Pengaruh Media Sosial dan Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Wardah di Jakarta Pusat

Alaika Putri Nafa’ni Luthfi, Bertadi Nurseno

Abstract


This research aims to determine the influence of Social Media and Brand Ambassador on Purchase Intention for Wardah products in Central Jakarta. The research method employed is Non-probability Sampling, specifically using Convenience/Accidental Sampling, with 100 respondents. Data collection was conducted through questionnaires distributed to respondents via social media using Google Forms. The instrument testing techniques used include Validity and Reliability tests. Data analysis methods include Classical Assumption tests, Multiple Linear Regression Analysis, ttests, f-tests, and the Coefficient of Determination. The results indicate that Social Media (X1) significantly influences Consumer Purchase Intention (Y) for Wardah brand products. Additionally, Brand Ambassador (X2) significantly affects Consumer Purchase Intention (Y) for Wardah brand products.


Full Text:

PDF

References


Al Aziz, Asma Abidah. “Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Tingkat Depresi pada Mahasiswa.” Acta Psychologia, vol. 2, no. 2, 2020, pp. 92- 107, http://journal.uny.ac.id/index.php/acta- psychologia.

Amilia Suri, M. Oloan Asmara Nst. " Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa." Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol.6, No.1, Mei 2017.

Anggarani, Putu Lia Pramesti, Agung, Anak Agung Putu & Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja “Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame.” Vol. 3 No. 2, Februari 2022.

Annafik Aldaan Faikar. " Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Yamaha.” 2012.

Aprili, Viviyana “Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Smartphone Oppo (studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Islam Riau Pekanbaru.” 2021.

Astutik, Yuli "Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Wardah Kosmetik di Surabaya dengan Mediasi Sikap Merek." 2018.

Fitrianingsih, Andi Siti Chadijah "Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli dengan Citra Merek sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee di kota Makassar)." 2020.

Hanapi Muhammad, Agus Sriyanto, S.E, M.M. "Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli, dan Testimoni terhadap Keputusan Pembelian." 2018. cvpo

Herawati, Heny. “Pengaruh Iklan Media Sosial Instagram dan Celebrity Endorser ( Selebgram ) Terhadap Minat Beli (studi kasus pada toko online shop Keripik pisang coklat Krispbo.id ).” 2020.

Herdioko, Jonathan & Carmel Verona Karisma “Pengaruh Media Sosial, Brand Influencer dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli di Marketplace Shopee pada saat Pandemi COVID-19.” 2019. Vol.7, No.1, Juni 2019.

Hudha, Ardian Nur. “Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Minat Beli (studi kasus pada followers akun kuliner @kulinerdisolo ).” 2018.

Ismail, Dingot Hamonangan, Damiyana, Damdam & Kania Farida “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Aplikasi Tiket Online.” Vol. 6, No. 2, Mei 2022.

Larasati, Virginia & Elsie Oktivera “Media Sosial Instagram Berpengaruh pada Minat Beli (studi kasus pada produk wardah).” 2019. Vol.7, No.1, Juni 2019.

Lingga, Nindya Elsanora, and Berlian Primadani Satria Putri. “Pengaruh Brand Ambassador Jerome Polin Terhadap Brand Image Zenius Education.” Jurnal Ilmu Komunikasi,vol. 5, no. 1, 2022.

Misbahuddin, Muhammad Fajar. “Pengaruh Brand Ambassador Fashion Life Style dan Desain Produk Terhadap Minat Beli (studi kasus pada produk erigo).” 2022.

Muslim, Sarah Amalia. ”Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador dan Brand Image Idol K-pop Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Perusahaan E-commerce Tokopedia).” Skripsi. 2020.

Nasution, Leni Masnidar. 2017. STATISTIK DESKRIPTIF. Jurnal Hikmah, Volume 14, No. 1, Januari – Juni 2017.

Pandika, Ninin Setianing, Sagir, Junaidi & Sri Darwini “Pengaruh Brand Ambassador dan Country Of Origin Terhadap Minat Beli Konsumen (studi kasus pada skincare Korea).” Vol.7, No.1 Maret 2021.

Prasetyo, Panji Eka, Agung Utama "Brand Ambassador dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi oleh Citra Merek (Studi kasus pada XL Axiata di Pelajar dan Mahasiswa Yogyakarta)." 2018.

Purbohastuti, Arum Wahyuni. “Efektivitas Media Sosial sebagai Media Promosi.” vol.12, no.2, 2017.

Raheni, Cahyaning. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen (studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu ).” 2018.

Samosir Ligia Stephanie, Yuliani Rachma Putri, Sylvie Nurfebiaraning. " Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dewi Sandra Terhadap Putusan Pembelian Kosmetik Wardah di Kota Bandung." Jurnal Sosioteknologi. 15(2):233:240. 2016.

Sari Mutia, Habibur Rachman, Noni Juli Astuti, Muhammad Win Afgani, Rusdy Abdullah Siroj. 2023. “Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif.” Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, Volume 3, Number 1, February 2023.

Siaputra, Hanjaya. “Bagaimana Keamanan Pangan, Kualitas Makanan dan Citra Merek Mempengaruhi Minat Beli Ulang.” Vol. 6, No. 2,

Suhandi Nazori, Efri Ayu Kartika Putri, Sari Agnisa. 2018. “Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk terhadap Jumlah Kemiskinan Menggunakan Metode Regresi Linear di Kota Palembang.” Jurnal Ilmiah Informatika Global, Volume 09, No. 2 Desember 2018.

Suwarsih, Natalia, Gunawan, Theresia & Istiharini “Pengaruh Media Sosial Terhadap Citra Merek dan Niat Beli.” Vol. 4 No. 2, Juni 2021.

Utami Arum Puspa. 2016. ”Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Minimarket Kopma Universitas Negeri Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Volume 5, Nomor 6, Tahun 2016.

Wibowo, Berlianfin, Andreas Heryjanto "Pengaruh Kredibilitas Influencer, Nominal Harga dan Media Sosial Terhadap Minat Pembelian dengan Media Citra Merek di Tokopedia." Vol. 13 No. 1, 2020.

Wibowo, Didik Usman, Yulianto, Edy & Sunarti “Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Kesadaran Merek, Citra Merek dan Kepuasan Konsumen.” Vol. 16 No. 1 2022.

Wirayanthy, Noverita, Singgih, Santoso “Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label.” Vol. 2 No. 1, Januari 2019.

Yoel, Dayanti Adelia, Massie, James D.D. & Tielung Maria V.J “Pengaruh Brand Image dan Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen di Era New Normal Pandemi Covid-19 (studi kasus pada Baskin-Robbins Manado town square).” Vol.9 No.4 Oktober 2021.

Yuliara I Made. 2016. Regresi Linier Berganda.




DOI: https://doi.org/10.31334/jambis.v5i1.4883

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/jambis.v5i1.4883.g2523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 JAMBIS : Jurnal Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JAMBIS : Jurnal Administrasi Bisnis

ISSN 2775-2615 (Media Online)
Email :  [email protected]
Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMABI/index

 

INDEKS BY: