Strategi Peningkatan Kinerja Pegawai pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian di Kantor Kecamatan Rowokangkung

Nova Dewi Eliza, Wardatuz Sobri, Rani Nurul Laili Herzegovina

Abstract


(Strategies for Improving Employee Performance in the General Affairs and Personnel Subdivision at the Rowokangkung Subdistrict Office)

Improving employee performance is a crucial element in efforts to improve the quality of public services at the sub-district office. This study aims to identify and formulate effective strategies to improve employee performance in the general and personnel sub-sections at the Rowokangkung Sub-district Office. The method used in this study is a qualitative approach through in-depth interviews, observation, and analysis of relevant documents. The objectives of the study are to identify steps that can be taken to create a work culture, to identify factors that hinder employee performance, and to identify strategies for improving employee performance in the general affairs and human resources sections of the Rowokangkung subdistrict office. The results of the study indicate that there are several key areas that require attention, including the most significant obstacles: infrastructure, employee competency development, and motivation enhancement. The recommended strategies include continuous training and development, the implementation of a transparent and fair performance evaluation system, and incentive programs to increase motivation and job satisfaction. The implementation of these strategies is expected to improve operational efficiency and effectiveness, as well as enhance the quality of services provided to the community in Rowokangkung Subdistrict. This study makes a significant contribution to designing strategies focused on improving employee performance in the public sector. Well-performing office staff will support the effective and efficient achievement of objectives, thereby accelerating the implementation of activities at the sub-district office.

Abstrak

Peningkatan kinerja pegawai merupakan elemen krusial dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di kantor kecamatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan merumuskan strategi yang efektif untuk meningkatkan kinerja pegawai pada sub bagian umum dan kepegawaian di kantor Kecamatan Rowokangkung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen terkait. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui langkah-langkah yang dapat diambil untuk menciptakan budaya kerja, untuk mengetahui faktor yang menghambat kinerja pegawai dan mengetahui strategi peningkatan kinerja pegawai pada sub bagian umum dan kepegawaian di kantor kecamatan Rowokangkung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kunci yang memerlukan perhatian, termasuk hal yang paling menghambat ialah sarana dan prasarana, pengembangan kompetensi pegawai, dan peningkatan motivasi. Strategi yang di rekomendasikan meliputi pelatihan dan pengembangan berkelanjutan, penerapan sistem evaluasi kinerja yang transparan dan adil, program insentif untuk meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja. Implementasi strategi ini diharapkan dapat memperbaiki efisiensi dan efektivitas operasional, serta meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat di kecamatan Rowokangkung. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam merancang strategi yang berfokus pada peningkatan kinerja pegawai di sektor publik. Pegawai kantor yang baik akan mendukung tercapainya tujuan secara efektif dan efisien akan menciptakan percepatan pelaksanaan kegiatan di kantor kecamatan.

Keywords


Strategi peningkatan; kinerja pegawai; kepegawaian

Full Text:

PDF

References


Adi, D K. (2001). Kamus Praktis Bahasa Indonesia. Surabaya : Fajar Mulya

Administration, (Cengage Learning).

Ahmad Rijali. (2018). Analisis data kualitatif. UIN Antasari Banjarmasin.

Anton Moeliono, 2005. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka , hlm. 795

B. Matthew Miles dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.

David, Fred R. Strategic Management: A Competitive advantage Approac, Concept and Cases (13th Edision). London: Prentice Hall-International, 2010.

Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Herzegovina, R. N. L. (2023). Budaya Kerja Optimal Adminstrasi Keuangan: Studi Implementasi di Kantor Kecamatan. Idarotuna: Journal of Administrative Science, 4(1), 77-84.

Herzegovina, R. N. L., & Hasan, M. S. (2023). Sistem Tata Kelola Kearsipan di Kantor Kepala Desa. Idarotuna: Journal of Administrative Science, 4(2), 137-150.

Herzegovina, R. N. L., & Hayat, H. (2022). Kualitas Pelayanan dalam Bidang Pemberdayaan Masyarakat di Kecamatan Kedungjajang Lumajang. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 5(2), 130-137.

Herzegovina, R. N. L., Masâ, M., & Musa, A. M. (2024). Strategi Peningkatan Motivasi Kerja Dosen Dalam Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di Akademi Komunitas Teknologi Syarifuddin Lumajang). Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 9(2), 306-319.

Indonesia. Undang-Undang Nomor. 19 Tahun 2008 pengertian kecamatan.

Indonesia. Undang-Undang Nomor.73 Tahun 2005 pengertian kecamatan

Kallaus, N. F., & Kelling, B. L. (1987). Administrative Office Management (Ninth Edition). Southwest Publisher Co.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan)

Lloyd G Nigro, Felix A Nigro, and J Edward Kellough, 1967, The New Public Personnel

Miles, Mattew B dan Amichael Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber

Moleong, J Lexy, Prof. Dr. 2009, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakaya

Pasolong, Harbani. 2008. Teori Administrasi Publik. Bandung:Alfabeta.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono, (2018 : 247-249) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sugiyono, (2018 : 482) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D

Sugiyono, 2005 Metode Penelitian Administrasi Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta

Suryana. (2010). Metodologi Penelitian: Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Buku Ajar Perkuliahan UPI.

tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31334/transparansi.v8i1.4519

Copyright (c) 2025 Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats


Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi

ISSN Media cetak2085-1162

ISSN Media online2622-0253

Email :[email protected]
Website:https://ojs.stiami.ac.id/index.php/transparansi

LISTED & INDEXED :