Pengaruh Tax Morale, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Pada Otoritas Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Jakarta Utara

Eko Budiyanto, Dian Wahyudin

Abstract


Tesis yang merupakan penelitian kuantitatif ini dilakukan untuk menguji apakah terdapat pengaruh secara simultan maupun parsial antara tax morale, kepatuhan wajib pajak, dan kepecarayaan pada otoritas pajak terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Madya Dua Jakarta Utara. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan cara statistik yaitu uji F (simultan) dan uji T (parsial). Subjek penelitian ini adalah seluruh pegawai yang bekerja di KPP Madya Dua Jakarta Utara yang berjumlah 141 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dimana teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner kepada pegawai KPP Madya Dua Jakarta Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama atau simultan terdapat pengaruh signifikan antara variabel tax morale (X1), kualitas pelayanan (X2), dan kepercayaan kepada otoritas pajak (X3) terhadap kepatuhan wajib pajak (Y) dengan nilai f hitung > f tabel yaitu sebesar 58,462 > 3,06 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 dengan sumbangsih persentase variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 56,1% dan sisanya 43,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan pengujian secara parsial menunjukkan bahwa tax morale (X1) berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak prima (Y) dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,141 > 1,977 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,001. Untuk variabel kualitas pelayanan (X2) secara parsial terdapat pengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak (Y) dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 7,789 > 1,977 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. Dan yang terakhir untuk variabel kepercayaan kepada otoritas pajak (X3) secara parsial terdapat pengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak (Y) dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 12,739 > 1,977 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. Dari hasil penelitian ini diharapkan supaya bisa menjadi acuan oleh KPP Madya Dua Jakarta Utara untuk lebih meningkatkan kepatuhan wajib pajak agar dapat menjadi pelayanan yang prima.

This is an open acce

Keywords


Tax Morale; Kualitas Pelayanan; Kepercayaan Kepada Otoritas Pajak; Kepatuhan Wajib Pajak.

Full Text:

PDF

References


Adnyana, I. M. D. M. (2021). Metode penelitian pendekatan kuantitatif (T. S. Tambunan (ed.); Issue August). CV.Media Sains Indonesia.

Ajzen, Icek. (2002). Perceived Behavioral Control, Self-Efficacy, Locus of Control, and The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decission Processes 50, 179-211.

Alasfour, F., Samy, M., & Bampton, R. (2016). The determinants of tax morale and tax compliance: Evidence from Jordan. In Advances in Taxation (Vol. 23). https://doi.org/10.1108/S1058- 749720160000023005

Alm, et.al. 2006. Russian attitudes toward paying taxes – before, during, and after the transition, International Journal of Social Economics, Emerald Group Publishing Limited, vol. 33(12), pages 832-857, December.

Anam, Mohammad Choirul, Rita Andini, and Hartono Hartono. 2018. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas sebagai Variabel Intervening (Studi di KPP Pratama Salatiga). Journal Of Accounting 4.4.

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi II, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arismayani, I. N. L., et.al. (2017). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Motivasi Wajib Pajak, dan Tingkat Kepercayaan pada Pemerintah dan Hukum Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 1–11.

Artha, Ketut Gede Widi dan Putu Ery Setiawan. (2016). Pengaruh Kewajiban Moral, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Di KPP Badung Utara. E- Journal Akuntansi Universitas Udayana Vol.17.2, 913- 937 November (2016): 913-937 ISSN: 2302-8556

Aryandini, Saumi, et.al. 2016. “Pengaruh Kewajiban Moral, Pemeriksaan Pajak, Dan Kondisi Keuangan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Untuk Usaha Hotel Yang Terdaftar Di Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru.” Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi 3 (1):1463–77.

Aryanti, Titik. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan. Jurnal Media Ekonomi dan Manajemen vol. 25

Aryobimo, Puput Try. 2012. Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Tentang Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kondisi Keuangan Wajib Pajak dan Preferensi Risiko Sebagai Variabel Moderating. Studi Empiris Di Kota Semarang. Skripsi. Semarang. FEB UNDIP

Asfa dan Meiranto. (2017). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas (Studi DI Wilayah KPP Pratama Cilacap). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro

Balla, F. 2017. Implications of tax morale in tax compliance behaviour: Albania’s case: SSRN Electronic Journal.

Bobek, Donna D dan RC Hatfield, 2003, ‘An Investigation of the Theory of Planned Behavior and the Role of Moral Obligation in Tax Compliance’, Behavioral Research in Accounting.

Budhiarta, Iwan dan Muttaqin, Samuthi. 2019. Pengukuran Kualitas Pelayanan Rumah Sakit di Aceh dengan Model HSQ-Metrix. Jurnal Maksipreneur Vol. 8 No. 2 Juni 2019. Hal. 154 – 164

Budhiarta, Iwan dan Samuthi Muttaqin. 2019. Model HSQ-Metrix: Untuk Pengukuran Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Rumah Sakit di Banda Aceh. Aceh: Penerbit CV. Qiara Media.

Carsamer, E., & Abbam, A. (2020). Religion and tax compliance among SMEs in Ghana. Journal of Financial Crime. https://doi.org/10.1108/JFC-01-2020-0007

Choiriyah, et.al. (2013). Influence Taxpayer Trust Account Representative on Against Taxpayer Compliance (A Study on the Tax Office for Listed Companies Securities Indonesia). 2013 Journal of the UB

Cyan, Musharraf Rasool, et.al. 2016. The Determinants of Tax Morale In Pakistan. International Studies Program Working Paper 06-08. International Studies Program Andrew Young School of Policy Studies Georgia State University Atlanta, Georgia 30303 United States of America

Damayanti, et.al. 2015. Trust and Uncertainty Orientation: An Efforts to Create Tax Compliance in Social Psychology Framework. Procedia - Social and Behavioral Sciences 211 (2015) 938 – 944. 2nd Global Conference on Business and Social Science-2015, GCBSS-2015, 17-18 September 2015, Bali, Indonesia

Dwiyanto, A. 2017. Manajemen Pelayanan Publik: Peduli Inklusif Dan Kolaborasi. Yogyakarta: UGM PRESS

Faizal, et al. 2017. “Perception on Justice, Trust and Tax Compliance Behavior in Malaysia.” Kasetsart Journal of Social Sciences. Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.10.003.

Gatot Yulianto dan Purwanto Waluyo, 2004, “Pengaruh Keefektifan Komunikasi, Kualitas Teknikal, Kualitas Fungsional dan Kepercayaan Pada Komitmen Keterhubungan Bandara Ahmad Yani Semarang”, Telaah Manajemen, Vol.1 Edisi 3

Handayani, Sapti Wuri; et.al; (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas. Makalah Simposium Nasional Akuntansi XV. Banjarmasin. PPJK14

Jatmiko, Agus Nugroho. 2006. Sikap Wajib Pajak Pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus Dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak ((Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang). Tesis. Program Studi Magister Akuntansi. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Jogiyanto, 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi

Kusuma, Kartika Candra dan Amanita Novi Yushita. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan WPOP. Jurnal Profita Edisi 3 Tahun 2017

Luarn, Pin dan Hsin-Hui lin, (2003), “A Customer Loyalty Model For E Service Context,” Journal of Electronic Commerce Research, Vol. 4, no. 4, p. 156-167.

Majid, Abdulloh. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Tempe Barokah di Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang Jawa Tengah Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Program Studi Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Mory, Septi. 2015. Pengetahuan Layanan Kesadaran Wajib Pajak dan Kondisi Keuangan di Wilayah KPP Pratama Tanjung Balai Persandingan UU Perpajakan. (www.kemenkeu.go.id) Diakses tanggal 20 Juli 2018

Nabila, Zahra Durah, and Isroah Isroah. 2019. “Pengaruh Kewajiban Moral Dan Lingkungan Sosial Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pengusaha.” Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen 8(1):47–58. doi: 10.21831/nominal. V8i1.24498

Nasution, Kristin. 2019.Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, Kewajiban Moral Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Lubuk Pakam. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Medan Area.

Parasuraman, et.al. 2011. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implication for Future Research. Journal Of Marketing, Volume 49.

Pratiwi, Ni Putu Mitha dan Ni Ketut Lely L Aryani (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral, Sanksi Pajak dan Tapping Box pada Kepatuhan Wajib Pajak Hotel. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. DOI: https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v26.i02.p19

Putri, Kadek Juniati dan Setiawan, Putu Ery. (2017). Pengaruh Kesadaran, Pengetahuan Dan Pemahaman Perpajakan, Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.18.2. Februari (2017)

Ratmono, Dwi, dan Nur Cahyonowati. 2013. Kepercayaan Terhadap Otoritas Pajak Sebagai Pemoderasi Pengaruh Deterrence Factors Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pribadi. Jurnal Akuntansi Indonesia, Vol. 2 No. 1 Januari 2013, Hal. 1-15

Salsabila, Najla Ulfah. 2018. Pengaruh Religiusitas, Nasionalisme, Kepercayaan Pada Otoritas, Dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. (Studi Empiris Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta). Skripsi. Program Studi Akuntansi pada Fakultas Ekonomi UII

Susila, B., et.al. (2016). Wajib Pajak dan Generasi Muda: Tax Morale Mahasiswa di Indonesia Taxpayers and Young Generation: Tax Morale of Indonesian College Students. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 16(2), 154–172

Tri Yani, Melda (2019) Analisis Pemahaman Bendahara Pemerintah Terhadap Kewajiban Perpajakan Pada Bagian Keuangan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Tahun 2018. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Wahl, I., B. Kastlunger, dan E. Kirchler. 2010. "Trust in authorities and power to enforce tax compliance: An empirical analysis of the “Slippery Slope Framework”". Vol. 32, No. 4, hlm: 383-406.

Yoeti, Oka A. 2014. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.

Yulianto, Gatot dan Purwanto Waluyo.2004. Pengaruh Keefektifan Komunikasi, Kualitas Tekhnikal, Kualitas Fungsional dan Nilai pelanggan pada Komitmen Keterhubungan Pada Bandara Ahmad Yani Semarang. Telaah Manajemen Vol 1, Edisi 3 Magister STIE Stikubank Semarang.




DOI: https://doi.org/10.31334/reformasi.v11i2.4192

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/reformasi.v11i2.4192.g2154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Reformasi Administrasi : Jurnal Ilmiah untuk Mewujudkan Masyarakat Madani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI
Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani

ISSN : 2355-309X (Cetak), 2622-8696 (media online)
Email : [email protected] / [email protected]
Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/reformasi/index

 

 INDEXED BY :