Peningkatan pengetahuan tentang K3 sekolah pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan, Serang
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan merupakan salah satu tempat yang potensial terjadinya kecelakaan. Hal ini disebabkan karena aktivitas pembelajaran, kegiatan praktikum serta penggunaan peralatan, bahan dan fasilitas penunjang lainnya yang menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan. Faktor lain yang juga menjadi risiko terjadinya kecelakaan di SMK adalah perilaku siswa yang mengabaikan prosedur, menyepelekan aturan serta kurangnya pengetahuan tentang keselamatan di sekolah. Tujuan dilakukan kegiatan PkM ini adalah meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa di SMKN 1 Ciruas mengenai pentingnya penerapan K3 di lingkungan sekolah. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa kelas X dan XI dari semua jurusan yang terdapat di SMKN 1 Ciruas sebanyak 110 siswa. Metode penyelesaian masalah dengan upaya edukasi tentang pentingnya penerapan K3 sekolah dengan pendekatan pre-postest. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebelum dilakukan edukasi sebanyak 40,9% siswa memiliki pengetahuan kurang baik. Setelah diberikan edukasi terjadi peningkatan yang signifikan pada pengetahuan siswa. Nilai mean perbedaan antara sesudah dan sebelum 2,536 dengan standar deviasi 2,866. Hasil uji statistik didapatkan nilai p sebesar 0,001 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan edukasi. Saran dari kegiatan ini bahwa sekolah dapat mengadakan kegiatan edukasi/sosialisasi tentang K3 secara berkesinambungan sehingga pemahaman K3 pada siswa dapat ditingkatkan dan dipertahankan sebagai bekal pembentukan budaya keselamatan di tempat kerja pada saat siswa lulus sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afosma, P. P., Putra, D. S., Milana, & Arif, A. (2023). Kontribusi Penerapan Aspek K3 Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PMKR Kelas XI Jurusan TKR di SMKN 2 Payakumbuh. MSI Transaction on Education, 4(3), 155–162. https://doi.org/10.46574/mted.v4i3.120
Agustina, M. (2019). Efektivitas Media Penyuluhan Audio Visual Dalam Peningkatan Sikap tentang Perilaku Berisiko pada Kesehatan Reproduksi Remaja. In Universitas Ahmad Dahlan.
Andersson, I. M., Gunnarsson, K., & Rosèn, G. (2015). Role of headmasters, teachers, and supervisors in knowledge transfer about occupational health and safety to pupils in vocational education. Safety and Health at Work, 6(4). https://doi.org/10.1016/j.shaw.2015.07.012
Claresta, A. E., & Andarini, D. (2020). Analysis of Risk Factors Causes of Occupational Accidents in the Vocational School. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200612.063
Heinrich, H. W. (1950). Industrial Accident Prevention: A Scientific Approach.
Ichsan Ali, M., Arfandi, A., Lopa, A. T., & Miftah Fauzan, M. (2022). Evaluation of learning occupational safety and environmental health in vocational schools. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(9), 3078–3090. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i9.7974
ILO. (2018). Improving the Safety and Health of Young Workers.
Kabar Banten.com. (2021). Seorang Santri di Cinangka Kabupaten Serang Meninggal Saat Latihan Renang. Kabar Banten.Com.
Kompas, & Ridho, R. (2022). Ruangan Asrama Ponpes Darunnajah 4 Serang Terbakar. https://pemilu.kompas.com/read/2022/01/12/142103978/5-ruangan-asrama-ponpes-darunnajah-4-serang-terbakar
Naufal Muhammad Agil, N., Apriyanto Titik Haryanti Ns Mona Saparwati, Sk., Wiwik Eko Pertiwi, Mk., Ns Natalia Devi Oktarina, M., Ns Achmad Syaifudin, S., Ns Tina Mawardika, Mk., & Nur Aini Fatimah, S. (2025). Buku Ajar Keselamatan Pasien Dan Keselamatan Kesehatan Kerja. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. www.buku.sonpedia.com
Pertiwi, W. E. (2022). Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Siswa Boarding School Dan Pondok Pesantren Di Kota Serang. Journal Of Baja Health Science (JOUBAHS), 2(02), 129–137. http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/adkes/article/view/2105
Pertiwi, W. E., Denny, H. M., Setyaningsih, Y., & Laksono, A. D. (2025). Strengthening Occupational Health and Safety (OHS) in Schools to Minimize Risks for Students, Teachers, and Visitors: Policy Recommendation. Journal of Indonesian Health Policy and Administration, 10(2). https://doi.org/10.7454/ihpa.v10i2.1132
Pertiwi, W. E., & Savitri, A. D. (2023). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tindakan Tidak Aman pada Siswa Sekolah Menengah Atas. J-Mestahat; IAKMI Tangerang Selatan, 3(2), 65–72. https://docs.google.com/forms/d/13kus-
Puspita Sari, W., Rezka Fedrina, Abdul Kholik, & Fajar Rizki, M. (2023). Optimalisasi Penerapan Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) Laboratorium Di Intansi Pendidikan Melalui Kegiatan Komunikasi. Artinara, 2(2). https://doi.org/10.36080/art.v2i2.100
Sambasivam, S. S., Karuppiah, K., Subramaniam, K., Praveena, S. M., & Abidin, E. Z. (2017). Potential safety risks in schools: Ensuring the safety of our precious ones. Annals of Tropical Medicine and Public Health, 10(3), 580–585. https://doi.org/10.4103/ATMPH.ATMPH_81_17
Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development: Perkembangan Masa-Hidup (N. I. Sallama, Ed.; 13th ed., Vol. 1). Penerbit Erlangga.
Shendell, D. G., Noomnual, S., Plascak, J., & Apostolico, A. A. (2018). Injuries among young workers in career-technical-vocational education and associations with per pupil spending 13 Education 1303 Specialist Studies in Education. BMC Public Health, 18(1). https://doi.org/10.1186/s12889-018-6099-9
Tarwaka. (2017). Keselamatan dan Kesehatan Kerja Manajemen dan Implementasi K3 di Tempat Kerja (II, Revisi). Harapan Press.
Wahrini, R., Nuridayanti, N., & Makmur, E. (2019). The Role of Teachers in Awareness of Occupational Safety and Health (OSH) Vocational School Students. International Journal of Environment, Engineering and Education, 1(3). https://doi.org/10.55151/ijeedu.v1i3.18
Wahyudi, K. S., Sulistyo, B., Budiman, A., & Arifin, Z. (2021). The competency of vocational graduates in the fields of mechanics and workshop management according to the needs of the automotive motorcycle industry. Journal of Physics: Conference Series, 1833(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1833/1/012014
Warphana, A., & Sukardi, T. (2019). Implementation of Occupational Health and Safety in State Vocational Schools of TKBB Expertise Competency in Yogyakarta. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v3i17.4624
Yuan, X., Li, Y., Xu, Y., & Yang, H. (2022). Teacher Support Matters: The Effect of Self-Control Demands on Safety Behavior of Vocational High School Students in China. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(12). https://doi.org/10.3390/ijerph19127220
Yurtçu, A. (2019). Investigation of work accidents in vocational and technical high schools. Universal Journal of Educational Research, 7(5), 1189–1197. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070504
Zul Ardi, S. (2017). Peranan Pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja Menggunakan Media Audio VIsual Bagi Pengetahuan Guru di SMKN X Wonosari. Seminar Nasional IENACO.
Zulatama, A., Ambiyar, A., Sukardi, S., & Devega, A. T. (2022). Kontribusi Prestasi Belajar, Pengetahuan K3 dan Pengalaman Prakerin Siswa dengan Kesiapan Kerja Siswa SMK Kelas XII di Lahat. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 8(1), 96. https://doi.org/10.24036/jtev.v8i1.115785
DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v8i1.4835
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
_____________________________________________
Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Email : [email protected]
Email : [email protected]
Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks
|