Strategi pembelajaran Bahasa Inggris pada murid Sekolah Dasar (SD)

Masrurotul Ajiza, Nanik Astuti Rahman

Abstract


Di Indonesia, Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang tidak digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Hal ini tentu menjadi salah satu kendala bagi para siswa untuk dapat menghafal dan memahami bahasa Inggris itu sendiri dikarenakan kurangnya intensitas penggunaannya. Pemberian pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dinilai baik karena mereka masih berada pada usia yang sangat mudah dalam menerima dan menghafal informasi Bahasa. Dikarenakan peneliti telah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (abdimas) di Perum Kresna Asri ditahun sebelumnya, maka beberapa data mengenai permasalahan yang ada telah didapatkan, yakni antara lain: (1) Siswa yang mengikuti kegiatan abdimas sangatlah beragam, mulai dari tingkat kelas maupun ketersediaan pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah masing-masing (2) motivasi siswa dalam  mengikuti pelajaran (3) Secara umum, kemampuan Bahasa Inggris siswa SD yang berada di lingkungan Perum. Kresna Asri ini masih dikategorikan kurang. Oleh karena itu, peneliti akan melaksanakan kegiatan abdimas dengan judul “Pembelajaran Bahasa Inggris dengan 3 Metode Untuk Siswa Sekolah Dasar (SD).”  Adapun ketiga metode yang akan diberikan antara lain: Grammar Translation Method (GTM), Audio Lingual Method, dan Total Physical Response. Tujuan dari pemberian pembelajaran dengan memberikan keempat metode diatas adalah untuk mendapatkan metode pembelajaran terbaik diantaranya untuk kemudian bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa secara khusus, dan metode terbaik bisa digunakan untuk pengajaran Bahasa Inggris untuk siswa SD secara umum. Dari kegiatan abdimas yang dilaksanakan menunjukkan bahwa metode Audio lingual dan TPR dinilai bisa meningkatkan minat/ motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris.


Keywords


Grammar Translation Method (GTM), Audio Lingual Method, dan Total Physical Response.

Full Text:

PDF

References


Agustin, Y. (2011). Kedudukan Bahasa inggris sebagai Bahasa pengantar dalam dunia Pendidikan. Deiksis, Vol. 03, No. 04. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v3i04.440

Ambarwati N.K. et.al. (2016). Pembangunan modul pembelajaran Bahasa inggris menggunakan grammar translation method berbasis android. Ultimatics, Vol. VIII, No.2. ISSN 2085-4552.

Astutik Y. & Aulina C.N. (2017). Metode total physical response (TPR) pada pengajaran Bahasa inggris siswa taman kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Bahasa dan sastra, Vol. 17, No.2. p-ISSN 1412-0712 | e-ISSN 2527-8312. DOI: http://dx.doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i2.9658.

Khaulani,F. Neviyarni S. Irda Murni. (2020). Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol VII, No 1, Januari 2020. p-ISSN: 2354-9580.e-ISSN:2685-211X. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/7372/3616

Hanandyo (2020). Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa. Prosiding Seminar Nasional. ISBN: 978-602-53231-5-7

Rahmi,P. Hijriati. (2021). Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya. Vol 7, No 1. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/9295

Sardiyanah. (2019). Pendekatan dan metode audio lingual (analisis metode sami’yah safawiyah). NASKHI: Jurnal kajian Pendidikan dan Bahasa arab, Vol. 1, No.1. ISSN (print) : 2527-5747. https://doi.org/10.47435/naskhi.v1i1.67

Syahputra. (2014). Strategi pembelajaran Bahasa inggris sebagai Bahasa asing dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Kutubkhanah: Jurnal penelitian social keagamaan, Vol. 17, No. 1.

DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v17i1.813

Sushanti, I Gusti Ayu Agung Dian. (2021). Kendala Dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Service Journal. Vol 1, No.2, P-ISSN: 2746-7031│E-ISSN: 2746-7023. DOI: http://doi.org/10.22225/licosjournal.v1i2.2658. 64-70.




DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v5i2.2842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

_____________________________________________

Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

ISSN 2621-6434

Email : [email protected]
Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks

   

 

 

View My Stats