MODEL KONSEPTUAL KELEMBAGAAN MANAJEMEN RANTAI PASOKAN DAN MANAJEMEN PENGETAHUAN PADA INDUSTRI KREATIF

Tri Joko Wibowo

Abstract


Ekonomi kreatif diyakini dapat menjawab tantangan permasalahan dasar jangka pendek dan jangka menengah. Industri kreatif menciptakan iklim bisnis yang positif dan membangun citra serta identitas bangsa. Disamping perkembangan yang luar biasa, industri kreatif di Indonesia juga menghadapi persaingan yang kian ketat. Salah satu bentuk tantangan dan ancaman yang dihadapi oleh industri kreatif di Indonesia adalah perkembangan unsure teknologi & knowledge base, kurangnya kelembagaan, pemasaran, kapasitas dan jaringan distribusi. Salah satu bentuk antisipasi ancaman ini adalah industri kreatif perlu melakukan upaya pengelolaan rantai pasokan. Persaingan ke depan bukan hanya persaingan individu industri melainkan persaingan rantai pasokan dari industri kreatif. Industri kreatif saat ini umumnya masih relative berada pada level small medium enterprise / perusahaan kecil menengah. Pada dasarnya berbagai permasalahan yang dihadapi  oleh UKM cenderung berulang dari tahun ke tahun dan dari periode ke periode. Persoalan yang berulang ini menunjukan lemahnya pengelolaan pengetahuan. Paper ini bersifat konseptual yang merupakan hasil dari studi literature. Hal yang disarankan dalam paper ini adalah perlunya proses pelembagaan manajemen rantai pasokan dan manajemen pengetahuan pada industry kreatif. Proses pelembagaan tersebut digambarkan di dalam sebuah model yang menghubungkan antara kebijakan pendukung, mapping industry kreatif, kelembagaan manajemen rantai pasokan dan karakteristik pasar. Harapannya perkembangan industry kreatif dewasa ini bukan hanya sekedar trend melainkan memiliki tingkat keberlanjutan di masa mendatang.

Keywords


Ekonomi Kreatif, Manajemen Pengetahuan, Small Medium Enterprise

Full Text:

PDF

References


https://www.kabar6.com/banten/serang/16035-pemprov-banten-dinilai-tak-fokus-urusi-industri-kreatif

Mari Elka Pangestu, 2008, Pengembangan Industri Kreatif Menuju Visi Ekonomi Kreatif Indonesia 2025, Departemen Perdangan RI

Lisda Rahmasari, 2011, Pengaruh Supply Chain Management terhadap Kinerja Perusahaan dan Keunggulan Bersaing (Studi Kasus pada Industri Kreatif di Provinsi Jawa Tengah), Majalah Ilmiah Informatika Vol. 2 No. 3, September 2011.

Wahyuning K Sejati, Analisis Kelembagaan Rantai Pasok Telur Ayam Ras Peternakan Ayam Ras Peternakan Rakyat di Jawa Barat, Analisis Kebijakan Pertanian Vol 9, No. 2, Juni 2011 : 183-198

http://wartaekonomi.co.id/berita31674/inilah-tujuh-tantangan-sektor-ekonomi-kreatif-bagi- presiden-2014.html

http://lifestyle.liputan6.com/read/2545918/lezatnya-10-kuliner-top-di-banten

https://www.researchgate.net/profile/Nurul_Istifadah/publication/291126222_Meningkatkan_Keunggulan_Kompetitif_Nasional_Melalui_Pengembangan_Ekonomi_Kreatif_Menghadapi_Perekonomian_Global/links/569e23df08ae9 50bd7a92003

Wibowo, 2009, Validasi Hubungan antar Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Manajemen Pengetahuan, Laporan Tesis Magister Teknik Industri, Institut Teknologi Bandung.

Kautsar, Ikhlas, 2011, Knowledge Management sebagai Keunggulan Kompetitif pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) : Implementasi dan Hambatannya, diakses 17 Februari2017 melalui :http://ikhlas35e.blogstudent.mb.ipb.ac.id/files/2011/01/Knowledge-Management-Sebagai-Keunggulan-Kompetitif-Bagi-UKM-_-Implementasi-dan Hambatannya.pdf

Akhmad dan Hidayat, 2015, Pemetaan Potensi Industri Kreatif Unggulan Madura, Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol 12, No. 2, Juni 2015, pp 155-165

Amir, 2017, Kebijakan Ekonomi Kreatif Berbasis Industri Kerajinan Unggulan Dalam Upaya Mengangkat Kearifan Lokal Kabupaten Tuban, Jurnal Cakrawala Vol. 11 No.2 Desember 2017 : 157-169

Hadi & Parubak, 2016, Supply Chain Operational Capability Affecting Business Performance of Creative Industries, Advance in Economics Business & Management Research, Vol 15

Satyanegara, 2012, Analisis Manajemen Rantai Pasok pada Industri Batik Banten, Laporan Tesis, Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor

Albonaiemi & Ghahremani, 2016, Examining The Relation Between Knowledge Management & Employee Creativity, International Journal of Humanities and Cultural Studies.

BOP Consulting, 2010, Mapping The Creative Industries Toolkit, British Council

Savina, et.al, 2015, Essence, Place and Role Of Creative Economy in Innovation Development Paradigm, Review of European Studies, Vol. 7, No. 6, Published by Canadian Centre of Science and Education

Hasan, 2018, Pembinaan Ekonomi Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Volume 1, No. 1 Januari 2018, Hal 81-86




DOI: https://doi.org/10.31334/jli.v3i1.348

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/jli.v3i1.348.g209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Logistik Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

____________________________________________

Jurnal Logistik Indonesia

ISSN 2579-8952 (media cetak), 2621-6442 (media online)

Email : [email protected]/[email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/logistik

INDEKS BY: