Pengaruh Pengetahuan, Profesionalisme Pegawai dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Bekasi

Sudarwanto Sudarwanto, Roike Tambengi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan wajib pajak, profesionalisme pegawai pajak serta kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada Samsat Bekasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib pajak kendaraan bermotor pada Samsat Bekasi. Lokasi dalam penelitian ini adalah Kantor Samsat Kota Bekasi. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang dihitung berdasarkan rumus Slovin dengan metode penentuan sampel dalam Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan diolah menggunakan SPSS Statistic 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh pengetahuan wajib pajak memiliki pengaruh kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor sebesar 62,6%, profesionalisme pegawai pajak memiliki pengaruh kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor sebesar 52% dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor sebesar 53,2%. Sehingga, pengetahuan wajib pajak, profesionalisme pegawai pajak dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada Samsat Bekasi. Variabel pengetahuan wajib pajak, profesionalisme pegawai pajak dan skualitas pelayanan mempengaruhi variabel kepatuhan wajib pajak secara simultan dengan nilai 72,6% dimana 27,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Abstract

(The Impact of Taxpayer Knowledge, Tax Employee Professionalism and Service Quality on Compliance of Motor Vehicle Taxpayers at Samsat Bekasi)

This research aims to determine the influence of taxpayer knowledge, professionalism of tax officials and service quality on motor vehicle taxpayer compliance at the Bekasi Samsat. This research uses descriptive statistical research with a quantitative approach. The population in this study were motor vehicle taxpayers at the Bekasi Samsat. The location in this research is the Bekasi City Samsat Office. The number of samples used in this research was 100 respondents
who were calculated based on the Slovin formula using the Simple Random Sampling sample determination method. Data were collected using a questionnaire method and processed using SPSS Statistics 26. The results of this study show that the influence of taxpayer knowledge has an influence on motor vehicle taxpayer compliance of 62.6%, the professionalism of tax officials has an influence on motor vehicle taxpayer compliance of 52% and the quality of service has an influence on motor vehicle taxpayer compliance of 53.2%. Thus, taxpayer knowledge, professionalism of tax officials and service quality have a significant effect on motor vehicle taxpayer compliance at the Bekasi Samsat. The variables of taxpayer knowledge, professionalism of tax officials and quality of service influence the variable of taxpayer compliance simultaneously with a value of 72.6%, of which 27.4% is influenced by other variables not examined in this research.

Keywords


Knowledge; Employee Professionalism; Service Quality; Taxpayer Compliance;

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Rahayu, S. K. (2017). Perpajakan Indonesia Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

---------. (2017). Perpajakan Konsep dan Aspek Formal. Bandung: Rekayasa Sains.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy and Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta: Andi Ofset.

Pohan, Chairil Anwar, 2014. Manajemen Perpajakan: Strategi Perencanaan Pajak & Bisnis (Edisi Revisi). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Wardani, D. K., & Rumiyatun, R. (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi, 5(1), 15.

Tresnalyani, N. K. M., & Jati, I. K. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Perpajakkan dan Biaya Kepatuhan pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi, 24, 578.




DOI: https://doi.org/10.31334/transparansi.v7i2.4517

Copyright (c) 2025 Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats


Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi

ISSN Media cetak2085-1162

ISSN Media online2622-0253

Email :[email protected]
Website:https://ojs.stiami.ac.id/index.php/transparansi

LISTED & INDEXED :