Pengaruh Responsibilitas dan Sikap Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan di Kelurahan Tengah Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor

A.H. Rahadian, Bambang Rusantono

Abstract


The problem that made the object of research is the phenomenon of the Quality of Service in Tengah Sub-District at Cibinong District in Bogor Regency is not optimal. The purpose of this study is that analyze the magnitude Influence Responsibility and Work Attitude toward the Quality of Service in Tengah Sub-District at Cibinong District in Bogor Regency.

This study uses a quantitative explanatory to saw how much influence X1 and X2 to Y by partial and multiple. Population in this research service recipient in Tengah Sub-District amounted to 1.332 people and sampling by Slovin, the samples are 308 respondents. The research instrument using a Likert scale.

Results of the analysis and discussion of the results showed that There is a Significant and Positive Influence of Responsibility toward the Quality of Service in Tengah Sub-District at Cibinong District in Bogor Regency; There is a Significant and Positive Influence of Work Attitude toward the Quality of Service in Tengah Sub-District at Cibinong District in Bogor Regency; and There is a Significant and Positive Influence of Responsibility and Work Attitude together toward the Quality of Service in Tengah Sub-District at Cibinong District in Bogor Regency.


Keywords


Responsibility, Work Attitude, and Quality of Service

Full Text:

PDF

References


Achmad, Mansyur. 2011. Teori-Teori Mutakhir Administrasi Publik. Yogyakarta: Mahakarya Rangkang Offset.

Anggara, Sahya. 2012. Ilmu Administrasi Negara. Bandung: Pustaka Setia.

Dwiyanto, Agus. 2006. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hardiansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Keban, Yeremias T, 2008, Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori, dan Isu, Edisi Kedua. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.

Latunreng. Wahyudin, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: IPPSDM-WIN.

Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. Penerjemah Vivin Andhika Yuwono, Shekar Purwanti, Th. Arie P, Winong Rosari. Yoyakarta: Andi.

Moenir. H.A.S, 2006, Manajemen Pelayanan Umum, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Napitupulu, Paimin. 2007. Pelayanan Publik & Customer Satisfaction. Bandung: Alumni.

Ndraha, Taliziduhu. 2003. Kbybernology: Imu Pemerintahan Baru. Jakarta: Rineka Cipta.

Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Ratminto, Atik Septi Winarsih, 2010, Manajemen Pelayanan, Jakarta: Pustaka Pelajar.

Rivai, Veithzal, Deddy Mulyadi. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Robbins, Stephen P, 2006. Perilaku Organisasi, Jakarta: PT. INDEKS Kelompok Gramedia.

Safroni, M. Ladzi. 2012. Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Siagian, Sondang P. 2008. Filsafat Administrasi, Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara.

Sinambela, Lijan Poltak. 2008. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugandi, Yogi, Suprayogi. 2011. Administrasi Publik: Konsep dan Perkembangan Ilmu Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syafiie, Inu Kencana. 2011. Pengantar Ilmu Pemerintahan (Edisi Revisi). Bandung: Refika Aditama.

Syafri, Wirman. 2012.Studi tentang Administrasi Publik. Jakarta: Erlangga.

Tachjan. 2008. Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI.

Thoha, Miftah. 2011. Ilmu Administrasi Publik Kontemporer. Jakarta: Kencana.

Umam, Kaherul. 2012. Manajemen Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.

Wibawa, Samodra. 2005. Reformasi Administrasi, Cetakan Pertama, Yogyakarta: Gava Media.

Winardi. J. 2005. Manajer dan Manajemen. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Peraturan dan Perundang-Undangan

Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2005 tentang Kelurahan.

Dokumen

Firda, Falakhul, 2013. Administratif Responsibility, Studi Deskriptif tentang Perilaku Kerja Pegawai pada Pelayanan Publik dalam Perspektif Administrative Responsibility di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya, Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik. ISSN 2303-341X, Volumen I, Nomor I, Januari 2013. http://journal.unair.ac.id/filerPDF /Falakhul%20Firda.pdf. Diunduh Selasa, 09 Juni 2015.

Hidayati, Tri Susila, 2011. Pengaruh Komunikasi, Sumber Daya, Sikap Pelaksana, dan Struktur Birokrasi terhadap Kualitas Pelayanan Pendidkan RSMABI di SMA N 1 Kota Tegal. Perpustakaan Digital Universitas Terbuka. Program Pascasarjana Universitas Terbuka Jakarta. http://www.pustaka.ut.ac.id. Diunduh Selasa, 17 Februari 2015

Pribadi, Teguh, Leonardo Budi Hasiholan, Andi Tri Haryono. 2014. Pengaruh Kinerja Aparatur Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Biro Umum Sekretaris Daerah Profinsi Jawa Tengah. Sosioekotekno Jurnal ilmiah mahasiswa unpand, Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang, Edisi 2014 Vol. 2. http://jurnal-sosioekotekno.org/article/. ISSN 2337-7003. Diunduh 17 Februari 2015




DOI: https://doi.org/10.31334/trans.v7i2.43

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/trans.v7i2.43.g37

Copyright (c) 2015 Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats


Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi

ISSN Media cetak2085-1162

ISSN Media online2622-0253

Email :transparansijournal@gmail.com
Website:https://ojs.stiami.ac.id/index.php/transparansi

LISTED & INDEXED :