Tata Kelola Pemerintahan dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Kantor Desa Kebonan Kabupaten Lumajang

Authors

  • Maulana Malik Ibrahim Akademi Komunitas TeknoIogi Syarifuddin Lumajang, Indonesia
  • Rani Nurul Laili Herzegovina Akademi Komunitas TeknoIogi Syarifuddin Lumajang, Indonesia
  • Wardatuz Sobri Akademi Komunitas TeknoIogi Syarifuddin Lumajang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31334/transparansi.v8i2.4520

Keywords:

Tata KeloIa, PeIayanan PubIik, Pemerintahan Desa

Abstract

(Governance in Improving Public Services at the Kebonan Village Office, Lumajang Regency)

Upaya administratif seperti pencatatan data yang tertib, digitalisasi, dan standardisasi prosedur sangat penting untuk meningkatkan efektivitas serta efisiensi penyelenggaraan pemerintahan desa. Dengan administrasi yang baik, pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih cepat, transparan, dan akuntabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kapasitas pemerintah desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat desa Kebonan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi dan analisis dokumen terkait. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tata kelola pemerintah desa dalam meningkatkan pelayanan publik dan mengetahui tingkat kapasitas kinerja pemerintah desa. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tata kelola desa dalam meningkatkan pelayanan publik di Desa Kebonan Kecamatan Kiakah Kabupaten Lumajang. Dalam konteks pergeseran paradigma otonomi daerah, yang menekankan pada pembangunan daerah dan peIayanan yang optimal, peneIitian ini menyoroti pentingnya kinerja aparat desa sesuai dengan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014.

Abstract

To increase the efficacy and efficiency of village governance, administrative initiatives including routine data recording, digitization, and procedure standardization are essential. Good administration leads to speedier, more transparent, and more accountable public services. This study attempts to establish the level of village government capacity in providing services to the Kebonan community. The method employed in this study is a qualitative approach involving in-depth interviews, observation, and analysis of relevant documents. This was done to determine the village government's governance in enhancing public services and the level of village government performance capacity. This study intends to explore village government in improving public services in Kebonan Village, Kiakah District, Lumajang Regency. This study emphasizes the significance of village officials' performance in compliance with Law Number 6 of 2014 within the framework of the evolving paradigm of regional autonomy, which places an emphasis on regional development and effective service delivery.

References

Afrial, R. 2009. Kualitas PeIayanan PubIik Kecamatan Sebuah Perubahan Kedudukan dan Fungsi Camat sebagai Perangkat Daerah. Jurnal Administrasi dan Organisasi (http://journal.ui.ac.id/jbb/article)

Ali, K., & Saputra, A. (2020). Tata KeloIa Pemerintahan Desa Terhadap Peningkatan PeIayanan PubIik Di Desa Pematang Johar. Warta Dharmawangsa, 14(4), 602-614.

Data, T. P. (2015). Instrumen PeneIitian. Kisi-Kisi Instrumen.

Denhardt, Janet Valerie and Denhardt, Robert B. (2013) The New PubIik Service: Serving Not Steering, ME Sharpe Inc., New York.

Eko. Wayu, Yudiatmaja. 2009. Total Quality Service: Paradigma Baru Peningkatan Kualitas PeIayanan PubIik di Era Otonomi Daerah, Visi PubIik Jurnal Ilmu Administrasi PubIik Volume 6 Nomor 2 Edisi Oktober 2009-Maret 2010, Universitas Jenderal Soedirman

Erianto, A. (2010). "Inovasi dalam PeIayanan PubIik: Studi Kasus di Desa". Jurnal Inovasi Kebijakan, 5(3), 101-115.

Febriyanto, Irma Irawati dan Alqaf Harto Masryono. 2014. Peran KepaIa Desa Dalam Mewujudkan Tata KeloIa Pemerintahan Yang Baik (Studi di Desa Gunggung Kecamatan Batuan Sumenep)

Grindle, M.S (Ed)., (1991). Politic and Policy Implementation in The Third World, Princenton University Press; New Jersey.

Hajar, Siti. 2013. Analisis Kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Terhadap Efektivitas PenyeIenggaraan Pemerintahan Desa di Desa Hamparan Perak, PeneIitian Dosen Muda Internal: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Hardiansyah. 2011. Kualitas PeIayanan PubIik (Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya), Penerbit Gava Media: Jakarta.

Herzegovina, R. N. L. (2023). Budaya Kerja Optimal Adminstrasi Keuangan: Studi Implementasi di Kantor Kecamatan. Idarotuna: Journal of Administrative Science, 4(1), 77-84.

Herzegovina, R. N. L., & Hasan, M. S. (2023). Sistem Tata Kelola Kearsipan di Kantor Kepala Desa. Idarotuna: Journal of Administrative Science, 4(2), 137-150.

Herzegovina, R. N. L., & Hayat, H. (2022). Kualitas Pelayanan dalam Bidang Pemberdayaan Masyarakat di Kecamatan Kedungjajang Lumajang. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 5(2), 130-137.

Herzegovina, R. N. L., Masâ, M., & Musa, A. M. (2024). Strategi Peningkatan Motivasi Kerja Dosen Dalam Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di Akademi Komunitas Teknologi Syarifuddin Lumajang). Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 9(2), 306-319.

Holle, Erick S. 2011. PeIayanan PubIik Melalui Electronic Government; Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatkan Public Service, Jurnal Sasi Volume 17 Nomor 3 Bulan Juli-September 2011, www.google.com diunduh pada tanggal 15 Januari 2013 Pukul 09.00 PM

Kasmir, Manajemen Perbankan, (Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2010), h.22 2

Kikutadze, Vasil (2015) New Public Management (NPM) Paradigm In Georgia; European Scientific Journal December 2015/SPECIAL/edition Volume 2 ISSN 1857 – 7881 (print) e-ISSN 1857 – 7431

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 2006. Pelaksanaan Tata KeloIa Pemerintahan Yang Baik. Direktorat PeneIitian dan Pengembangan: Jakarta.

Moleong, L. J. (2005). Metodologi PeneIitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rosidi, Abidarin dan Fajriani, Anggraeni. 2013. Reinveinting Government, Demokrasi dan Reformasi PeIayanan PubIik. Andi: Yogyakarta.

Samosir, Z. Z. 2005. Pengaruh Kualitas PeIayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Perpustakaan USU. Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi (http://repository.usu.ac.id/bitstream/pdf)

Solekhan, H. (2012). Fungsi Pemerintahan Desa dalam Pembangunan. Jurnal Pemerintahan Desa, 6(3), 90-104.

Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai Pustaka, 1990), h. 415

Undang-Undang RepubIik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Jakarta: Sekretariat Negara RepubIik Indonesia.

Zainuddin, M. (2014). "Strategi Peningkatan Kualitas PeIayanan PubIik di Era Otonomi Daerah". Jurnal Ilmu Administrasi, 8(2), 75-90.

Downloads

Published

2025-12-12

Issue

Section

Articles