Pembekalan character development dan sosialisasi perlindungan hukum di DTW Pancoran Solas Taman Mumbul Sangeh, Bali

Ade Maharini Adiandari, Wayan Gaing, Ayu Kade Trisnawati, Ida Ayu Muter, Wayan Kamiasih, Wayan Wirati

Abstract


Pariwisata adalah sektor industri yang mengalami pertumbuhan pesat di seluruh dunia, melibatkan perpindahan individu dari satu lokasi ke lokasi lain untuk tujuan rekreasi, bisnis, atau keperluan lainnya.  Dewasa ini, pengembangan produk wisata yang ditawarkan kepada wisatawan telah bertransformasi dari pengembangan pariwisata massal (pariwisata massal) menjadi pariwisata alternatif.  Kabupaten Badung, yang dikenal sebagai daerah dengan perkembangan pariwisata yang pesat di Bali, telah mengembangkan Taman Mumbul sebagai salah satu destinasi wisata spiritual.  Pengelolaan DTW Pancoran Solsa Taman Mumbul kedepannya masih ingin lebih dioptimalkan partisipasi masyarakat setempat, serta sarana dan prasarana, regulasi dalam bentuk perlindungan hukum serta keberpihakan kebijakan kepada wisatawan. Metodologi yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sosialisasi dengan mengangkat dua tema kegiatan yaitu pelatihan character development and story telling bagi SDM serta sosialisasi perlindungan hukum terhadap DTW. Peningkatan pengelolaan Daya Tarik Wisata (DTW) dapat dicapai melalui pelatihan Character Building dan perlindungan hukum. Pelatihan Character Building dengan mengintegrasikan Sapta Pesona yang berfokus pada pembentukan karakteristik yang mendukung tujuh prinsip Sapta Pesona.  Perlindungan hukum terhadap DTW juga penting untuk memastikan hak dan kepentingan wisatawan terlindungi dan terciptanya keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan. Selain itu kebijakan Pemerintah Daerah terhadap DTW sangat dibutuhkan melalui pembinaan dan penguatan anggaran untuk meningkatkan sarana dan prasarana. 


Keywords


character development; sapta pesona; Daya tarik wisata

Full Text:

PDF

References


Keputusаn Menteri Pаriwisаtа, Pos dаn Telekomunikаsi Nomor.5/UM.209/MPPT89 tentаng Pedomаn Penyelenggаrааn Sаptа Pesonа.

Patria, T. A. (2014). Tinjauan Sistem dan Elemen Pariwisata Melalui Sistem Pariwisata Leiper di Kabupaten Badung, Bali. Binus Business Review, 5(1), 66-79.

Pedomаn Kelompok Sаdаr Wisаtа Direktorаt Jenderаl Pengembаngаn Destinаsi Pаriwisаtа Kementeriаn Pаriwisаtа dаn Ekonomi Kreаtif. 2012. Jаkаrt: Persаdа

Purwahita, A. R. M., Wardhana, P. B. W., Ardiasa, I. K., & Winia, I. M. (2021). Dampak Covid-19 terhadap Pariwisata Bali Ditinjau dari Sektor Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 1(2), 68–80.

Riani, N. (2021). Pariwisata Adalah Pisau Bermata 2. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1469-1474.

Seniwati, D. N., & Ngurah, I. G. A. (2020). Tradisi Melukat pada Kehidupan Psikospiritual Masyarakat Bali. VIDYA WERTTA: Media Komunikasi Universitas Hindu Indonesia, 3(2), 159–170.

Suantoro, G. (2004). Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Yuendini, E. P., Rachmi, I. N., Aini, N. N., Harini, R., & Alfana, M. A. F. (2019). Analisis potensi ekonomi sektor pertanian dan sektor pariwisata di Provinsi Bali menggunakan teknik analisis regional. Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan Dan Profesi Kegeografian, 16(2), 128–136.




DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v6i2.3630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

_____________________________________________

Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

ISSN 2621-6434

Email : [email protected]
Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks

   

 

 

View My Stats