Efektivitas Penerapan Sanksi Keterlambatan Setor Retribusi Pelayanan Pasar dalam Rangka Meningkatkan Kepatuhan Wajib Retribusi di Kota Bekasi Tahun 2020-2023
Abstract
Market service fees are charges imposed for the issuance of permits or the provision of certain services by local governments to individuals or entities. However, in the city of Bekasi, there has been a decline in market service fee revenue from year to year, despite the existence of regulations regarding penalties. Market service fee penalties are imposed for late payment or non-payment of market service fees. The purpose of this study is to determine and analyze the effectiveness of the implementation of market service fee sanctions in order to improve compliance with mandatory fees in the city of Bekasi, as well as the obstacles and drivers of the implementation of market service fee sanctions in order to improve compliance with mandatory fees in the city of Bekasi. The theory used in this study is based on William Dunn's theory of effectiveness. This study uses a descriptive qualitative approach. The data used in this study are primary and secondary data. The results of this study indicate that the implementation of market service fee sanctions has not been effective in improving compliance with market service fees in Bekasi City. Among the challenges faced are the lack of firmness and socialization from the Trade, Industry, and Cooperatives Office, as well as the lack of discipline, compliance, and payment capacity among fee payers. Meanwhile, the drivers for implementing market service fee sanctions are to increase market service fee revenue and improve compliance and discipline among fee payers.
Abstrak
Retribusi pelayanan pasar merupakan iuran yang dikenakan atas pemberian izin atau jasa tertentu yang diberikan oleh daerah kepada orang pribadi atau badan. Namun, di Kota Bekasi terdapat penurunan penerimaan retribusi pelayanan pasar dari tahun ke tahun walaupun sudah didalamnya sudah diatur mengenai sanksi. Sanksi retribusi pelayanan pasar dikenakan atas keterlambatan setor atau penunggakan setor retribusi pelayanan pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis mengenai efektivitas penerapan sanksi retribusi pelayanan pasar dalam rangka meningkatkan kepatuhan wajib retribusi di Kota Bekasi, serta kendala dan pendorong penerapan sanksi retribusi pelayanan pasar dalam rangka meningkatkan kepatuhan wajib retribusi di Kota Bekasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori efektivitas menurut William Dunn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan sanksi retribusi pelayanan pasar belum efektif untuk meningkatkan kepatuhan wajib retribusi di Kota Bekasi. Di dalamnya, terdapat kendala yang dihadapi berupa kurangnya ketegasan dan sosialisasi dari Disdagperin serta kurangnya kedisiplinan, kepatuhan, dan kemampuan membayar dari wajib retribusi. Sedangkan pendorong penerapan sanksi retribusi pelayanan pasar adalah untuk dapat meningkatkan penerimaan retribusi pelayanan pasar, serta meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan wajib retribusi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
BUKU:
Dewi, Irra Chrisyanti. 2011. Pengantar Ilmu Administrasi. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya
Dunn, William N. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University.
Gibson, James L. et al. 1996. Organisasi: perilaku, Struktur, Proses. Jakarta: Binarupa Aksara
Gie, The Liang. 2009. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty
Harjo, Dwikora. (2019). Perpajakan Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Harjo, Dwikora. (2022). Manajemen Perpajakan. Sleman: Deepublish.
Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN
Mardiasmo. 2016. Perpajakan, Edisi Revisi 2016. Yogyakarta: Andi.
Mardiasmo. (2019). Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2019. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prastowo, Andi. 2010. Menguasai Teknik-Teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: DIVA Press
Siagian, Sondang P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
JURNAL:
Endasari, E. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Pemungutan Retribusi Pasar Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Di Kota Prabumulih. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Informasi (Junaidi), 1(1), 41-48
Ingkiriwang, H. D., Ilat, V., & Tangkuman, S. J. (2021). Evaluasi Efektivitas Atas Penerimaan Pendapatan Retribusi Pasar di Perusahaan Daerah Pasar Kota Manado.Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(1).
Iwan, I., & Arisman, A. (2023). Analysis of the Contribution and Effectiveness of Receiving Market Service Retributions to Regional Genuine Income in Yogyakarta City. Economic and Business Horizon, 2(1), 1-11.
Kusnadi, I. H., Dinarwati, S., & Suparman, A. (2020). Kinerja Bidang Pengelolaan Pasar Dalam Pemungutan Retribusi Pasar Pada Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Subang. The World of Financial Administration Journal. The World of Financial Administration Journal.
Mozin, S. Y., Idrus, A. F., & Anwar, S. (2021, December). The Implementation of Regional Regulation of Gorontalo City Number 17 Of 2011 Concerning The Retribution of Market Services in Gorontalo City. In Proceedings of International Interdisciplinary Conference on Sustainable Development Goals (IICSDGs) (Vol. 4, No. 1, pp. 63
.
Sutarni, S. (2021). ANALISIS EFEKTIVITAS PENERIMAAN RETRIBUSI PASAR DI KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2016–2019 (Studi Kasus: Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman). Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1(3), 135-144.
Tanzil, D. S., & Juliprijanto, W. (2021). Efektivitas Pemungutan Retribusi Pasar Serta Kontribusinya Dalam Realisasi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Jurnal Paradigma Multidispliner, 2(1), 473737.
WEBSITE:
https://core.ac.uk/download/pdf/323445469.pdf (diakses: 18 Oktober 2024, 09.37 WIB)
https://ejournal.stiabpd.ac.id/index.php/junaidi/article/view/6 (diakses: 18 Oktober 2024, 09.23 WIB)
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/32553 (diakses: 18 Oktober 2024, 09.27 WIB)
https://eprints.uny.ac.id/18100/5/BAB%20III%2009.10.033%20Aji%20p.pdf (diakses: 23 Oktober 2024, 13.23 WIB)
https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jaem/article/view/91 (diakses: 18 Oktober 2024, 09.34 WIB)
https://journal.lifescifi.com/inde
x.php/ebh/article/view/154 (diakses: 18 Oktober 2024, 09.43 WIB)
https://journals.ubmg.ac.id/index.php/IICSDGs/article/view/70 (diakses: 18 Oktober 2024, 13.55 WIB)
https://owner.polgan.ac.id/index.php/owner/article/download/628/304/3021#:~:text=Menurut%20Mardiasmo%20(2016)%20di%20dalam,melanggar%20regulasi%20ataupun%20norma%20perpajakan. (diakses: 22 Oktober 2024, 17.36 WIB)
http://repository.stei.ac.id/3164/3/bab%202.pdf (diakses: 18 Oktober 2024, 09.55)
https://www.neliti.com/publications/473737/efektivitas-pemungutan-retribusi-pasar-serta-kontribusinya-dalam-realisasi-pener (diakses: 18 Oktober 2024, 09.21 WIB.
DOI: https://doi.org/10.31334/transparansi.v8i1.4568
Copyright (c) 2025 Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi
Email :[email protected]
Website:https://ojs.stiami.ac.id/index.php/transparansi
LISTED & INDEXED :