Strategi pembelajaran Bahasa Inggris pada murid Sekolah Dasar (SD)
DOI:
https://doi.org/10.31334/jks.v5i2.2842Keywords:
Grammar Translation Method (GTM), Audio Lingual Method, dan Total Physical Response.Abstract
Di Indonesia, Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang tidak digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Hal ini tentu menjadi salah satu kendala bagi para siswa untuk dapat menghafal dan memahami bahasa Inggris itu sendiri dikarenakan kurangnya intensitas penggunaannya. Pemberian pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dinilai baik karena mereka masih berada pada usia yang sangat mudah dalam menerima dan menghafal informasi Bahasa. Dikarenakan peneliti telah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (abdimas) di Perum Kresna Asri ditahun sebelumnya, maka beberapa data mengenai permasalahan yang ada telah didapatkan, yakni antara lain: (1) Siswa yang mengikuti kegiatan abdimas sangatlah beragam, mulai dari tingkat kelas maupun ketersediaan pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah masing-masing (2) motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran (3) Secara umum, kemampuan Bahasa Inggris siswa SD yang berada di lingkungan Perum. Kresna Asri ini masih dikategorikan kurang. Oleh karena itu, peneliti akan melaksanakan kegiatan abdimas dengan judul “Pembelajaran Bahasa Inggris dengan 3 Metode Untuk Siswa Sekolah Dasar (SD). Adapun ketiga metode yang akan diberikan antara lain: Grammar Translation Method (GTM), Audio Lingual Method, dan Total Physical Response. Tujuan dari pemberian pembelajaran dengan memberikan keempat metode diatas adalah untuk mendapatkan metode pembelajaran terbaik diantaranya untuk kemudian bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa secara khusus, dan metode terbaik bisa digunakan untuk pengajaran Bahasa Inggris untuk siswa SD secara umum. Dari kegiatan abdimas yang dilaksanakan menunjukkan bahwa metode Audio lingual dan TPR dinilai bisa meningkatkan minat/ motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris.
References
Agustin, Y. (2011). Kedudukan Bahasa inggris sebagai Bahasa pengantar dalam dunia Pendidikan. Deiksis, Vol. 03, No. 04. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v3i04.440
Ambarwati N.K. et.al. (2016). Pembangunan modul pembelajaran Bahasa inggris menggunakan grammar translation method berbasis android. Ultimatics, Vol. VIII, No.2. ISSN 2085-4552.
Astutik Y. & Aulina C.N. (2017). Metode total physical response (TPR) pada pengajaran Bahasa inggris siswa taman kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Bahasa dan sastra, Vol. 17, No.2. p-ISSN 1412-0712 | e-ISSN 2527-8312. DOI: http://dx.doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i2.9658.
Khaulani,F. Neviyarni S. Irda Murni. (2020). Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol VII, No 1, Januari 2020. p-ISSN: 2354-9580.e-ISSN:2685-211X. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/7372/3616
Hanandyo (2020). Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa. Prosiding Seminar Nasional. ISBN: 978-602-53231-5-7
Rahmi,P. Hijriati. (2021). Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya. Vol 7, No 1. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/9295
Sardiyanah. (2019). Pendekatan dan metode audio lingual (analisis metode sami’yah safawiyah). NASKHI: Jurnal kajian Pendidikan dan Bahasa arab, Vol. 1, No.1. ISSN (print) : 2527-5747. https://doi.org/10.47435/naskhi.v1i1.67
Syahputra. (2014). Strategi pembelajaran Bahasa inggris sebagai Bahasa asing dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Kutubkhanah: Jurnal penelitian social keagamaan, Vol. 17, No. 1.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v17i1.813
Sushanti, I Gusti Ayu Agung Dian. (2021). Kendala Dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Service Journal. Vol 1, No.2, P-ISSN: 2746-7031│E-ISSN: 2746-7023. DOI: http://doi.org/10.22225/licosjournal.v1i2.2658. 64-70.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Please find the rights and licenses in Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1.License
The commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution--ShareAlike 4.0 International License.
2.Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3.User Rights
Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat on distributing works in the journal and other media of publications.
4.Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat will only communicate with the corresponding author.
5.Miscellaneous
Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.