasi

Dewi Sri Woelandari Pantjolo Giningroem, Murti Wijayanti, Tyna Yunita, Novita Wahyu Setyawati

Abstract


Usaha kecil dan industri rumah tangga belakangan ini memainkan peranan penting dalam meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya mendukung pendapatan rumah tangga. Usaha rumahan produk olahan tepung “akar kelapa” saat ini sulit didapatkan karena diproduksi terutama pada saat Hari Raya. Pelatihan strategi pemasaran bertujuan melestarikan produk lokal dan meningkatkan pemahaman akan pentingnya strategi pemasaran dalam usaha. Pengabdian ini bertujuan edukasi tentang strategi pemasaran untuk menjaga produk lokal dan mendukung ekonomi, terutama industri rumahan.

Kegiatan ini melibatkan Ibu-Ibu rumah tangga di Kelurahan Marga Mulya RT 005/ RW 01 Kota Bekasi dengan metode ceramah dan praktek. Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan mereka dalam membuat produk olahan tepung “akar kelapa” melalui strategi pemasaran dan kemasan modern, menjaga keunggulan produk daerah serta meningkatkan daya saing.


Keywords


Strategi Pemasaran; Produk Olahan Tepung Akar Kelapa; Pelestarian Produk Berbasis Keunggulan; Produk;

Full Text:

PDF

References


Ahmadjayadi, Cahyana. (2001). Pemasaran Daerah Sebuah Model Strategi Pembangunan. Makalah Seminar, Workshop Perencanaan Pembangunan Daerah, MEP-UGM, Yogyakarta.

Cahya Bayu, Kurniawan. 2020. “Mesin Sortir Makanan Ringan akar Kelapa” Tugas Akhir. Yogyakarta: Fakultas Teknologi Industri, Institut Sains & Teknologi Akprind

Fadhilah, D. A., dan Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing (Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Kremes Ubi” di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang). Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol XII, Nomor 1, Maret 2021, 17 – 22.

Hadi, D. F., dan Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi. Jurnal Competitive, Vol. 16, No. 1, 2021.

Harinie, L. T., Juma'eh & Hukom, A., 2020. Pendampingan dalam Memasarkan Produk Hasil Usaha UKM melalui Pengunaan Media sosial di Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(01), pp. 51-59.

Irrubai, M. L., 2016, Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga, Social Science Education Journal, 3 (1), hal 17-26.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. (2009), “ Manajemen pemasaran. jilid I. Edisi ke 13”. Jakarta: Erlangga

Nazhif, M. N., & Nugraha, I. (2023). Branding UMKM untuk Meningkatkan Penjualan Produk Ecoprint Andin Collection Muhammad. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7, 261–267.

Paran, S. 2009. 100 + Tips Anti Gagal Bikin Roti, Cake, Pastry dan Kue kering. Jakarta: Kawan pustaka.

Primadewi, A. et al., 2020. Penguatan Pemasaran Produk UMKM Ashfa Madu Borobudur Melalui Strategi Product Branding. JPKM Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(3), pp. 154- 161.

Rochmah, B. E., & Yahya, I. (2020). Tantangan, Kendala, dan Kesiapan Pemasaran Online Umkm di Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Filantropi: Jurnal Manajemen Zakat Dan Wakaf, 1(1), 20–31.

Umam, K., Sulastri, V. E., Sutiksno, D. U., & Mesran. (2018). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produk Unggulan Daerah Menggunakan Metode VIKOR. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 5(1), 43–49.

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B. & Windriya, A., 2020. Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM LPIP UMP Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), pp. 1-5.

Zamaya, Y., Misdawita, M., Taryono, T., & Arifudin, A. (2022). Diversifikasi Produk Bahan Baku Lokal Pada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Di Desa Pulau Gadang Kabupaten Kampar. Comment: Journal of Community Empowerment, 2(2), 62-69.




DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v6i2.3552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

_____________________________________________

Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

ISSN 2621-6434

Email : [email protected]
Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks

   

 

 

View My Stats