Menghidupkan Identitas Visual Kegiatan Sekolah Dasar melalui Desain Poster: Pengalaman Kolaboratif di SD Sinar Dharma

Authors

  • Edy Chandra Program Studi Desain Komunikasi - Visual-FSRD Universitas Tarumanagara, Jl. Letjen S Parman No,1, Jakarta 11440 https://orcid.org/0000-0001-8894-1136
  • Luvena Valencia Ciputra Program Studi Desain Komunikasi - Visual-FSRD Universitas Tarumanagara, Jl. Letjen S Parman No,1, Jakarta 11440
  • Naomi Gracia Wijaya Program Studi Desain Komunikasi - Visual-FSRD Universitas Tarumanagara, Jl. Letjen S Parman No,1, Jakarta 11440
  • Deasy Alicia Program Studi Desain Komunikasi - Visual-FSRD Universitas Tarumanagara, Jl. Letjen S Parman No,1, Jakarta 11440
  • Nero Devanca Chandra Program Studi Teknik Informatika - FTI Universitas Tarumanagara, Jl. Letjen S Parman No,1, Jakarta 11440

DOI:

https://doi.org/10.31334/jks.v8i1.4725

Keywords:

DKV, Poster, Identitas Visual, Sekolah Dasar, Pengabdian Masyarakat,

Abstract

Kegiatan seni di sekolah dasar memiliki peran penting dalam membentuk ekspresi dan karakter siswa. Namun, kegiatan semacam ini sering kali tidak diiringi dengan media komunikasi visual yang efektif. Melalui pengabdian kepada masyarakat ini, penulis berkolaborasi dengan SD Sinar Dharma untuk merancang poster kegiatan Pentas Seni bertema "Around the World". Tujuannya adalah menciptakan identitas visual kegiatan yang komunikatif, kontekstual, dan edukatif. Kegiatan ini menggunakan metode partisipatif, mulai dari briefing, eksplorasi desain, hingga produksi dan distribusi poster. Hasilnya menunjukkan bahwa desain komunikasi visual mampu menghidupkan identitas kegiatan, memperkuat keterlibatan siswa, dan meningkatkan daya tarik kegiatan di mata masyarakat sekolah.

Author Biography

Edy Chandra, Program Studi Desain Komunikasi - Visual-FSRD Universitas Tarumanagara, Jl. Letjen S Parman No,1, Jakarta 11440

Program Studi Desain Komunikasi Visual, JFD Lektor 308. NIDN 0305087504

References

Agustrijanto, A., & Kusumawati, D. (2019). Strategi Komunikasi Ditjen PPKL Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia Dalam Mempromosikan Program Pengendalian Sampah Plastik. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(3), 131–154.

Ajiza, M., & Arafah, F. (2024). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 172–179.

Aribowo, E. K. (2014). Gamification: adaptasi game dalam dunia pendidikan.

Chandra, E., & Jesslyn, J. (2025). Perancangan Visual Media Promosi Air Minum Nano Hexagonal Alkakua. MAVIS: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 7(01), 60–68.

Chandra, E., Setiawan, M. N., Mariana, M., Sulystiawati, D., & Warjoyo, J. G. (2025). Implementasi Teknologi Digital dalam Pendidikan Seni: Studi Kasus di SD Sinar Dharma Jakarta Barat. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 255–262.

Dondis, D. A. (1974). A primer of visual literacy. Mit Press.

Lester, P. (2006). Visual communication: Images with messages. (No Title).

Markauskaite, L., Ripley, D., Arthars, N., & Khosronejad, M. (2021). Co-designing for learning across disciplines: Design principles for student-led innovation. European Association for Research on Learning and Instruction 2021 Online Conference: Book of Abstracts, 85.

Paramitha, J., & Chandra, E. (2024). Pemanfaatan Simbol Dan Elemen Tradisional Mega Mendung Sebagai Identitas Visual Produk Lokal Indonesia: The Utilization of Mega Mendung Traditional Symbols and Elements as Visual Identity for Local Indonesian Products. Jurnal Dimensi DKV: Seni Rupa Dan Desain, 9(2), 171–186.

Putri, R. A., & Sembiring, S. B. (2021). Pelatihan Desain Flyer Dan Kartu Nama dengan Metode Participatory Action Research (PAR). Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat, 1(1), 1–7.

Thoha, P. M., Kurniawan, R. P., & Faristiana, A. R. (2023). Perubahan Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Di Era Digital. Student Scientific Creativity Journal, 1(4), 415–431.

Utami, A. D. D., Marini, A., Nurcholida, N., & Sabanil, S. (2022). Penerapan aplikasi game wordwall dalam pembelajaran untuk menumbuhkan karakter disiplin siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6855–6865.

Woolner, P. (2018). Collaborative re-design: Working with school communities to understand and improve their learning environments. Spaces of Teaching and Learning: Integrating Perspectives on Research and Practice, 153–172.

Downloads

Published

2025-08-03

Issue

Section

Articles