Pengaruh Persepsi Wajib Pajak PBJT Restoran atas Penerapan Perda DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2024 Pasal 45 (2) Huruf A, Kualitas Pelayanan dan Sosialisasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak PBJT Restoran di Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah Wilayah Grogol Petamburan
DOI:
https://doi.org/10.31334/reformasi.v12i1.4686Keywords:
Persepsi Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sosialisasi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak,Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi wajib pajak atas penerapan ambang batas pada Perda No 1 Tahun 2024, Kualitas Pelayanan dan Sosialisasi Perpajakan baik secara terpisah (partial) maupun bersamaan (simultan) terhadap kepatuhan wajib pajak Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak dari Pajak Restoran dengan jumlah sebanyak 579 WP, dengan menggunakan rumus Slovin maka diperoleh sample sebanyak 85 orang. Tehknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis statistik inferensial menggunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dengan uji hipótesis menggunakan uji t, uji F serta menghitung adjusted R Square dengan bantuan SPSS versi 25. Penelitian ini dilakukan di Kantor UPPPD Grogol Petamburan. Dari seluruh uraian dalam pembahasan, dapat ditarik kesimpulan bahwa persepsi WP tergolong baik, kualitas pelayanan terkategori baik, sosialisasi perpajakan baik, sementara kepatuhan wajib pajak mendapat kategori sedang. Berdasarkan análisis perhitungan secara parsial terdapat pengaruh: persepsi WP sebesar 23,7% dengan nilai r sebesar 0,487 yang berarti derajat hubungan sedang; kualitas pelayanan sebesar 58,1% dengan nilai 0,762 yang berarti derajat hubungan kuat; sosialisasi perpajakan juga berpengaruh terhadap kepatuhan sebesar 52% dengan nilai r sebesar 0,721 yang berarti derajat hubungan yang kuat. Secara simultan (bersama) terdapat pengaruh persepsi WP, kualitas pelayanan dan sosialisasi perpajakan sebesar 66,9% dengan nilai r 0,818 yang berarti derajat hubungan yang sangat kuat.References
Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes. 50(2):179-211.
Ameyaw, E. E., Hu, Y., Shan, M., Chan, A. P., & Le, Y. 2016. Application Of Delphi Method in Construction Engineering and Management Research: A Quantitative Perspective. Journal of Civil Engineering and Management, 22(8), 991-1000
Ameyaw, E. E., Hu, Y., Shan, M., Chan, A. P., & Le, Y. 2016. Application Of Delphi Method in Construction Engineering and Management Research: A Quantitative Perspective. Journal of Civil Engineering and Management, 22(8), 991-1000
Berutu, Dian Anggraeni dan Puji Harto. 2013. Persepsi Keadilan Pajak Terhadap Perilaku Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP), Diponegoro Journal of Accounting, vol. 0, pp. 265-274, Jul. 2013
Binambuni, Dony. 2013. “Sosialisasi PBB Pengaruhnya Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Desa Karatung Kecamatan Nanusa Kabupaten Talaud†Oleh: Jurnal EMBA Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 2078-2087, 2013.
Burhan, Hana Pratiwi. (2015). “Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pengetahuan Perpajakan, Persepsi Wajib Pajak Tentang Sanksi Pajak dan Implementasi PP No. 46 Tahun 2013 Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empisris pada Wajib Pajak di Kabupaten Banjarnegara)â€. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis: Universitas Diponegoro.
Burhan, Hana Pratiwi. 2015. Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pengetahuan Perpajakan, Persepsi Wajib Pajak tentang Sanksi Pajak dan Implementasi PP Nomor 46 Tahun 2013 Terhadap Kepatuhan Wajib pajak Orang Pribadi (Studi Empiris padaWajib Pajak di Kabupaten Banjarnegara) Diponegoro Journal of Accounting Volume 4, Nomor 2, Tahun 2015, Halaman 1-15 http://ejournal s1.undip.ac.id/index.php/accounting ISSN (Online): 2337-38
Caroko, Bayu; Heru Susilo; dan Zahroh Z.A. (2015). “Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pajak dan Sanksi Pajak terhadap Motivasi Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Membayar Pajakâ€. Jurnal Perpajakan (JEJAK) (Vol. 1 No. 1). Hlm. 1-10. Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Malang
Davey, Kenneth. 1988. Pembiayaan Pemerintahan Daerah : Praktek praktek internasional dan Relevansinya bagi Dunia Ketiga. (penerjemah, Amanullah). Jakarta : Universitas Indonesia (UI-Pres)
Ghozali, Imam. 2021. Aplikasi Analisis Multivariate denga Program IBM SPSS25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamilah et al. 2022. The Influence of Tax System Perception, Tax Justice, Tax Rate, Tax Audit, Discrimination on Tax Embroidery Behaviour. Governance Risk Management Compliance and Sustainability (JGRCS) ISSN 2776-9658 (online) Volume 2 Number 1 (2022): 25- 35
Imaniati, Zaen Zulhaj. 2016. Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Tentang Penerapan PP No. 46 Tahun 2013, Pemahaman Perpajakan, Dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Akuntansi Jurusan Pendiddikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
Komala, Kirana Cipta; Suhadak; Maria Goretti Wi Endang NP. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang) Journal article Jurnal Mahasiswa Perpajakan. Jurnal Mahasiswa Perpajakan Vol 2 No 1 1-9. https://www.neliti.com/publications
Lestary, Sizka Rismaningsih et al. 2021. The Effect of Tax Fairness, Tax Socialization and Tax Understanding on Tax Compliance: A Study on Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). Journal of Accounting Auditing and Business-Vol.4, No.1, 2021. Faculty of Economics and Business Universitas Padjadjaran 10.24198/jaab.v4i1.31998 http://jurnal.unpad.ac.id/jaab – ISSN: 2614-3844 87
Mareta, Emielia et al. (2014). “Pengaruh Pelaksanaan Sensus Pajak Nasional, Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Batu)â€. Jurnal. Hlm. 1-9.Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Unversitas Brawijaya, Malang.
Nugroho, Tri Cahyo dan Lutfiana Apriladiestya. 2023. Pengetahuan Dan Pemahaman Pajak Serta Kesadaran Wajib Pajak Pada Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Di Perumahan Margasari Tigaraksa). Vol 4 No 1 – Februari 2023. Indonesian Journal Accounting (IJAcc). ISSN: 2723-5262.
Nur, Siti Annisa dan Susi Dwi Mulyani. 2020. Pengaruh Sikap Rasional, Pelayanan, Dan Pemahaman Peraturan Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Preferensi Risiko Sebagai Variabel Moderating. Prosiding Seminar Nasional Pakar ke 3 Tahun 2020 ISSN (P): 2615 - 2584 Buku 2: Sosial dan Humaniora ISSN (E): 2615 – 3343
Nuroctaviani, Yeyen Rumi dan Y. Agus Bagus Budi N. (2012).“Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepatuhan Membayar Wajib Pajak (Studi Kasus di Kantor Pelayanan Pajak di Jakarta Kelapa Gading)â€. Jurnal Informasi Perpajakan, Akuntansi dan Keuangan Publik (Vol. 7, No. 1). Hlm. 61-72. Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti, Jakarta.
Pramana R, Heldy Andre dan Afifudin. 2018. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kemauan Wajib Pajak Dalam Mengikuti Program Sunset Policy. E-JRA Vol. 07 No. 06 Agustus 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang
Ramdhani, Putri Elnabila. 2020. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan di Kabupaten Subang. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi) Volume 01 Nomor 05 Tahun 2020 (Hal: 22-33)
Robiansyah, Anton; Pratana Puspa Midiastuty, Eddy Suranta, Suparsiyem. 2020. Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Atas Pemahaman Peraturan Perpajakan, Akuntabiltas Pemerintah, Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. I-FINANCE Vol.06 No. 01 Juni 2020. http://jurnal.radenfatah.ac.id/indez.php/i-finance
Rusli, Rahayu Hana Puspita dan P. Basuki Hadiprajitno. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Usaha Di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Accounting Volume 3, Nomor 4, Tahun 2014, Halaman 1-13
Sudrajat, A., dan Ompusunggu, A. P. (2015). Pemanfaatan teknologi Informasi, Sosialisasi Pajak, Pengetahuan Perpajakan, dan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Perpajakan, Vol. 2(2), 193– 202.
Trisnasari, Ayu Tut Sukma et al. 2017 tentang Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kemauan Wajib Pajak Dalam Mengikuti Program Tax Amnesty. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) UNDIKSHA
Wulandari, Tristian Nurfitriana. (2015). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak UMKM dengan Preferensi Resiko sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan
TribunJogja. (2016). “Optimalisasi Penerimaan Wajib Pajak dari UMKMâ€. Diambil dari http://jogja.tribunnews.com/2016/01/03/optimalisasipenerimaan wajib-pajak-dari- umkm-dilirik pada tanggal 17 Januari 2016
Okezone diambil dari http://economy.okezone.com/read/2015/02/10/20/1103723/ukm dominsi penerimaan - pajak-di-yogyakarta pada tanggal 23 Juni 2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Please find the rights and licenses in JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI
Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
- License
The commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Majalah Ilmiah Bijak permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Majalah Ilmiah Bijak on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy.
JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement"prior to the article publication.