ANALISIS PELAKSANAAN STRATEGI PENINGKATAN PENERIMAAN PAJAK REKLAME PADA UNIT PELAYANAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH CEMPAKA PUTIH TAHUN 2014-2016

Tirza Aditya, Chairil Anwar Pohan

Abstract


This research aims to determine the implementation of the strategy for increasing advertisement tax revenue, to find out any problems found by the unit of tax service and regional restitution, and to resolve the problem on its implementation. This research uses descriptive type and qualitative approach. Data collection techniques uses for this research is interviews, observation and documentation. Conclusion research strategy of the increased in revenue advertisement tax in tax service unit and levies cempaka putih central jakarta not yet optimal because there are still many taxpayers who have not list repeated, lack of the expansion of taxpayers new, human resources not effective, lack of taxpayers who has not done their obligations, not fully sanstions applied because it is still the weak supervision. Advice research strategy of the increased in revenue advertisement tax in the service taxes and levies dae service unit.


Keywords


Strategi of Increasing Advertisement Tax Acceptance

Full Text:

PDF

References


Adriani, P.J.A, 2013. Pengantar Ilmu Hukum Pajak. Jakarta: Gramedia

Devas, Nick et al. 1989. Keuangan Pemerintahan Daerah di Indonesia. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

David, Fred R. 2009. Strategic Management. Jakarta: Salemba Empat.

Halim, A. 2008. Akuntansi Keuangan Daearah. Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat.

Kuncoro, Mudrajat. 2005. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga

Makmur, syarief. 2008. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dan Efektivitas Organisasi. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Mardiasmo. 2004. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: CV Andi Ofset.

---------------. 2016. Perpajakan Edisi Terbaru 2016. Yogyakarta: CV Andi Ofset.

Munir, Dasril et al. 2004. Kebijakan dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: Yayasan Pembaruan Administrasi Publik Indonesia

Pohan, Chairil Anwar. 2017. Pembahasan Komprehensif Pengantar Perpajakan Teori dan Konsep Hukum Pajak Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media

---------------------------------. 2017. Perpajakan Indonesia Teori dan Kasus Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media

Rahayu, Siti Kurnia. 2010 .PERPAJAKAN INDONESIA: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Rahman, Abdul. 2010. Panduan Pelaksanaan Administrasi Pajak untuk Karyawan, Pelaku Bisnis dan Perusahaan. Bandung: Nuansa.

Resmi, siti. 2014. Perpajakan Teori dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Samudra, Azhari A. 2016. Perpajakan Indonesia Keuangan Pajak Retribusi Daerah. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, Diana. 2013. Konsep Dasar Perpajakan. Bandung: Refika Aditama

Siahaan, Marihot P. 2010. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta :

Raja Grafindo Persada.

Simanjuntak,Timbul Hamonangan dan Imam Mukhlis. 2012. Dimensi Ekonomi Perpajakan Dalam Pembangunan Ekonomi. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Sugandi, Yogi Suprayogi. 2011. Ilmu Adminstrasi Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke lima belas. Bandung: Alfabeta.

Suparmo & Theresia. 2010. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Andi

Zuraida, Ida dan L. Y. Hari Sih Advianto. 2011. Penagihan Pajak. Jakarta: Ghalia Indonesia.

JURNAL DAN SUMBER LAIN

Agatha Ridha. 2014. Upaya Dinas Pendapatan Daerah Dalam Meningkatkan Pendapatan Pajak Reklame Di Kota Samarinda. http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2014 /09/ejurnal%20Agatha%20Ridha%20%2809-18-14-04-23-48%29 .pdf. Diakses 11 Januari 2018.

Dewi Khairi Yenti dan Endang Sutrisna. 2013. Strategi peningkatan pajak reklame. Riau.

https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JAP/article/view/2242

Diakses 11 November 2017.

Nor Ramadhania. 2014. Pemungutan Pajak Reklame Di Kota Samarinda Oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Samarinda Tahun 2009-2012.

http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/?p=895. Diakses

Januari 2018.

Oktafauziah, Fierly dan Farida Idayati. 2014. Penilaian Intensifikasi dan Ekstensifikasi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Surabaya.

https://ejournal.stiesia.ac.id/jira/article/viewFile/304/298. Diakses 21 November 2017.

Rahmi, Ade. 2013. Pengaruh Intensifikasi dan Ekstensifikasi terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Guna Mewujudkan Kemandirian Keuangan Daerah (Studi Empiris Pada Pemerintah KotaPadang).Padang. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/viewFile/709/466. Diakses 21 November 2017.

Sulistiyoningsih dan Farida Idayati. 2014. Kontribusi Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Surabaya. https://ejournal.stiesia.ac.id/jira/article/viewFile/529/497. Diakses 11 November 2017.

Sidik, Machfud. 2002. Strategi Meningkatkan Kemampuan Keuangan Daerah Melalui Penggalian Potensi Daerah Dalam Rangka Otonomi Daerah. Bandung: Makalah seminar 58.

Tunliu, J.J. 2008. Pengaruh Intensifikasi dan Ekstensifikasi Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Guna Mewujudkan Kemandirian Keuangan Daerah (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kota Kupang-NTT). Tesis. Program Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang.

Vera Fransisca Pesik. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Reklame di Kota Manado. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2224 Diakses 11 November 2017.

PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN

Undang-undang No. 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah.

Pergub No. 27 tahun 2014 tentang penetapan nilai sewa reklame sebagai dasar penetapan reklame.

Perda No. 12 tahun 2011 tentang pajak reklame.




DOI: https://doi.org/10.31334/reformasi.v5i1.467

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/reformasi.v5i1.467.g286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI : Jurnal Ilmiah untuk Mewujudkan Masyarakat Madani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI
Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani

ISSN : 2355-309X (Cetak), 2622-8696 (media online)
Email : [email protected] / [email protected]
Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/reformasi/index

 

 INDEXED BY :