E-Government sebagai Bentuk Inovasi Pemerintah Daerah untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Authors

  • Anjani Anjani FISIP, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin
  • Sitna Hajar Malawat FISIP Universitas Islam Kalimantan MAB, Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31334/transparansi.v6i2.3416

Keywords:

Innovation, Public Service, , e-government, Employees, Society

Abstract

The development of technology and communication is increasingly advanced and rapid, knowingly or unknowingly it has its own impact on people's lifestyles and the current pattern of government work. In the past, there was a distance between the government and the people. But now, with increasingly advanced technological developments between the government and the people it seems as if there is no distance anymore. Then, the current public service paradigm considers recipients of public services as citizens so that there is no difference in terms of social status, ethnicity, race or religion. These changes make local governments inevitably have to innovate to provide the best service to the community.

References

. Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.

. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-geverment

. Mochammad, R. (2019). Inovasi Pelayanan Publik. KEMUDI: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 1-20.

. Nova, K., & Hikmah, H. (2022). Pengaruh Inovasi Pelayanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada kntor Kecamatan Belakang Padang Di Kota Batam. Jurnal Ekuivalensi, 8(1), 29–39. https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v8i1.657

. PERMENPAN RB Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik

. Prihati, Nurpeni, Eka, Hernimawati, Surya Dailiati, Elly Nielwaty, & Erinaldi. (2022). Inovasi Pelayanan Kunjungan Anak Didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Pekanbaru Pada Saat Covid-19. Jurnal Niara, 15(2), 368–378. https://doi.org/10.31849/niara.v15i2.10357

. Studi, G., Aplikasi, T., In, S., Di, P., Pati, B., Ferdian, K. J., & Rahman, B. (2022). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E- PENDAHULUAN Globalisasi tidak dapat dipisahkan dengan hadirnya era digitalisasi atau kemajuan teknologi infomasi dan komunikasi . Digitalisasi memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap sekto. 6(2), 245–263.

. Tui, F. P., Ilato, R., & Katili, A. Y. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Melalui E-Government Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Gorontalo. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(2), 254–263. https://doi.org/10.37606/publik.v9i2.338

Downloads

Published

2023-12-25

Issue

Section

Articles