Pengaruh Sikap Wajib Pajak, Moral Pajak dan Sistem Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pajak Reklame di Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah Kemayoran Jakarta Pusat
Abstract
Berdasarkan riset awal di UPPPD Kecamatan Kemayoran terlihat kepatuhan wajib pajak pada Pajak Reklame belum optimal. Hal ini diduga dipengaruhi sikap, moral pajak wajib pajak dan sistem perpajakan. Untuk itu penulis mengkaji lebih dalam dengan melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi baik secara parsial maupun simultan seberapa besar pengaruh sikap, moral pajak dan sistem perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Reklame pada UPPPD Kecamatan Kemayoran. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yang bersifat asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada UPPPD Kecamatan Kemayoran. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak reklame berjumlah 1.524 WP dengan rumus slovin diperoleh sample sebanyak 60 orang Adapun Penelitian dilakukan, dari bulan Januari 2023 sampai dengan Juli 2023. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel acak sederhana, dan teknik analisis data menggunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS version 25. Hasil riset menunjukan bahwa sikap wajib pajak termasuk dalam kategori baik dan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar 60,1% secara positif dan signifikan dengan derajat korelasi kuat. Moral pajak dari wajib pajak termasuk dalam kategori sangat baik dan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar 68,4% secara positif dan signifikan dengan derajat korelasi kuat. Sistem perpajakan termasuk dalam kategori sedang dan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar 69,5% secara positif dan signifikan dengan derajat korelasi sangat kuat. Kepatuhan wajib pajak termasuk dalam kategori sedang. Secara bersama-sama terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sikap wajib pajak, kesadaran wajib pajak dan pemahaman wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dengan kontribusi sebesar 71,9% dengan derajat korelasi kuat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajzen, I. 1988. Attitudes, Personality, and Behavior. Dorsey Press.
Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 5, 179–211.
Ajzen, I., & Fishbein, M. 1980. Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior.
Prentice-Hall.
Ajzen, Icek., 2002, "Perceived behavioral control, self-efficacy, locus of control, and the theory of planned behavior". Journal of Applied Social Psychology, 32(4), 665–683. https://doi.org/10.1111/j.1559- 1816.2002.tb00236.x
Andriani, Sartika. 2021. Pengaruh Sistem Perpajakan, Persepsi Keadilan Pajak, Diskriminasi Pajak Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Yang Terdaftar di Wilayah Kompleks Ruko Grand Boutique Centre).” Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Aryandini, Saumi Et.Al 2016 Pengaruh Kewajiban Moral, Pemeriksaan Pajak, Dan Kondisi Keuangan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Untuk Usaha Hotel Yang Terdaftar Di Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru. JOM Fekon, Vol.3 No.1 (Februari) 2016
Ayuningsih, Savira 2023. Pengaruh Sistem Perpajakan, Sanksi Pajak, Dan Tarif Pajak Terhadap Persepsi Etika Atas Tax Evasion Dan Efektivitas Penerimaan Pajak Sebagai Variabel Intervening Skripsi Nim: 11170820000030 Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Azhari, J. R. (2020, February 20). Tunggak Pajak Rp 1,8 M, Reklame SPBU Pertamina di Tanjung Priok Disegel. Kompas.Com.
Elia Mustikasari. (2007). Kajian Empiris tentang Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Perusahaan Industri Pengolahan di Surabaya. Jurnal Simposium Nasional Akuntansi X Universitas Hasanudin Makassar.
Harimulyono, N. (2008). Pengaruh Efektivitas Administrasi Perpajakan Dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Daerah. Media Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.31227/osf.io/b84qp
Hidayat, F. (2019). Tren Ojek Online Ubah Cara Orang Beriklan. https://www.beritasatu.com/digital/591337/tren-ojek-online-ubah cara-orang-beriklan
KompasPedia. (2021). Provinsi DKI Jakarta: Ibu Kota Negara dan Pusat Perekonomian Nasional. https://kompaspedia.kompas.id/baca/profil/daerah/provinsi-dki jakarta-ibu-kota- negara-dan-pusat-perekonomian-nasional
Luthans, Fred. 2015. Perilaku Organisasi, Edisi Sepuluh. Diterjemahkan oleh: Vivin Andhika Yuwono; Shekar Purwanti; Th. Ari Prabawati; dan Winong Rosari. Yogyakarta: Penerbit Andi
Mintje, M. S. 2016. Pengaruh Sikap, Moral Wajib Pajak, Dan Pengetahuan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pemilik (UMKM) Dalam Memiliki (NPWP) (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi Pemilik UMKM yang Terdaftar di KPP Pratama Manado). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 1031–1043
Mustofa, Khoirul. 2011. “Pengaruh Penghasilan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Di Kelurahan Tembalang Semarang Tahun 2009”. Universitas Negeri, Semarang. http://lib.unnes.ac.id/10284/1/10133.pdf
Paramita, Mirah Pradnya; Budiasih, I Gusti Ayu Nyoman. 2016. Pengaruh Sistem Perpajakan, Keadilan, dan Teknologi Perpajakan Pada Persepsi Wajib Pajak Mengenai Penggelapan Pajak. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 1030-1056, nov. 2016. ISSN 2302- 8556
Purnamasari, Dyah 2015. “The Effect of Changes in Return on Asset, Return on Equity and Economic Value Added to The Stock Price Changes and Its Impact on Earnings per Share,” Research Journal of Finance and Accounting, 6/6/2015
Ronald G. Cummings, Jorge Martinez- Vazquez, Michael Mc. Kee, Benno Togler. 2009. Tax morale affects tax compliance:Evidence from surveys and an artefactual field experiment. Journal of Economic Behavior & Organization Volume 70, Issue 3, June 2009, Pages 447- 457
Salman, Kautsar Riza dan Mochammad Farid. 2007. Pengaruh Sikap dan Moral Wajib Pajak Terhadap Kewajiban Wajib Pajak Pada Industri Perbankan Surabaya. https://www.researchgate.net/publication
Sani, Ahmad dan Azwansyah Habibie. 2017. Pengaruh Moral Wajib Pajak, Sikap Wajib Pajak dan Norma Subjektif terhadap Kepatuhan Pajak melalui Pemahaman Akuntans. Jurnal Ilmiah, 2017. i Vol. 5, No. 2, pp. 80-96, September 2017, ISSN 2355-1488 http://jurnal.stimsukmamedan.ac.id/index.php/ilman 80
Sari, Andini Permata, dan Made Gede Wirakusuma. 2018. Persepsi Tax Amnesty Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan WPOP. E-Jurrnal Akuntansi Universitas Udayana 22, no.1 (2018).
Sari, Ni Putu Purnama; I Made Sudiartana; Ni Luh Gde Mahayu Dicriyani. 2021. Pengaruh Keadilan Pajak, Sistem Perpajakan, Tarif Pajak Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Persepsi Wajib Pajak Badan Mengenai Etika Penggelapan Pajak (Tax Evasion). Jurnal Kharisma Vol. 3 No. 1, Februari 2021 E-ISSN 2716-2710 140
Sriniyati. 2020.Pengaruh Moral Pajak, Sanksi Pajak, dan Kebijakan Pengampunan Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis Vol. 8 No. 1, July 2020, 14-23. E-ISSN: 2548-9836
Triadi, D., & Bharata, A. S. (2010). Ayo Bikin Iklan: Memahami Teori & Praktek Iklan Media Lini Bawah.
DOI: https://doi.org/10.31334/reformasi.v12i1.4683
DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/reformasi.v12i1.4683.g2394
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Reformasi Administrasi : Jurnal Ilmiah untuk Mewujudkan Masyarakat Madani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI
Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani
ISSN : 2355-309X (Cetak), 2622-8696 (media online)
Email : [email protected] / [email protected]
Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/reformasi/index
INDEXED BY :