Analisis Pengaruh Kompetensi dan Kedisiplinan Tenaga Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Jasinga Kabupaten Bogor Jawa Barat
Abstract
Methods: This research uses quantitative research with an explanatory approach. Data analysis used the IBM SPSS Statistics Version 24 Program. Research Population The population in this study were recipients of inpatient services at the Jasinga Health Center from January to December 2019 as many as 781 patients, with Slovin (5%) getting 265 respondents. The sampling technique used accidental sampling.
The results of the study: First, the positive and significant effect on the activities of inpatients at the Jasinga Health Center, Bogor Regency, West Java, with a regression equation test the magnitude of the effect is 0.997. Second, there is a positive and significant effect of the discipline of health workers on inpatients at the Jasinga Health Center, Bogor Regency, West Java, with a regression equation test the magnitude of the effect is 0.253. Third, there is a positive and significant effect of Competence and Discipline of Health Workers together on Inpatients at the Jasinga Health Center, Bogor Regency, West Java, with the magnitude of the influence of Competence and Discipline of Health Workers together on Inpatients at the Jasinga Health Center, Bogor Regency, West Java, reaching 0,789.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Penerbit Aswaja Pressindo.
Ardiani, Nunuk. 2005. Disiplin Pegawai. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rineka Cipta.
Davis, Gordon B. 2002. Kerangka Dasar: Sistem Informasi Manajemen. Bagian I Pengantar. Seri Manajemen No. 90-A. Cetakan Kedua Belas. Jakarta: PT. Pustaka Binawan Pressindo.
Dharma, Surya. 2012. Pengembangan SDM Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: AmaraBooks.
Evelyn Orr. J. et al. 2010. Best Practices in Developing and Implementing Competency Models. Los Angeles: The Korn/Ferry Institute.
Fathoni, H. Abdurrahmat. 2006. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hardiansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan. Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media
Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan, Ali. 2013. Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo.
Hutasoit. 2011. Pelayanan Publik: Teori dan Aplikasi. Jakarta: MagnaScript Publishing.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta; Erlangga.
Latunreng, Wahyuddin. Budaya Organisasi, Edisi Bisnis Globat: Sebuah Kebutuhan untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang. Jakarta: IPPSDM-WIN.
-------. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: IPPSDM-WIN.
Latunreng, Wahyuddin dan Sofar Silaen. 2008. Perilaku Organisasi. Jakarta: IPPSDM-WIN.
Lovelock, H,C & Lauren K, Wright. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Alih Bahasa Agus Widyantoro. Jakarta: Indeks.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mangkuprawira dan Hubeis. 2007. Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia
Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta:Raja GrafindoPersada.
Mulyadi, Mohammad. 2019. Metode Penelitian Praktis Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Publica.
Mulyasa, E, 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya.
Nazir, Moh. 2006. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nitisemito, S.Alex. 2008. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Palan. R. 2008. Competency Management: Teknik Mengimplementasikan Manajemen SDM Berbasis Kompetensi untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi. Cetakan.2. Jakarta: PPM.
Priansa, Donni Juni, Suwanto. 2014. Manajemen SDM: Dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan
Publik.
Rivai, Veitzhzal, Ella Jauvani Sagala. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sandjaja, B dan Albertus Heriyanto. 2011. Panduan Penelitian. Edisi Revisi. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen–Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Sedarmayanti. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Mandar Maju.
Sinambela, Lijan Poltak, 2012. Kinerja Pegawai: Teori Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
-------. 2008. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Siswanto, 2006. Pengantar Manajemen. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara
Sodikin, Dickdick et al. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun Paradigma Baru. Jakarta: Salemba Empat.
Suparno, 2005. Kompetensi Pegawai dalam Organisasi. Jakarta, Bumi Aksara.
Suprihatinungrum, Jamil. 2013. Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyanti D. 1999. Strategi Pelayanan Prima. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Sugiyono. 2008. Statistik untuk Penelitian. Cetakan kedelapan Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, Edy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kecana Perdana Media Group.
Tjiptono, Fandy dan Anastasis Diana. 2012. Total Quality Management. Edisi Revisi, Yogyakarta: Andi.
Wibowo, 2012. Manajemen Kinerja, Edisi. 3, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Jurnal
Ermayenti, E., & Heryanto. H. 2019. “The Effect Of Competence And Discipline Of Work On Public Satisfaction In The Regional Office Of The Ministry Of Religion In West Sumatera Province With Quality Of Service As An Intervening Variable”. Archives of Business Research, 7(7), 69-
Nirmalarumsari, Chrecencya. 2020. “Hubungan Kompetensi Perawat, Etika, dan Disiplin Kerja Perawat dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Pontap Kota Palopo Tahun 2020.” Jurnal Kesehatan Luwu Raya, Vol.7 No.1.
Purwanto, A.B., dan Wahyuningsih, S. 2013. “Pengaruh Kedisiplinan dan Ketanggapan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Kualitas Pelayanan sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Hotel
di Kabupaten Semarang).” Fokus Ekonomi, Vol. 8 No. 2.
Rensi, Nika. 2019. “Pengaruh Kompetensi Tenaga Medis dan Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien pada Puskesmas Poncowati Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah.”
Jurnal Simplex, Volume 2, Nomor 2.
Yunanto, Yogi. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Disiplin Kerja Karyawan terhadap Kepuasan Pasien Askes di PT Askes Kediri.” Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, Vol. 1, No. 1.
DOI: https://doi.org/10.31334/transparansi.v4i1.1608
Copyright (c) 2021 Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi
Email :[email protected]
Website:https://ojs.stiami.ac.id/index.php/transparansi
LISTED & INDEXED :
|