Analisis Faktor Pendorong Dan Faktor Penarik Yang Memengaruhi Minat Kunjung Pengunjung (Studi Kasus Event Pekan Raya Jakarta 2022 Di Jiexpo Kemayoran)
Abstract
Push Factors dan Pull Factors merupakan dua faktor yang dapat mempengaruhi pengunjung ingin berkunjung ke Jakarta Fair 2022, pengunjung ingin berkunjung ke PRJ yaitu untuk mencari promo, menikmati hiburan, konser musik dan mencari kuliner. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh Push Factors dan Pull Factors terhadap Minat Pengunjung pada Event Jakarta Fair 2022 Secara Parsial dan Simultan. Metode penelitian ini adalah Kuantitatif, dengan menggunakan variabel Push Factor dan Pull Factor sebagai Variabel Independen, Variabel Minat Berkunjung sebagai Variabel Dependen. Jumlah populasi pada tahun 2022 sebanyak 6,9 juta jiwa dengan menggunakan 100 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel faktor pendorong yang secara parsial mempengaruhi minat pengunjung sebesar 0,640 atau 64%, berdasarkan hasil uji T diperoleh nilai t hitung sebesar 13,206 > nilai t tabel sebesar 1,984 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Pada Variabel Faktor Penarik yang secara parsial berpengaruh terhadap minat berkunjung sebesar 0,549 atau 54,9% berdasarkan hasil uji T bahwa nilai t hitung sebesar 10,912 > nilai t tabel sebesar 1,984 maka H0 ditolak dan H2 diterima. Sedangkan Variabel Faktor Pendorong dan Faktor Penarik yang berpengaruh terhadap Minat Berkunjung secara simultan sebesar 0,712 atau 71,2%. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh Faktor Pendorong dan Faktor Penarik secara simultan terhadap Minat Berkunjung sebesar 71,2% berdasarkan hasil uji F bahwa nilai f hitung sebesar 119,876 > nilai f tabel sebesar 3,09 maka hal ini membuktikan bahwa H0 ditolak dan H3 diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Ashoer Muhammad. (2021). Ekonomi Pariwisata. Medan: Yayasan Kita Menulis. Sugiyono. (2013).
Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Dsugiyono. (2013).
Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (16th ed.). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Alfisyahr, R., & RD, L. D. (2019). Faktor Pendorong Dan Faktor Penarik Dari Wisatawan Domestik Di Kabupaten Malang, Indonesia. Media Bina Ilmiah, 14(3), 2217-2222.
Anisah. (2020). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Berkunjung Masyarakat Ke Taman Kota, Di Tarakan. Tarakan: Universitas Borneo.
Azman, H. A., & Elsandra, Y. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Kunjungan Berulang Wisatawan Milenial ke Bukittinggi. AMAR (Andalas Management Review), 4(1), 1-17.
Baniya, R., Ghimire, S., & Phuyal, S. (2017). Push and pull factors and their effects on international tourists’ revisit intention to Nepal. The Gaze: Journal of Tourism and Hospitality, 8, 20-39.
Dholym, S. F. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Jumlah Pengunjung Obyek Wisata Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Gifelem, B. T., Bopeng, L. S., & Suruan, T. M. (2022). Analisis Faktor Pendorong Dan Faktor Penarik Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung Pada Objek Wisata Pulau UM. Cakrawala Management Business Journal, 5(2), 233-239
Jaimun, S. S., Suardana, I. W., & Suwena, I. K. (2020). Analisis Faktor Pendorong Dan Penarik Wisatawan Berkunjung Ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata) p-ISSN, 2338, 8633.
KN, Ajeng Raudya Turzzahra. (2018). Motivasi Wisatawan Mengikuti Bandung Historical Study Games (BHSG), Bandung: Politeknik Negeri Bandung.
Sugiartawan, I. P. S., Dewi, L. G. L. K., & Dewi, N. G. A. S. (2020). Analisis Faktor Pendorong Dan Penarik Wisatawan Millenial Berkunjung Ke Kuta Selatan. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), 8 (1), 104 111.
Sumarni, S., Zulkarnain, Z., & Sugiyanta, I. G. (2012). Faktor-faktor Pendorong dan Penarik Wisatawan Berkunjung ke Objek Wisata Gunung Dempo. JPG (Jurnal Penelitian Geografi), 1(2).
Tanjung, R. S. S., Munajat, M. D. E., & Novianti, E. (2022). Pengaruh Faktor Pendorong Dan Penarik Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Devoyage Bogor. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(7), 7059-7072.
DOI: https://doi.org/10.31334/jd.v6i1.4701
DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/jd.v6i1.4701.g2419
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Destinesia : Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats
____________________________________________
Destinesia : Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata
- E - ISSN 2686-2042
Bulan Terbit
- Maret dan September
Email:
Penerbit :
- Program Studi Hospitaliti dan Pariwisata dan LPPM Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
Alamat :
- Jl. Pangkalan Asem Raya No. 55 Cempaka Putih Jakarta Pusat 10530 Telp: (021) 4213380