PENGARUH GAYA HIDUP DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI JANJI JIWA DI SUMMARECON KOTA BEKASI

Endra Marsudi, Teguh Santoso, Amanda Novalia Putri

Abstract


This study aims to analyze the influence of lifestyle and word of mouth on the purchase decision of soul promise coffee. This research is a quantitative research. The sample in this study amounted to 130 respondents taken using purposive sampling techniques. Data collection techniques use questionnaires that have been tested for validity and reliability. The data analysis used is multiple linear regression analysis, t test, F test, and determinant coefficient. The results in this study showed that based on the t test, the Word of Mouth variable was partially significant. Silmutantly, the Word of Mouth variable has a positive and significant effect on the decision to purchase soul promise coffee in Summarecon Bekasi city. While the Lifestyle variable partially has a significant effect, simultaneously the Lifestyle and Word of Mouth variables have a positive and significant effect on the decision to purchase soul promise coffee in Summarecon Bekasi city


Keywords


Lifestyle, Word Of Mouth, Purchasing Decision

Full Text:

PDF

References


Alaviyah, T. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian Chatime di Pekanbaru (Studi Kasus Mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Riau). E-Skripsi Universitas Islam Riau.

Azhar, S., Seftiansyah, M. D., & Putra, T. A. P. S. (2022). Analisis penerapan tax planning dengan menggunakan metode gross up sebagai efisiensi pajak penghasilan badan pada Koperasi Pegawai Telkom. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(Spesial Issue 6), 2130–2136.

Bayu, D. K., Ningsih, G. M., & Windiana, L. (2020). Pengaruh labelisasi halal, merek dan harga terhadap keputusan pembelian minuman Chatime. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(3), 239–256.

Bintarti, S., Kurniawan, E. N., Mardiputra, I. M., & Kirono, C. S. (2022). Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa. Jurnal Pelita Ilmu, 78-83.

Bonita, S., & Zuhriyah, Sri R. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Persepsi Mahasiswa terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Kota Palembang. Jurnal Manejemen dan Bisnis Sriwijaya, 13(3), 283-299.

Budiansyah, B. (2019). Pengaruh Cita Rasa, Harga dan Promosi Melalui Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Janji Jiwa Bekasi Timur. E-Skripsi Universitas Pelita Bangsa Bekasi.

Hasan, Ali. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Medpres.

Jayanti, S. E., & Muhlizar. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Isi Ulang N2N. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis

, 103-108.

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Valuta, 71-85.

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru (Survey Pada Mahasiswa Semester Vii Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, 71-85.

Kurniawan & Rosyid Ridlo,( 2017) Perilaku Konsumtif Remaja Penikmat Warung Kopi. Jurnal Sosiologi DILEMA. 32.1. Online. (https://jurnal.uns.ac.id/dilema/article/view/11232/pdf).

Marwah, S., Suharto, A., & Diansari, T. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Elzatta (Studi Kasus Konsumen Elzatta Di Kota Jember). Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember.

Meijayanti, G. R. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Di Era Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pelanggan Kopi Janji Jiwa Di Bandar Lampung). Lampung: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Musa, M., Haeruddin, M. I. W., & Haeruddin, M. (2018). Customers’ repurchase decision in the culinary industry: Do the Big-Five personality types matter? Journal of Business and Retail Management Research, 13(1), 131–137.

Nisa, K. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Studi Produk Kopi Janji Jiwa TanjungDuren Jakarta). JIMT (Jurnal Ilmu Manajemen Terapan), 44-57.

Oktavianto, Y. (2013). Pengaruh Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Usaha Mie Ayam Pak Agus Di Kota Batu. Jurnal Manajemen Bisnis, 3(1), 62-72.

Pradnyani, L. M., Abdillah, R. Y., & Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Konsumen The Body Shop Di Indonesia Dan Di Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 121-131.

Pramita, R. V. (2022). Pengaruh Brand Image dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Kedai Kopi Maning Bekasi. KALBISIANA Jurnal Sains, Bisnis Dan Teknologi, 8(4), 3691–3699.

Rumondor, P. W., Tumbel, A. L., & Ogi, I. W. J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Kopi Dan Mie Toronata Di Kawangkoan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2).

Sutardjo, D., Mandey, S. L., & Raintung, M. C. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Word Of Mouth Dan Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Pada Gloriusgloriuss Store Manado. Jurnal EMBA, 90-99.

Setiawan, W. L. (2017). Difussion of Inovation of Creative Industry Values on the Tenants of Sragen Tehcno Park Trough Business Incubator Model. European Journal of Economics and Business Studies Articles, 3.

Setiadi, N. J. 2018. PERILAKU KONSUMEN : Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Prenamedia Group.

Ulza, E., Setiawan, E., & Arifudin, M. (2019). Pengaruh Word Of Mouth, Brand Image Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 1-8.

Wibowo, A., Satiri, Ruliana, P., & Yulianto, K. (2022). Komunikasi word of mouth (wom) sebagai penentu keputusan pembelian konsumen . Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 617- 629.

Wowor, C. A. S., Lumanauw, B., & Ogi, I. W. J. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1058–1068.

Zahroh, A., & Dwijayanti, R. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopi Janji Jiwa Di Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan

Tata Niaga (JPTN), 868-874.

Buku : Sugiyono, Prof. Dr. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Irham Fahmi, S.E., M.Si. (2015). Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis. Bandung: Alfabeta Sumardy 2011. The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler,Philip dan Keller, Kevin Lane 2020 Manajemen Pemasaran Jakarta,Erlangga. Website :

https://laraspotonline.com/2018/05/gerai-janji-jiwa-nikmati-kesegaran.html?m=1 https://databoks.katadata.co.id

https://kumparan.com/viral-food-travel/daftar-menu-janji-jiwa-lengkap-dengan-harganya- 1zci90lPEho/1

https://www.suara.com/lifestyle/2020/09/16/170932/janji-jiwa- https://jiwagroup.com/id/whaton/detail/21/JIWA?theme=legacy




DOI: https://doi.org/10.31334/jambis.v4i3.4093

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/jambis.v4i3.4093.g2077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JAMBIS : Jurnal Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JAMBIS : Jurnal Administrasi Bisnis

ISSN 2775-2615 (Media Online)
Email :  [email protected]
Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMABI/index

 

INDEKS BY: