Pendampingan Peningkatan Kapasitas Usaha Kerajinan Kue Tradisional di Kelurahan Lembo

Megawaty Megawaty, Hendriadi Hendriadi, Muhammad Toaha, Al Kausar Al Kausar, Abdul Haeba Ramli, Siti Mariam

Abstract


UKM usaha kerajinan kue tradisonal adalah salah satu jenis kue kering yang diproduksi masyarakat di Kelurahan Lembo Kota Makassar yang mempunyai bahan baku tepung beras lokal dari Kabupaten Sidrap yang mempunyai ciri khas pada kelembutan dan bau daun pandan sehingga menjadi aroma pada kue tersebut. Pembuatan kue tradisional ini telah memafaatkan teknologi sederhana dengan pendidikan tenaga kerja tidak terlalu memerlukan yang strata satu dan cukup mempunyai keterampilan dan ketekenunan serta disiplin kerja yang tinggi. Pada Tahun 1989, usaha kerajinan kue kering tradisonal ini mulai dikenal dan permintaan pasar makin betambah, sehingga perlu adanya pendampingan khususnya kualitas dan kuantitas produksi untuk mengantisipasi persaingan baik dari dalam negeri maupun jenis kue dari negara tetangga seperti kue coklat kering Malaysia dan Singapura. Kendala yang dihadapi mitra adalah aspek pemasaran dan modal usaha terbatas sehingga kapasitas produksi juga terbatas. Dengan adanya fenomena ini bila tidak dilakukan antisipasi, maka mitra program (UKM kerajinan kue tradisonal)  lambat laun akan tergusur produk kue lain sebagai pendatang baru memasuki pasar domestic, olehnya itu tim pelaksana program IbM akan melakuan pendampingan dan pembinaan usaha melalui pendekatan : (i) participatory rapid appraisal method, yaitu dalam mengidentifikasi masalah yang perioritas dan mencari solusinya, maka perlu diikutsertakan mitra, (ii) enterpreneurship capacity building method, yaitu membangun kemampuan tatakelola usaha untuk melakukan suatu perubahan yang berorientasi pada kewirausahaan melalui pendidikan dan pelatihan serta pendampingan dan,  (iii) teknology transfer method, yaitu membantu mitra untuk menerapkan teknologi tepat guna yang mudah dioperasionalkan dan dapat dijangkau biaya produksi.  

Keywords


Pendampingan; Peningkatan Kapasitas; Usaha Kerajinan; Kue Tradisional;

Full Text:

PDF

References


Anonim , 2001, Manajemen Hasil Perikanan, Kantor Dinas Perinakan Kabupaten Takalar.

-------------------, 2001, Kabupaten Takalar Dalam Anggka Tahun 2010

Bachtiar, I. H., Supiati, Gazali, Safrin, A., Ramli, A. H., & Mariam, S. (2023). Pelatihan Pencatatan Keuangan Usaha Dalam Rangka Pemberdayaan Pelaku Ekonomi Kreatif Di Desa Pabben-Tengang. Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas, 9(3), 442–446. https://doi.org/10.47007/abd.v9i05.6729

Davis,H.H and R.A. Goldberg. 1975. A Concept of Agribusiness. Buston: Graduate School of Business, Harvard University.

Dewi, N. P. K., & Ramli, A. H. (2023). E-Service Quality, E-Trust dan E-Customer Satisfaction Pada E-Customer Loyalty dari Penggunaan E-Wallet OVO. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(2), 321–338. https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i2.2000

Diatmono, P., Mariam, S., & Ramli, A. H. (2020). Analysis of Human Capital in Talent Management Program, Training and Development to Improve Employee Competence Case Study in BSG Group. Business and Entrepreneurial Review, 20(1), 45–66. https://doi.org/10.25105/ber.v20i1.6812

Downey D.W. and Erickson P. Steven, 1998, Agribusiness Management. Mc.Graw, Hill Book Company, New York.

Fleisher,B.1990. Agricultural Risk management, Colorado dan London: Lynne Roenner Pub.

Gumbira-Said, E. Pengantar Manajemen Teknologi untuk Agribisnis” Makala Seminar,1996,MMA-IPB, Bogor.

Guynor,G.H.1992. Acheving the Competitive Edge through Integrated Technology Management, New York; McGraw Hill.

Imran, B., Arvian, D., & Ramli, A. H. (2020). Work Life Balance Effect (Case Investigation on PT PJB Power Plant Maintenance Unit). Proceedings of the International Conference on Management, Accounting, and Economy (ICMAE 2020), 151(Icmae), 68–71. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200915.017

Imran, B., Mariam, S., Aryani, F., & Ramli, A. H. (2020). Job Stress, Job Satisfaction and Turnover Intention. Proceedings of the International Conference on Management, Accounting, and Economy (ICMAE 2020), 151(Icmae), 290–292. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200915.065

Mariam, S., Febrian, E., Anwar, M., Sutisna, Imran, B., & Ramli, A. H. (2020). Unique Capability for Poultry Distributor Companies. Proceedings of the International Conference on Management, Accounting, and Economy (ICMAE 2020), 151(Icmae), 54–58. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200915.014

Mariam, S., Panji Kresna, E., & Ramli, A. H. (2022). The Effect of Diferentiation, Price, and Facility on Customers’ Satisfaction (Case Study on Goen Authentic In East Jakarta). Majalah Ilmiah Bijak, 19(1), 96–106. https://doi.org/10.31334/bijak.v19i1.2193

Mariam, S., & Ramli, A. H. (2022). Pengenalan Digital Marketing E-Katalog bagi UMKM Binaan Jakpreneur. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 74–83. https://doi.org/10.31334/jks.v5i1.2429

Mariam, S., & Ramli, A. H. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Membangun Praktik Digital Marketing Unggul Untuk Peningkatan Pemasaran UMKM Di Kota Jakarta Barat. Indonesian Collaboration Journal of Community Services, 3(4), 379–390. https://doi.org/https://doi.org/10.53067/icjcs.v3i4.149

Mariam, S., & Ramli, A. H. (2020). Peran Mediasi Strategic Change Management pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Kondisi Pandemik Covid-19. Prosiding Seminar Stiami, 7(2), 46–52. https://ojs.stiami.ac.id/index.php/PS/article/view/954

Nufrland F. 1986. Pemasaran Produk Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin, Lemabaga Penelitian Unhas.

Ramli, A. H. (2017). Organizational Commitment and Employee Performance At Distributor Companies. Business and Entrepreneurial Review, 17(2), 121–134. https://doi.org/10.25105/ber.v17i1.5193

Ramli, A. H. (2020). Employee Innovation Behavior in Health Care. Proceedings of the International Conference on Management, Accounting, and Economy (ICMAE 2020), 151(Icmae), 31–34. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200915.008

Ramli, A. H., & Novariani, F. (2020). Emotional Intelligence, Organizational Commitment and Job Performance in the Private Hospital. Proceedings of the International Conference on Management, Accounting, and Economy (ICMAE 2020), 151(Icmae), 280–284. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200915.063

Santika A, 1991. Analisis Marjin Pemasaran Sayuran. Dataran Tinggi di Provinsi Jawa Barat, Fak.Pasca Sarjana IPB.

Steven, J., Ramli, A. H., & Mariam, S. (2023). E-Service Quality , E-Wallet Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Pada Pengguna Pembayaran Non Tunai Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(2), 267–278. https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i2.1997

Sukarno, D. B., Umar, H., & Ramli, A. H. (2020). The Effect of Corporate Enterpreneurship, Organizational Culture Through Innovation of Firm Performance in The Strategic Industry of State Deffense. American Research Journal of Business and Management, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.21694/2379-1047.20008

Supiati, S., Hafidah, A., & Ramli, A. H. (2021). Analysis of Market Retribution Management Systems in Efforts of Increasing Regional Original Income in The Office of Pd. Makassar Raya Market, Makassar City. Business and Entrepreneurial Review, 21(1), 23–46. https://doi.org/10.25105/ber.v21i1.9224

Utama, R., Basri, Y. Z., & Ramli, A. H. (2020). The Influence of Service Quality And Product Quality on Customer Loyalty with Customer Satisfaction as Mediating on The Purchase Of Indonesian Navy Ships. International Journal of Creative Research and Studies, 4(6), 56–67.




DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v6i2.3791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

_____________________________________________

Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

ISSN 2621-6434

Email : [email protected]
Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks

   

     

 

 

View My Stats