Komunikasi Pemasaran Pariwisata Desa Wisata Subang Selatan, Kabupaten Subang, Jawa Barat

Firman Syah, Imam Syafganti, Asep Taufik Muharram

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat komunikasi pemasaran pariwisata yang berjalan dan juga yang efektif di Subang Selatan. Sebab, Subang Selatan dengan ketinggian antara 500 meter hingga 1.500 meter ini memiliki destinasi wisata dengan daya tarik wisata yang berbeda-beda. Dengan pendekatan metode kualitatif diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih dalam tentang masalah yang dikaji. Hasil diperoleh bahwa komunikasi pemasaran pariwisata yang selama ini sudah dilaksanakan desa wisata di Subang Selatan antara lain melalui media sosial di kanal YouTube, mulut ke mulut dari pengunjung yang pernah merasakan petualangan di beberapa desa wisata, hingga pemasaran langsung dengan menjalin kerjasama beberapa biro perjalanan dan agen perjalanan. Namun belum semua efektif berjalan mengingat pemilik akun bukan warga atau penggerak desa wisata. Sehingga internet (website) yang berasal dari hibah Politeknik Negeri Jakarta adalah yang efektif untuk komunikasi pemasaran pariwisata. Melalui url: http://dewisubangselatan.com/ para penggerak desa wisata dapat mengoperasikan langsung website dengan mengelola foto, video, tulisan serta tampilan yang sesuai harapan.

Keywords


Komunikasi Pemasaran; Pariwisata; Politeknik Negeri Jakarta, Website; Desa Wisata Subang Selatan

Full Text:

PDF

References


H. Setiawan, “Memiilih Diantara 7 Tradisi Ilmu Komunikasi Dalam Kerangka Filosofis,” J. Darussalam J. Pendidikan, Komun. dan Pemikir. Huk. Islam, vol. 11, no. 1, p. 18, Sep. 2019, doi: 10.30739/darussalam.v11i1.447.

P. Utari, “Perspektif Tujuh Tradisi dalam Teori Komunikasi,” Komun. Massa, vol. 4, no. 2, pp. 1–13, 2011.

A. Tunggali, E. Rasyid, and W. Rahmawati, “Peran Komunikasi Pembangunan Media Massa dalam Proses Mitigasi Bencana di Indonesia,” … Lingkungan Dan …. eprints.ums.ac.id, 2019, [Online]. Available: http://eprints.ums.ac.id/85738/1/4. Komunikasi Lingkungan dan Komunikasi Bencana di Indonesia.pdf#page=88.

S. Kangean and F. Rusdi, “Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Persaingan E-Commrece di Indonesia,” Prologia, vol. 4, no. 2, p. 280, Oct. 2020, doi: 10.24912/pr.v4i2.6504.

B. Priantoro, “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA WHATSAPP (STUDI KASUS GARUDA INDONESIA SOLO),” Pros. Semin. Nas. CENDEKIAWAN, p. 2, Oct. 2019, doi: 10.25105/semnas.v0i0.5783.

I. A. Rahman and R. Panuju, “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK FAIR N PINK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM,” WACANA, J. Ilm. Ilmu Komun., vol. 16, no. 2, p. 214, Dec. 2017, doi: 10.32509/wacana.v16i2.26.

B. Febriana and Y. Setyanto, “Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Broker dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan,” Prologia, vol. 3, no. 1, p. 39, Dec. 2019, doi: 10.24912/pr.v3i1.6138.

A. A. Listyawati and M. Akbar, “Strategi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi Dalam Meningkatkan Jumlah PengunjungTaman Nasional Kutai Kalimantan Timur,” Komunikas KAREBA, vol. 5, no. 1, p. 163, 2016, [Online]. Available: http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/622367.

Y. L. Anista, “Strategi Komunikasi Pemasaran Di The Arista Hotel Palembang,” Strateg. Komun. Pemasar. Di Arista Hotel Palembang., vol. 53, no. 9, p. 287, 2018, [Online]. Available: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/5947.

K. Widiawati, “Strategi Komunikasi Pemasaran Hotel Bintang Empat Meraih Pelanggan,” J. Adm. Kant., vol. 7, no. 1, pp. 63–74, 2019, [Online]. Available: http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAKBI/article/view/1145/1000.

S. W. Littlejohn and K. A. Foss, Teori Komunikasi, Edisi 9. 2018.

F. Syah, “Strategi mengembangkan desa wisata,” Semin. Nas. Multi Disiplin Ilmu Ke-3(Sendi_U 3) 2017, vol. 3, no. Sendi_U 3, pp. 335–341, 2017.

F. Syah, “SISTEM DESTINASI PARIWISATA DI KABUPATEN BOGOR JAWA BARAT,” Maj. Ilm. Bijak, vol. 14, no. 2, 2017, doi: 10.31334/bijak.v14i2.13.

M. K. Novita Rani, SKM, “Metode Pengumpulan Data Kualitatif,” Stikes hangtuahangtuah. Novita Rani, 2021.

I. C. Anwar, “Mengenal Penelitian Kualitatif: Pengertian dan Metode Analisis,” tirto.id, 2021. https://tirto.id/mengenal-penelitian-kualitatif-pengertian-dan-metode-analisis-f9vh.




DOI: https://doi.org/10.31334/lugas.v5i2.1687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 LUGAS Jurnal Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

LISTED & INDEXED :