Peningkatan Pemahaman Pelayanan Prima melalui Workshop bagi Siswa SMK Yaspi Jaya - Jakarta Utara

Yulianti Keke, Yola Ayutia, Devi Ratnasari, Dian Artanti, Siti Rouzah

Abstract


Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan kepada siswa SMK bagaimana memberikan pelayanan prima bagi konsumen, hal ini dilakukan untuk meminimalisir keluhan dari konsumen dan untuk meningkatkan kepuasan dari pengguna jasa atau produk.  Metode kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode ceramah secara offline, diskusi dan tanya jawab.  Metode ceramah digunakan untuk menyampaikan gambaran secara umum mengenai strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan pelayanan. Dalam pelatihan ini, peserta akan belajar mengenai prinsip-prinsip pelayanan prima, karakteristik pelayanan prima, serta bagaimana melakukan evaluasi dan monitoring terhadap pelayanan yang telah ditingkatkan. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan peserta mampu meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperoleh keuntungan yang lebih baik dalam bisnis mereka. Hasil kegiatan ini diharapkan akan menambah wawasan bagi para siswa SMK Logistik dalam menangani pelanggan dan kegiatan ini dapat dinyatakan berhasil karena diikuti oleh seluruh siswa smk logistic sebanyak kurang lebih 100 siswa dan juga para sejumlah 10 orang.  Hasil penyuluhan dinyatakan sangat baik sesuai dengan rencana, serta para siswa antusias mengikuti kegiatan sampai selesai.

  


Keywords


pelayanan prima; kepuasan pelanggan; pelatihan; logistik;

Full Text:

PDF

References


Adler, R. B., Rodman, G., & Du Pré, A. (2016). "Understanding Human Communication." Oxford University Press.

Alois R; Dari Etika Bisnis Ke Etika Ekobisnis; Jakarta: PT. Gramedia WI, 1999

Anaya, T. M., & Sopian, A. A. (2023). Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Pelayanan Prima di SMK Bina Kerja. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah, 3(2), 109–123.

Berybe, G. A., Wellalangi, M. B. R., Hanggu, E. O., Masi, N., Tani, D., Umul, D. S., Lumenta, D. F., Nanung, F., Febrianti, M. L., Firman, I., Gantur, V. A., Studi, P., Terapan, S., Perhotelan, P., El, P., & Commodus, B. (2024). Peningkatan Soft Skill Siswa Smk Negeri 3 Komodo Sebagai Persiapan Magang Industri. Communnity Development Journal, 5(2), 3556–3563. https://data.manggaraibaratkab.go.id/.

Bovee & Thill. 2003. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Brosnahan, Leger., Japanese And English Gesture : Constrative NonVerbal Communication, Taishukan Publishing Co., Ltd, Tokyo, Japan, 1990, page 83 - 96.

Fandy Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa. Gramedia Cawang.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. (2011). Service, Quality and Satisfaction (3rd ed.). Andi.

Guffey, M. E., & Loewy, D. (2017). "Business Communication: Process and Product." Cengage Learning.

Keke, Y. (2015). Komunikasi pemasaran terpadu terhadap brand awareness. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, 172–186.

Marketing Management 14th Edition oleh Philip Kotler & Kevin Lane Keller

Marketing 3.0 oleh Philip Kotler, Hermawan Kartajaya & Iwan Setiawan

Mary E. Guffey dkk. 2006. Komunikasi Bisnis: Proses & Produk. Jakarta: Salemba Empat.

Rama, S., Wulung, P., Fitriyani, E., Indriasri, I., Ridwanudin, O., Arrasyid, R., & Suwandi, A. (2022). Program Pelatihan Pelayanan Prima Di Era New Normal Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 672–681. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3399

Ruiz-Mafe, C., Sanz-Blas, S., Hernandez-Ortega, B., & Brethouwer, M. (2013). Key drivers of consumer purchase of airline tickets: A cross-cultural analysis. Journal of Air Transport Management, 27, 11–14. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2012.10.010

Sutrisna Dewi.2005.Komunikasi Bisnis.Denpasar:Fakultas Ekonomi UNUD

Tjiptono, F. (2016). "Service Management - Mewujudkan Layanan Prima." Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v7i1.4068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

_____________________________________________

Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

ISSN 2621-6434

Email : [email protected]
Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks

   

 

 

View My Stats