Implementasi Program Kartu Identitas Anak Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Kalijudan Kota Surabaya

Prana Lintang Gading Mayang Pandita, Vidya Imanuari

Abstract


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik kurun waktu 5 tahun terakhir, 30.1 persen atau 79 juta jiwa dari seluruh penduduk Indonesia adalah anak-anak. Untuk itu, pemerintah mempunyai strategi program kartu identitas anak di Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2016. Implementasi program ini agar pemenuhan hak dan perlindungan anak yang belum memiliki KTP untuk mendapatkan tanda pengenal kependudukan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa sebagian masyarakat tidak tertib pengurusan administrasi kependudukan kartu identitas anak. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Implementasi Program Kartu Identitas Anak dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Kalijudan Kota Surabaya beserta aspek internal dan aspek eksternal. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek internal dan eksternal yang memiliki hubungan terhadap pelaksanaan Implementasi Program Kartu Identitas Anak dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Kalijudan Surabaya sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan ketersediaan sumber daya manusia atau pegawai yang memadai serta berkompeten, SOP pelayanan jelas, pelayanan di kelurahan dan balai RW secara online pada website Klampid New Generation. Namun, sosialisasi perlu ditingkatkan kembali supaya meningkatkan kesadaran warga tentang manfaat dan kepemilikan dokumen kependudukan kartu identitas anak.

Keywords


Implementation; Child Identity Card; Citizenship administrative services;

Full Text:

PDF

References


Akasumbawa, M. D. D., Adim, A., & Wibowo, M. G. (2021). Pengaruh Pendidikan, Angka Harapan Hidup dan Jumlah Penduduk Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Negara dengan Jumlah Penduduk Terbesar di Dunia. Riset, Ekonomi, Akuntansi Dan Perpajakan (Rekan), 2(1), 11–20. https://doi.org/10.30812/rekan.v2i1.1047

Diana Putri, A., & Roisul Basyar, M. (2023). Implementasi Klampid New Generation dalam Peningkatan Pelayanan Publik di Kelurahan Klampis Ngasem Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 694–701.

Ismail, & Ismail, M. (2022). Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut. Registratie, 4(April), 22–31.

Jones. (2017). Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung : Alfabeta.

Kalijudan, K. (2022). Bagian Pemerintahan dan Kesra. Surabaya.Go.Id. https://pemerintahan.surabaya.go.id/kelurahan_kalijudan

Lydia, A.D.,& Wibawani., S. (2023). Pendampingan Layanan Administrasi Kependudukan Melalui Pelayanan “Sayang Warga” Di Balai Rw Kelurahan Semolowaru. 3(2), 257–262.

Mufidah, Makhrita ;Rahmadanik, D. (2023). Implementasi Program Kalimasada Melalui Aplikasi Klampid New Generation Di Kantor Kelurahan Pagesangan Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 3(03).

Pasolong, H. (2020). Metode Penelitian Administrasi. ALFABETA,cv.

Perempuan, K. P. (2018). Profil Anak Indonesia 2018 (D. Romadhon (ed.)). KPPA.

Sari, D. N., Rahmadani, D. Z., & Wardani, M. Y. (2020). Implementasi Kebijakan Pemerintah Kota Surabaya Dalam Mewujudkan Inovasi Smart City tentang Kebijakan Strategi Nasional kepada masyarakat maupun lembaga bahwa adanya inovasi daerah ini. Journal of Governance Innovation, 2(2), 112–130.

Siregar, I. S., Hartono, B., & Harahap, D. (2022). Implementasi Kebijakan Pelayanan Kartu Identitas Anak di Kecamatan Kotapinang pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(4), 2496–2505. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.1099

Tanti, N. (2019). Sosialisasi Program Kartu Identitas Anak Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(3), 1–11.




DOI: https://doi.org/10.31334/transparansi.v6i2.3455

Copyright (c) 2023 Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats


Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi

ISSN Media cetak2085-1162

ISSN Media online2622-0253

Email :[email protected]
Website:https://ojs.stiami.ac.id/index.php/transparansi

LISTED & INDEXED :